Home / MANOKWARI / Papua Barat

Rabu, 18 Oktober 2023 - 14:48 WIB

Tingkatkan Kualitas Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMP, Bupati Manokwari Berikan Bantuan MKKS dan MGMP

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- Dam Rangka Peningkatan Kualitas Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui Dinas Pendidikan menyerahkan Bantuan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP.

Penyerahan Bantuan MKKS dan MGMP SMP tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Manokwari di SMPN 8 Manokwari, Jl. Prafi SP 1,Rabu (18/10/2023

Ketua Panitia dalam laporannya yang di sampaikan oleh Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari, Parjianty menyampaikan bahwa Implementasi kurikulum Merdeka mendorong pihak untuk menyatukan gerak dalam meningkatkan kompetensi pendidik dan kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran di mana pembelajaran berfokus pada peningkatan polusi dan kompetensi peserta didik sehingga guru menjadi fasilitator.

Sebagai fasilitator diharapkan meningkatkan kompetensi baik secara mandiri maupun dalam komunitas yaitu melalui MKKS dan MGMP dan diharapkan guru dan kepala sekolah aktif dalam komunitas pembelajaran.

Sehubungan dengan itu pula, untuk mendorong kegiatan ini Pemerintah Daerah memberikan bantuan MKKS dan MGMP.

Baca Juga  Galeri Dekranasda Manokwari Dilaunching Bupati Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

Di kesempatan yang sama juga Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui Pertemuan ini dapat dimanfaatkan sebagai instrumen silaturahmi bersama-sama untuk menyelenggarakan pendidikan di tingkat SMP di seluruh kabupaten Manokwari.

“Kerja-kerja kita ini saling terkait antara satu dengan yang lainnya karena pembangunan itu kita Artikan sebagai suatu sistem di mana sistem itu terdiri dari subsistem yang berinteraksi positif dengan sistem yang lainnya”

Sebagai Bupati Manokwari dan pengambil kebijakan dari seluruh kegiatan yang dirumuskan ini harus bisa terjalin konektivitas dan hubungan yang harmonis .

“Pada kesempatan ini tidak hanya kita menyerahkan bantuan tetapi kita menyempatkan kesempatan ini untuk bapak ibu bisa berkomunikasi dan kesempatan ini Saya ingin mendengarkan aspirasi ataupun masukan” Jelas bupati.

Pihaknya berharap setiap masalah di pendidikan harus diminimalisir agar kualitas penyelenggara pemerintah terhadap mutu pendidikan bisa diwujudkan.

Baca Juga  KPU Papua Barat Tetapkan DPT Pemilu 2024 Sebanyak 385.465 Pemilih 

Bupati Manokwari menjelaskan bahwa Pembangunan Daerah ini ditentukan oleh banyak faktor termasuk ketersediaan sumber daya manusia dan setiap generasi harus memiliki kualitas dan kualifikasi pendidikan dengan kompetensi dan juga kualitatif, baik tidak hanya SD atau SMP tetapi juga ditingkat perguruan tinggi dan dipastikan bisa produktif dalam menyelenggarakan atau mengelola setiap potensi dalam mengatasi setiap masalah yang dihadapi.

Disamping itu untuk menciptakan lembaga sistem yang berkualitas dari tingkat PAUD Sekolah Dasar sampai dengan perguruan tinggi sangat berpengaruh kuat untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia

“Sekolah adalah industri yang merubah barang menta menjadi barang setengah jadi dan barang setengah jadi harus bisa diubah menjadi barang jadi yang bisa dinilai ekonomi yang tinggi dan itulah tujuan sekolah bagaimana membentuk orang yang tidak bisa menjadi bisa” terangnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Meriahkan HGN Ke-78, Guru PAUD Se-Kabupaten Manokwari Ikut Gelar Lomba Fashion Show, dan Yospan 

MANOKWARI

Pj Gubernur Mengukuhkan Lepot Setyanto Sebagai Kepala BPKP Provinsi Papua Barat

MANOKWARI

Bupati Melepas 171 Calon Jamaah Haji Kabupaten Manokwari Tahun 14445 H/2024 M 

MANOKWARI

Manokwari Jadi Tuan Rumah Pemilihan Putri Citra Ke- 37 Tingkat Nasional Tahun 2023

MANOKWARI

Ini Urutan Parpol Suara Terbanyak yang Akan Menempati Kursi DPRD Provinsi Dapil Papua Barat 1 

MANOKWARI

Bupati Manokwari Pantau Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Tahun 2024

MANOKWARI

Pemprov Pabar Buka Penerimaan P3K Nakes, Kuota 161

MANOKWARI

Peringati World Enviroment 2023, 1000 Pohon Herbal ditanam Kampung Ingkibow Manokwari