Home / Papua

Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:55 WIB

Tingkatkan Potensi Pariwisata, Dispar Kota Jayapura Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

JAYAPURA,Kumparanpapua.com – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jayapura menggelar kegiatan Pengelolaan Desa Wisata yang dibuka oleh Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, Selasa 22 agustus 2023.

“Keyakinan akan masa depan sektor pariwisata mendorong Pemerintah Kota Jayapura untuk melaksanakan kegiatan pelatihan pengelolaan desa wisata dengan mengedepankan pemberdayaan kampung berbasis komunitas dan kearifan lokal tanpa menjadi konservatif, “ kata Frans Pekey.

“Ini merupakan sebuah solusi yang bagus, dilihat dari segi ekonomi pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan pendapatan masyarakat, kalau dari segi sosial untuk meningkatkan pembangunan,” imbuhnya.

Dirinya mendorong Dinas Pariwisata agar mampu meningkatkan seluruh potensi masing masing kawasan yang dapat berkembang sesuai karakteristiknya dan menerapkan prinsip sapta pesona.

“Pelatihan ini semoga memberikan manfaat bagi peserta dan masyarakat yang akan turut serta membantu Pemerintah Kota Jayapura dalam pengembangan dan peningkatan pariwisata di Kota Jayapura,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano di Jayapura, mengatakan kegiatan Pengelolaan Desa Wisata guna meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola desa wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam melakukan pengelolaan desa wisata dan memberikan pelayanan kepada wisatawan.

Baca Juga  BEM Uncen Siap Kawal Pemilu 2024 Tanpa Anarkis

“Kegiatan pelatihan pengelolaan desa wisata dengan sasaran di 14 Kampung yang ada di kota Jayapura, saya berharap para peserta yang sudah mengikuti pelatihan setiap tahun dapat kembali dan mengembangkan potensi dan sumber daya wisata yang ada di masing-masing kampungnya,” Ungkapnya.

Dia berharap usai pelatihan para peserta yang sudah mengikut tiap tahun dapat mengembangkan potensi dan sumber daya yang ada di masing masing dikampungnya.

Dan para peserta yang telah mengikuti pelatihan pelatihan ini kedeoan akan dibentuk Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis).

“ Kelompok Sadar wisata di 14 kmpung setelah perangkatnya siap semua Pokdarwis akan dikukuhkan oleh PJ Wali Kota dengan harapan bisa membantu Pemkot Jayapura melalui dispar untuk bagaimana mengelola desa wisata dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga  Tokoh Masyarakat Wamena dan Kepala Desa Honai Lama Ajak Masyarakat Jaga Kambtibmas

Pemkot Jayapura melalui dinas telah memfasilitasi banyak hal baik itu melalui infrastruktur dan pelatihan, Pengembangan SDM melalui pelatihan , sosialisasi dengan penganggaran yang cukup banyak tiap tahun.
Tinggal bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan semua peluang yang telah pemerintah berikan untuk mengembangkan potensi yang ada di kampungnya.

“Melalui sosialisasi dan pelatihan yang digelar , agar tingkat kesadaran masyarakat dan rasa memiliki, kemauan, niat dan fokusnya tetap harus muncul untuk membangun segala potensi di kampung,” ungkapnya.

Kedepan pemerintah kota Jayapura akan melaksanakan lomba kampung/ desa wisata tingkat kota Jayapura yang akan dilaksanakan , dan ini akan menjadi langkah awal untuk desa sesa itu didorong ke pusat untuk ikut serta dalam kompetisi tingkat nasional.

Untuk tahun 2023 pemerintah Kota Jayapura tengah siapkan kampung kayou pulau dan enggros dari 10 kampung adat yang ada untuk ikut dalam anugrah desa wisata tingkat nasional dengan kriterianya masing masing.(KP/04

Share :

Baca Juga

Papua

Tokoh Masyarakat Wamena dan Kepala Desa Honai Lama Ajak Masyarakat Jaga Kambtibmas

MANOKWARI

Cari Bukti Petunjuk, Polresta Lakukan Olah TKP di Lokasi Kebakaran Seputaran Pasar Youtefa

Papua

Raih Tiga Penghargaan Dalam BKN Award Tahun 2023, Pemkot Jayapura Makin Termotivasi

Papua

Bupati Herry Naap : Tampilkan Warisan Budaya Leluhur Pada Festival Budaya Biak, Kick Off Dimulainya Sail Teluk Cenderawasih

Papua

Hari Gemapatas , 3000 Tanda Batas dipasang di Papua

Papua

DPRD kota Jayapura Gelar Uji Publik terhadap 5 Raperda tahun 2023

Papua

Polisi Berhasil Temukan Senpi Laras Pendek Beserta 171 Amunisi

Papua

Bima Arya : Menuju Indonesia emas di 2045 , kota se-Indonesia harus menjadi penggerak utama