Home / Papua Barat

Selasa, 25 April 2023 - 20:30 WIB

Timsel Calon Anggota KPU Kabupaten Se-Provinsi Papua Barat, Dinilai Tidak Transparan 

Jemi Ullo, salah satu peserta bakal calon anggota KPU Kabupaten Manokwari

Jemi Ullo, salah satu peserta bakal calon anggota KPU Kabupaten Manokwari

MANOKWARI, Kumparanpapua.com – Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Se-Provinsi Papua Barat dinilai tidak Transparan dalam melakukan tahapan seleksi dan pengumuman terhadap hasil CAT dan Psikotes.

Penilaian ini disampaikan salah satu peserta yang mendaftar sebagai calon anggota KPU Kabupaten Manokwari, Jemi Ullo.

Jemi menyampaikan sejumlah poin mendasar yang dianggap terjadi kekeliruan dan cacat dalam tahapan seleksi tersebut. Menurutnya berdasarkan keputusan KPU Nomor 68 Tahun 2023 tentang pedoman teknis pelaksanaan seleksi anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota (Halaman 30), Tim Seleksi menetapkan bakal calon anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yang lulus seleksi tertulis dan tes psikologi paling banyak 4 kali jumlah kebutuhan berdasarkan peringkat nilai tertinggi.

“Kami peserta merasa dirugikan oleh Tim Seleksi dikarenakan tidak menempelkan nilai hasil tes CAT dan Psikotes berdasarkan peringkat nilai,” katanya dalam rilisnya yang diterima media ini, Selasa (25/4).

Baca Juga  Pertama Kalinya, Raja Gowa Ke-XXXVIII Menginjakkan Kaki di Tanah Papua

Berdasarkan Peraturan KPU No 4 Tahun 2023 tentang seleksi anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kita pasal 11 ayat 1 berbunyi tim seleksi melaksanakan tugas secara terbuka dengan melibatkan partisipasi masyarakat. Oleh karena itu kami merasa Timsel bekerja tidak sesuai dengan peraturan yang ada karena tidak transparansi dalam mengumumkan nilai hasil tes CAT dan Psikotes ke publik.

“Atas dasar ini, maka kami menganggap adanya indikasi kecurangan Timsel dalam tahapan Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Se-Provinsi Papua Barat Periode 2023-2028” ujarnya.

Salah satu putra Arfak ini juga menyatakan penetapan hasil CAT dan Psikotes tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku yaitu keputusan KPU No 117 tahun 2023 tentang pelaksanaan tahapan seleksi dan pengumuman hasil seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota.

Baca Juga  Bupati Bersama Pj. Gubernur Launching Pembongkaran Pasar Sanggeng

“Ini terbukti dengan perbandingan nilai antara sesama peserta seleksi, dimana ada peserta seleksi yang memperoleh nilai CAT pilihan ganda 38 dinyatakan lulus masuk 20 besar sedangkan ada peserta yang memperoleh nilai CAT pilihan ganda 51 namun dinyatakan tidak lulus masuk 20 besar, sehingga kami mempertanyakan metode apa yang digunakan oleh Timsel dalam perhitungan perangkingan nilai,” bebernya.

Kepada Timsel, Jemi meminta untuk segera mengumumkan nilai hasil tes CAT dan Psikotes sesuai aturan karena dianggap adanya mark-up nilai.

“Kami meminta kepada KPU RI untuk membatalkan Pengumuman NO : 05/TIMSELKKGEL.3-Pu/01/92-5/2023 tentang Hasil Seleksi Tertulis dan Tes Psikologi Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten Pada Provinsi Papua Barat,” tandasnya. (KP-02)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Yosi liling Nahkodai Ketua IPTM Periode 2022-2025

MANOKWARI

DPRD Manokwari Terima Ranperda APBDP Tahun 2023 Untuk Dibahas 

MANOKWARI

Bupati Manokwari Melantik Pengurus DPD IKM Manokwari Periode 2022-2027

MANOKWARI

Tangani Stunting, Pemkab Manokwari Akan Validasi Data

MANOKWARI

Bupati Manokwari Dikukuhkan Sebagai Dewan Kehormatan KKSS Manokwari

MANOKWARI

Dies Natalis Ke-21 STIH Caritas Papua dan STIE Mah-Eisa Manokwari Ini Pesan Buat Mahasiswa

MANOKWARI

RAKORDA DPD Partai Golkar Papua Barat, Pj Gubernur Titipkan Ini!

MANOKWARI

Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Kemhan RI Sosialisasikan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Kepada Perangkat Kampung Se-Kabupaten Manokwari