Home / MANOKWARI / Papua Barat

Rabu, 10 Januari 2024 - 23:41 WIB

Teken NPHD, Pemprov PB Hibahkan Rp.55.044 Miliar Dana Pengawasan Pilkada 2024 Kepada Bawaslu 

Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere dan Ketua Bawaslu Papua Barat, Elias Idie usai teken NPHD Dana Pengawasan Pilkada 2024 (Foto : Istimewa)

Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere dan Ketua Bawaslu Papua Barat, Elias Idie usai teken NPHD Dana Pengawasan Pilkada 2024 (Foto : Istimewa)

MANOKWARI,Kumparanpapua.com – Pemerintah Provinsi dan Bawaslu Papua Barat, akhirnya menyetujui nilai hibah untuk anggaran Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Tahun 2024.

Kesepakatan itu termuat dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani Pj Gubernur Ali Baham Temongmere dengan Ketua Bawaslu Papua Barat, Elias Idie di Ruang VIP Bandara Rendani Manokwari, Rabu (10/1).

Dalam NPHD itu disepakati nilai yang diberikan sebesar Rp.55.044.000.000 (lima puluh lima miliar empat puluh empat juta rupiah).

Penandatanganan NPHD Pengawasan Pilkada 2024 ini dihadiri juga Komisioner Bawaslu Nurlaila Muhammad, Kasek Bawaslu PB Benediktus Wahon, Kepala Bappeda, Kaban Kesbangpol dan Plt. Kepala BPKAD Pemprov Papua Barat.

Pj Gubernur dalam arahannya menyampaikan, pihaknya telah membahas bersama-sama sekaligus menyepakati untuk mengelola anggaran berupa dana hibah bagi Bawaslu PB sebesar Rp. 55,04 miliar untuk Pilkada Gubernur 2024.

Baca Juga  PKS Papua Barat Launching Bacaleg Secara Terbuka

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan menandatangani NPHD untuk proses transfer dana hibah dimaksud. Dan kami berharap kepada Bawaslu, tentunya dengan anggaran ini bisa mendukung semua aktifitas Bawaslu dalam rangka suksesnya Pemilu 2024,” harapnya.

Dikatakannya, penandatanganan ini juga sekaligus publikasi informasi kepada seluruh masyarakat dan laporan kepada Kementerian Dalam Negeri, KPU Pusat dan juga Bawaslu bahwa Provinsi Papua Barat dalam hal ini Gubernur mendukung sepenuhnya.

“Juga bersama Ketua Bawaslu PB dan jajaran dengan senyumannya, optimis Pemilu di Provinsi Papua Barat berjalan dengan aman, lancar dan damai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Papua Barat, Elias Idie mengapresiasi telah ditekennya NPHD Anggaran Pengawasan Pilkada 2024.

Baca Juga  Bupati Manokwari Melantik 141 Pejabat Eselon III dan IV Serta 7 Dokter Ahli Utama

“Bagi kami, karena ini dilakukan di bandara dan menunjukkan posisi Pj Gubernur dengan tingkat kesibukan yang tinggi tapi masih menyempatkan diri walaupun tadi sudah mau naik pesawat. Itu menunjukkan bahwa secara kelembagaan, kami akan menyampaikan bahwa ini bukti komitmen beliau dalam rangka mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pilkada November 2024 nanti,” ucap Elias.

Ia berkeyakinan bahwa Bawaslu bersama KPU yang mengemban tugas dan tanggung jawab moril, tanggungjawab kelembagaan akan memastikan semua proses penyelenggaraan menuju Pilkada 2024 akan aman, lancar dan sukses.

“Selama ini Tanah Papua khusus untuk Pilkada selalu berujung konflik. Mudah-mudahan kita bisa menunjukkan bahwa Pilkada 2024 bisa sukses dan berkualitas,” tandasnya. (KP/02)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Dalam Waktu Dekat, Masyarakat Suku Besar Kuri Wamesa Akan Menggelar Mubes di Bintuni

MANOKWARI

Apresiasi Pasangan Pengantin, Aston Niu Gelar Malam Kebersamaan dan Undian Wedding 2023

MANOKWARI

Cegah Resiko Hukum, Jamdatun : Kunker Perkuat Tugas dan Fungsi JPN di Kejati Papua Barat

MANOKWARI

Muswil Ke-3, Aisyiyah PB Diminta Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan

MANOKWARI

Layanan Administrasi BPJS Kesehatan Kini dalam Genggaman dengan Mobile JKN

MANOKWARI

Rekapitulasi Suara Parpol dan Calon Anggota DPR Provinsi Dapil Papua Barat 1 di Distrik Manokwari Timur, Partai GOLKAR Unggul
Suasana Mubes dan Pra Mubes III Suku Kuri Wamesa Kabupaten Teluk Bintuni dan Provinsi Papua Barat 2023 (Foto : Istimewa)

Papua Barat

Mubes III Suku Besar Kuri Wamesa, Ini Pesan Bupati Teluk Bintuni

MANOKWARI

Dekranasda Manokwari Kolaborasi PYCH Gelar Pasar Ramadhan