Home / MANOKWARI / Papua Barat

Kamis, 8 Februari 2024 - 19:33 WIB

Warga Warpramasi Gelar Deklarasi Pemilu diikuti Ratusan Orang

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Ratusan warga dari Distrik Warmare, Prafi, Masni dan Sidey (Warpramasi) menggelar deklarasi Pemilu damai 2024 bertempat di Gedung Serba Guna Lodewik Mandacan, Kampung Udapi Hilir, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari, Kamis (08/02/2024).

Pembacaan deklarasi Pemilu damai dipimpin oleh penanggung jawab kegiatan, Jamiran serta sejumlah kepala Distrik, dan tokoh masayarakat kemudian diikuti oleh seluruh warga yang hadir secara antusias.

Adapun isi dari deklarasi Pemilu damai tersebut terdapat 4 poin yaitu, masyarakat Warpramasi siap mendukung Pemilu damai 2024 serta siap menjaga Kamtibmas yang kondusif, menolak segala bentuk provokasi jelang Pemilu 2024, menolak berita hoax yang memecah belah masyarakat, dan menolak politik yang mengatasnamakan suku, agama, dan ras.

Deklarasi Pemilu damai yang digelar merupakan kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat sebagai sarana dan bentuk komitmen bersama untuk menyukseskan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Penanggung jawab kegiatan, Jamiran menyampaikan, deklarasi Pemilu damai 2024 ini tidak ditunggangi oleh kelompok apalagi untuk kepentingan individu tetapi sebagai upaya dan komitmen bersama untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Deklarasi Pemilu damai penting digelar untuk membangkitkan demokrasi agar Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan lancar dan seluruh elemen masyarkat bisa bersama-sama mengawal dan menyukseskan Pemilu 2024.

“Jadi kegiatan ini tidak ada kepentingan apapun tapi karena beranjak dari pengalaman yang sebelumnya kita ingin masyarakat turut menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang aman dan damai,” kata Jamiran.

Baca Juga  Waterpauw : OPD Papua Barat Bakal Jadi 34

Melalui deklarasi ini Jamiran juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta mengawal Pemilu 2024 agar berjalan dengan aman dan damai.

Dia juga berharap seluruh lapisan masyarakat bisa turut andil menyukseskan Pemilu 2024 sehingga menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan bertanggungjawab terhadap masa depan bangsa dan daerah.

“Sekali lagi deklarasi ini tidak ditunggangi tapi murni kita ingin Pemilu berjalan aman dan damai. Mari kita sama-sama sukseskan Pemilu 2024 dan bantu aparat Kepolisian untuk menjaga situasi keamanan yang kondusif saya rasa kita sepakat untuk menjaga keamanan,” ujarnya.

Salah satu pembicara dan juga tokoh masyarakat di Distrik Sidey, Surianto menyampaikan, deklarasi Pemilu damai 2024 memberikan makna yang mendalam dan bisa terlaksana berkat pemikiran untuk mewujudkan Pemilu yang damai.

Deklarasi damai ini penting untuk dimaknai sebagai bentuk pernyataan sikap dan komitmen dari seluruh elemen masyarakat untuk siap menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

Seluruh lapisan masyarakat harus memiliki komitmen bersama menolak segala bentuk provokasi politik identitas, isu sara dan berita hoax yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang belakangan ini mulai merasuk dikalangan masyarakat.

Pemilu merupakan pesta demokrasi dan merupkan hajatan besar negara yang tidak boleh menimbulkan perpecahan dan masyarakat harus menyadari bahwa dalam politik persatuan dan kesatuan harus menjadi yang utama.

Baca Juga  Pemkab Manokwari Kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Perangkat dan Aparatur Desa

“Karena itu kita sebagai masyarakat wajib untuk mendukung dan mewujudkan Pemilu yang aman. Kita sukseskan Pemilu dengan beranjak dari rasa damai di hati masyarakat harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang ada,” ucapnya.

Masyarakat harus menyambut Pemilu dengan damai dan tidak terpecah belah hanya karena perbedaan pilihan. Seluruh masyarakat juga diharapkan berpartisipasi dan turut serta menyukseskan Pemilu 2024 dengan menggunakan hak suaranya pada Pemilu nanti.

“Pemilu merupakan hajatan besar pemerintah dan memen ini tentunya masyarakat rindu atas kedamaian. Detik-detik Pemilu Kasat kusut dimana-mana. Dahulu dengan lagu Pemilu saja sudah bangga dan dijalan sekang ini harus disikapi dengan bijak agar tidak Kasat kusut,” tuturnya.

Kedepan selesai Pemilu seluruh masyarakat Warpramasi tetap harus berdamai karena siapapun yang terpilih jik tidak berdamai dengan lingkungan maka kerugian itu terjadi untuk diri sendiri.

“Jangan kita bertengkar karena perbedaan pilihan. Ini perlu disikapi dengan dewasa. Siapapun pemimpin yang terpilih itu yang terbaik,” harapnya.

Kepala Distrik Prafi Aimasi, Slamet Sudaryono menyambut baik deklarasi damai tersebut. Menurutnya bahwa beberapa point yang menjadi perhatian dalam deklarasi tersebut merupakan hal yang harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Slamet mengajak seluruh masyarak berdamai, saling bergandengan tangan dan merapatkan barisan untuk menyukseskan Pemilu 2024.

“Mari kita jaga stabilitas keamanan, ketentraman, ketertiban agar distrik Warpramasi bisa jadi bermartabat,” pungkasnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Balon DPD RI Dapil PB, Lamek Dowansiba Daftar Ke KPU

MANOKWARI

11 Parpol Sepakat Usung HI di Pilkada Manokwari
Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, DR. Wawan Wardiana saat di Manokwari (Foto : Istimewa)

MANOKWARI

KPK RI Akan Gelar Program Penyuluh Anti Korupsi Di Papua Barat, Agustus Mendatang

MANOKWARI

Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis melalui Program Geographical Indication Goes to Marketplace

MANOKWARI

Ketua MPI Papua Barat Ajak Masyarakat Jaga Keamanan di Fakfak

MANOKWARI

Lapas Perempuan Manokwari Asah Kreativitas WPB Dengan Membatik, Ini Tujuannya

MANOKWARI

Komitmen Atasi Stunting, Pemerintah Canangkan Kebijakan Intervensi Percepatan Penurunan Stunting di Manokwari

MANOKWARI

Luncurkan Pusat Informasi Pariwisata di Bandara Rendani, Bupati Hermus : Penghubung Wisatawan dan Pariwisata