Home / POLITIK

Sabtu, 18 Februari 2023 - 20:59 WIB

Tingkatkan Kualitas Aparatur Pengawas Pemilu, Bawaslu Manokwari Gelar Fasilitasi dan Pembinaan

Kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu Bagi Panwascam se-Kabupaten Manokwari (Foto.Kumparanpapua.com)

Kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu Bagi Panwascam se-Kabupaten Manokwari (Foto.Kumparanpapua.com)

MANOKWARI, Kumparanpapua.com – Guna meningkatkan kualitas dan profesionalitas sumberdaya aparatur dalam melakukan pencegahan sejak dini, dan penanganan pelanggaran tahapan pemilu dalam rangka mewujudkan pemilu yang jujur dan adil, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manokwari, menggelar kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu Bagi Panwascam Se-Kabupaten Manokwari, Sabtu (18/2/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari, Fredrik C. Lobat dalam arahannya menyampaikan, kegiatan ini sangat penting terkait dua tahapan yaitu pemutahiran data dan verifikasi faktual perseorangan.

“Apa yang teman-teman panwascam hadapi di lapangan dapat disampaikan dalam kegiatan ini. Sehingga sejumlah kendala di lapangan dapat kita carikan solusinya sehingga proses tahapan pemilu tetap berjalan dengan baik sesuai tahapan,” kata Fredrik.

Baca Juga  Pemilu 2024, KPU Papua Barat Tetapkan DPS

Fredrik berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara baik, dengan materi yang disampaikan secara virtual dan offline.

Pemateri, Komisionaris Bawaslu Provinsi Papua Barat, Agustinus Naa menyampaikan, yang menjadi ujung tombak di dalam pemutahiran data pemilih adalah petugas pengawas kelurahan dan kampung (PKD) Oleh karena itu panwascam wajib mempelajari alat kerja panwas kelurahan/kampung.

“Kenapa alat kerja ini penting untuk teman-teman? Karena kita Bawaslu tidak punya data pembanding seperti pantarlih. Oleh karena itu kita hanya berdasarkan data fakta di lapangan. Yang kita temui di lapangan bersama pantarlih itu yang kita isi dalam alat kerja. Yang kemudian digunakan hingga ke tingkat bawaslu Kabupaten/Kota ,Provinsi hingga Bawaslu RI,” jelasnya.

Baca Juga  Daftar Bacaleg, DPD Golkar Pegaf Target Pertahankan 2 KursiĀ 

Lebih lanjut Agustinus mengatakan, tugas panwascam adalah mengontrol teman-teman PKD saat bersama pantarlih di lapangan.

“Jadi sesungguhnya Bawaslu hanya merekap. Tetapi data inti sebagai substansi pencoklitan itu kerja pengawasan PKD dibawah. Kalau kerja baik sesuai dengan SOP kita bersama pantarlih maka data itu pasti valid dari bawah sampe tingkat paling atas,” ungkapnya.

Kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu ini diikuti puluhan panitia pengawas tingkat distrik se-Kabupaten Manokwari. (KP-02)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

DPD Partai Garuda Papua Barat Buka pendaftaran Bacaleg

MANOKWARI

Daftar Bacaleg, DPD Golkar Pegaf Target Pertahankan 2 KursiĀ 

MANOKWARI

Kukuhkan Karateker PDK Kosgoro 1957 Se-Papua Barat, Pangaribuan Harap Kader Kosgoro Jadi Ujung Tombak Pembangunan

MANOKWARI

Bupati Manokwari Serahkan SK Kenaikan Pangkat Periode Oktober 2022

Papua Barat

Kolaborasi Partisipatif: MOU antara Bawaslu Manokwari Selatan dan STKIP Muhammadiyah Manokwari

Papua Barat

Mau Pindah Memilih ??? Begini Caranya!!

MANOKWARI

Rudolf Anthonius Tondok Calon DPD RI, Resmi Mendaftar Ke KPU

MANOKWARI

PSI Mantapkan Konsolidasi di Papua Barat Daya