Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 27 November 2023 - 13:49 WIB

Tingkatkan Pemahaman Terkait Proses Bisnis Kelembagaan dan Reformasi Birokrasi, Bagian Organisasi Gelar FGD

MANOKWARI,Kumparanpapua.com – Dalam rangka meningkatkan Pemahaman terkait proses bisnis kelembagaan dan reformasi birokrasi Pemerintah kabupaten Manokwari melalui Bagian Organisasi menggelar focus group discussion (FGD).

Kegiatan FGD tersebut dibuka langsung oleh Asisten III Setda Kabupaten Manokwari, Harjanto Ombesapu mewakili bupati Manokwari,di ruang Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari,Senin(27/11/2023).

Kegiatan Keorganisasian dan Ketatalaksanaan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Manokwari tersebut berlangsung selama Dua Hari (27-28 November 2023).

M.Syamsul  Huda, selaku Kepala Bagian Organisasi Pemda Manokwari, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kita bersama tentang proses bisnis kelembagaan dan Reformasi birokrasi .

Yang kedua adalah meningkatkan kemampuan perangkat daerah dalam menyusun dan mengimplementasikan peta proses bisnis

Ketiga untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar perangkat daerah dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 100 orang pegawai dari perwakilan organisasi perangkat daerah Distrik Kelurahan masing-masing dua orang , dan Narasumber pada kegiatan ini berasal dari PT Sinergi fisik utama Yogyakarta.

Baca Juga  Kadis Perindagkop Manokwari Tegaskan Los Penjualan Bukan Untuk Disewakan

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Bupati Manokwari dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Asisten III Setda Kabupaten Manokwari Harjanto Ombesapu menjelaskan bahwa Proses bisnis merupakan sekumpulan aktivitas kerja terstruktur dan saling terkait yang menghasilkan keluaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan sumber daya yang tersedia.

Menurutnya, Penyusunan peta proses bisnis yang terdiri atas Peta Proses Utama & Pendukung, Peta Subproses Bisnis, Peta Relasi dan Peta Lintas Fungsi (Cross Functional Map); dilaksanakan dengan tujuan agar setiap instansi pemerintah mampu melaksanakan tugas dan fungsi secara efektif dan efisien, mudah mengkomunikasikan baik kepada pihak internal maupun eksternal mengenai proses bisnis yang dilakukan untuk mencapai visi dan misi, memiliki aset pengetahuan yang menjadi dasar pengambilan keputusan strategis.

Baca Juga  Bawaslu Manokwari Serahkan Rekomendasi Ke KPU Untuk Dilakukan PSU untuk 7 TPS di Manokwari Barat

Pihaknya menyampaikan bahwa manfaat dari peta proses bisnis adalah mudah melihat potensi masalah yang ada di dalam pelaksanaan suatu proses sehingga solusi penyempurnaan proses lebih terarah; dan memiliki standar pelaksanaan pekerjaan sehingga memudahkan dalam mengendalikan dan mempertahankan kualitas pelaksanaan pekerjaan.

Adapun kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat penyelesaian isu hulu, yaitu masalah-masalah tata kelola pemerintahan yang terjadi di internal birokrasi, dan juga isu hilir yaitu masalah-masalah yang muncul di masyarakat dan terkait dengan agenda prioritas pembangunan nasional.

“Kita harapkan bahwa road map reformasi birokrasi ini akan menjadi pedoman dalam memperbaiki birokrasi kita agar menjadi sebuah birokrasi yang tangkas, berintegritas, dan berorientasi pada pelayanan.”Harapnya. (KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Babinsa Koramil 06/Sidey Kodim 1801/Manokwari melaksanakan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni 

MANOKWARI

Pemprov Pabar Buka Penerimaan P3K Nakes, Kuota 161

MANOKWARI

Sebanyak 526 Calon Anggota DPRD Dinyatakan Masuk DCS Oleh KPU Manokwari

MANOKWARI

Bupati Manokwari Melepas Pawai Pemilu Damai

MANOKWARI

Sukseskan Pemilu 2024, Pemkab Manokwari Gelar Rapat Bersama Forkopimda

MANOKWARI

Pembongkaran Pasar Sanggeng Akan Dilaunching

MANOKWARI

Progres Persiapan Pemilu di Manokwari 95 persen

MANOKWARI

Muswil Ke-3, Aisyiyah PB Diminta Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan