Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 21 Agustus 2023 - 12:34 WIB

Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Kemhan RI Sosialisasikan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Kepada Perangkat Kampung Se-Kabupaten Manokwari

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melalui Dirjen Potensi Pertahanan (pothan) bersama Kesbangpol Manokwari menggelar sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Kepada Perangkat Kampung di Kabupaten Manokwari,di di Ball Room Hotel Aston Niu, Jln. Drs. Esau Sesa Manokwari-Papua Barat,Senin(21/08/2023)

Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Kepada Perangkat Kampung di Kabupaten Manokwari tersebut dibuka oleh Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Ekonomi Mayjen TNI Piek Budyakto,ditandai dengan pemukulan tifa dan akan berlangsung selama 2 hari.

Bupati Manokwari Hermus Indou dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran tim kemhan RI di kabupaten Manokwari dan juga di tanah Papua adalah bukti kecintaan terhadap tanah Papua sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mewujudkan harapan Pemerintah Pusat dalam proses pendekatan pembangunan.

Bupati berharap kepada seluruh peserta sosialisasi pembinaan ini untuk ikut berpartisipasi dalam membela negara NKRI.

“Siapa kita? jawabannya adalah kita bela negara karena kita adalah Indonesia dan Indonesia adalah kita” ujar Bupati disambut upluss peserta sosialisasi.

“Jikalau anda tidak bela negara ini, anda sedang menghancurkan diri Anda sendiri karena Indonesia adalah kita dan kita adalah Indonesia. Kita patut bela negara kita oleh karena bangsa dan negara kita Indonesia ini adalah ibu Pertiwi yang berjasa melahirkan kita semuanya, kita semua dilahirkan di negara ini jadi kalau kita lahir di negara ini jangan cerita Malin Kundang berlaku di antara kita” sambungnya.

Baca Juga  Pemda Manokwari Akan Terbitkan Perda Penggunaan Noken di Pusat Perbelanjaan Gantikan Kantong Plastik

Bupati mengajak semua pihak untuk menjadi anak bangsa yang sadar diri untuk negara dan mau berjuang untuk mempertahankan NKRI.

Selain itu, Bupati menekankan bahwa setiap warga negara harus berjuang membela negara dimana saat ini ada banyak paham-paham ideologi baru yang berkembang dan mengancam kedaulatan NKRI.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Manokwari kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terpilihnya Manokwari sebagai salah satu penyelenggaraan dari kegiatan sosialisasi pembinaan bela negara hari ini. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan berharap kementerian pertahanan juga tetap menjadikan Manokwari sebagai fokus kegiatan dari kementerian pertahanan” Harap Bupati.

 

Kepada kepala kampung di kabupaten Manokwari bupati berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk membangun wawasan dan juga kecintaan kepada bangsa negara dan menjadi garda terdepan dari pembangunan bangsa dan negara di setiap dan di semua pelosok-pelosok wilayah kesatuan NKTI terlebih khusus di pelosok-pelosok kabupaten Manokwari tercinta.

Di kesempatan yang sama juga Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi Mayjen TNI Piek Budyakto dalam Sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan kesadaran bela negara yang sedang dilaksanakan saat ini adalah dalam rangka menyebarluaskan nilai dasar bela negara

Baca Juga  Aktualisasi Kurikulum Merdeka, Pelajar SMA Santo Paulus Datangi KPU Manokwari

” Bela negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan dan TNI semata tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh kementerian negara termasuk pemerintah daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat desa merupakan bagian dari upaya membangun sikap mental dan karakter bangsa serta merupakan kegiatan yang tidak pernah terpisahkan dari pembangunan revolusi mental dari Kabinet Indonesia Bersatu.

Pihaknya menjelaskan, Kegiatan sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara yang dilaksanakan pada saat ini bertujuan untuk membangun dan menanamkan sikap mental dan perilaku warga negara untuk senantiasa cinta kepada tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setiap pada Pancasila sebagai ideologi negara rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

” Nilai-nilai bela negara itulah yang diharapkan akan menjadi landasan sikap dan perilaku kita semua yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai bidang dan profesi masing-masing” tandasnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Pemkab Manokwari Lakukan Pembongkaran Tahap II Pembangunan Pasar Sanggeng

MANOKWARI

Berbekal Pengalaman dan Kinerja Menjadi DPD RI, Filep Wamafma Kembali Bertarung Pada Pemilu 2024

MANOKWARI

Siap-siap, ASN di Lingkup Pemda Manokwari Akan Dievaluasi

MANOKWARI

Plafon Anggaran Pemkab Manokwari Tahun 2024 Mulai Dibahas

MANOKWARI

Bupati Manokwari Resmikan SPBU DODO 84.943.04   

MANOKWARI

Pj Gubernur Ali Baham Disambut Kepala Suku Besar Arfak dan Tarian Adat Mbaham Matta

MANOKWARI

Muswil Ke-3, Aisyiyah PB Diminta Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan

MANOKWARI

Pemilu 2024, KPU Papua Barat Tetapkan DPS