Home / Uncategorized

Kamis, 13 Juli 2023 - 19:12 WIB

Tinjau Rumah Produksi Pala Fakfak, Wapres Ma’ruf Amin: Buah Pala Punya Potensi Pasar 

FAK-FAK, Kabartimur.com- Saat melakukan peninjauan ke Rumah Produksi Pala Fakfak UMKM Papua Global Spices, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin menyebut bahwa komoditas buah Pala mempunyai potensi pasar ke depannya.

“Saya melihat buah Pala ini mempunyai potensi yang besar, dan dalam pengolahannya semua bagian dari Pala ini dapat dimanfaatkan atau dijadikan produk olahan dan ini luar biasa,” Ujar Ma’ruf kepada media usai meninjau lokasi UMKM Papua Global Spices di Wagom, Distrik Pariwari, Kamis (13/7/2023).

Dalam UMKM Papua Global Spices, Wapres Ma’ruf berharap akan banyak UMKM yang bisa mengangkat potensi daerah.

“Ini perlu untuk terus dikembangkan dan diperhatikan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, agar kejayaan rempah-rempah khususnya Indonesia Timur dapat berjaya dan berdaulat,” terangnya.

Baca Juga  Bertemu Bupati Hermus, BPKP Papua Barat Siap Bantu Tata Kelola Keuangan

Ma’ruf juga mengaku terpukau melihat proses pengolahan buah pala menjadi produk olahan yang siap dipasarkan.

“Jadi dari mulai biji pala, bunga pala dan semuanya bahkan bisa dimanfaatkan dan tidak ada yang dibuang,” tuturnya dengan ekspresi terpukau.

Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) itu juga berpesan agar dengan adanya potensi buah pala yang besar untuk dikembangkan, tinggal bagaimana meningkatkan nilai dari produk olahan dari buah pala itu sendiri.

“Ini menjadi perhatian bersama, dan perlu distimulus secara kontinu agar ke depan tidak hanya UMKM Papua Global Spices saja, tetapi terus bisa menjangkau lebih banyak dan tercipta UMKM lainnya,” pungkas Wapres Ma’ruf.

Baca Juga  Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan dalam LKPJ Walikota Jayapura Tuai Sorotan dari Panja DPRD

Sebagai informasi, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin tiba di Bandar Udara Torea Kabupaten Fakfak Papua Barat dan disambut dengan tarian khas.

Tiba di Bandar Udara Torea Fakfak Kamis (13/7/2023). Wapres Ma’ruf Amin tiba sekira pukul 12.55 WIT dan langsung disambut oleh Bupati Fakfak, Untung Tamsil beserta Forkopimda.

Selama berada di Fakfak, selain meninjau UMKM Papua Global Spices, Wapres Ma’ruf Amin juga direncanakan akan bertemu bersama tokoh masyarakat setempat.

Kemudian, akan mengikuti sejumlah agenda yaitu peletakkan batu pertama pembangunan Taman Ruang Terbuka Hijau di Jalan Dr Salasa Namudat dan akan memaparkan soal pembangunan proyek prioritas dan produk unggulan. (KP-04)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Bupati Minta Satgas Trantib Tertibkan Bangunan Liar

Uncategorized

Kepada Wamen RI, Bupati Paparkan Kondisi dan Kendala Pertanian di Manokwari

Uncategorized

Minimnya Anggaran Jelang Pra PON , IMI Papua swadaya mandiri

Uncategorized

Bupati Manokwari dan Ketua TP PKK Terima Tanda Pengharapan MKK dari BKKBN

Uncategorized

Rakerda dan Musrenbangda Papua 2023, Ini Pesan Wamendagri

Uncategorized

Konser Musik di Taman Imbi Jayapura Berhasil Menarik Antusias Warga

MANOKWARI

Bupati Manokwari Serahkan 570 STTPL Bagi CPNS Formasi Tahun 2018

MANOKWARI

Hadiri Pembukaan Rapat Paripurna DPRD, Bupati Hermus Sampaikan Sejumlah Masalah