Home / Papua

Sabtu, 24 Juni 2023 - 09:04 WIB

Sidak Pasar Sepekan Jelang Idul Adha 2023, Frans Pekey : Stok Bapak Aman

Penjabat Walikota Jayapura, Frans Pekey sidak bapok di pasar tradisional, Hamadi (Foto : KP04/Kumparanpapua.com)

Penjabat Walikota Jayapura, Frans Pekey sidak bapok di pasar tradisional, Hamadi (Foto : KP04/Kumparanpapua.com)

JAYAPURA,Kumparanpapua.com – Sepekan jelang Idul Adha 2023, Penjabat Walikota Jayapura gelar inspeksi dipasar tradisional hamadi dan pasar modern yang ada dikota Jayapura, kamis (22/6).

Dari sidak bapok yang digelar, Pekey mengatakan secara keseluruhan stok barang dipasar tradisional dan pasar modern cukup tersedia dan stabil.

“Dari ketersediaan dan pasokan terbilang cukup meskipun ada beberaapa komoditi yang mengalami kenaikan harga seprti bawang, cabai tetapi sifatnya fluktuatif, bisa naik atau turun dalam bebeapa hari dan kondisi itu bisa sangat tergantung dari pasokan mulai dari produsen, distributor kemudian masuk ke pasar,” jelasnya.

Dikatakannya, dari ketersediaan dan harga barang, secara umum dibandingkan dengan bulan mei, pada bulan juni ini mengalami penurunan secara keseluruhan.

“Sementara itu disparitas harga ketersediaan barang dipasaar modrn dan pasar tradisional hampir sama. Barang-barang yang dijual juga masih jauh dari tanggal kadaluarsa yang artinya masih bsa dikonsumsi dengan baik,” terangnya.

Ia berharap dan menghimbau kepada seluruh warga kota jayapura untuk tidak panik dan tetap tenang, karena Pemerintah tetap menjamin ketersediaan pasokan untuk kebutuhn masyarakat dipasar tradisional juga pasar modern. Selain itu juga stok beras selama tiga bulan kedepan cukup aman.

Baca Juga  Tingkatkan Potensi Pariwisata, Dispar Kota Jayapura Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Sementara itu, menjelang Idul Adha 1444H, Pemerintah Kota Jayapura pada 29 Juni mendatang mengharapkan kepada semua distributor, pengecer pedagang untuk tetap menjaga kestabilan harga.

“Tidak harus menaikan harga yang tinggi. Kecuali ada keterbatasan suplai dari perodusen, namun jika barangnya tersedia tidak boleh bermain harga dari distributor ke pengecer karena kalo bermain akan berpengaruh kepada konsumen,” ujar Oekey.

Dia mengingatkan kenaikan harga yang tinggi akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat yang rendah.

“Karena itu tetap sama-sama kita menjaga antara konsumen dan juga penjual tetap jaga barang tetap laku, yang penting barang ada perputaran barang itu bisa terjadi dengan lancar modal juga bisa berputar masyarakat juga bisa membeli itu yang terpenting,” ungkapnya.

Baca Juga  Perssoci Papua Sukses Sumbang 2 Emas di FORNAS VII Jawa Barat

Dari hasil pantauan, harga dipasaran masih relatif turun dibanding bulan mei lalu, dimana pada bulan mei tingkat inflasi hingga mencapai 2,39 persen.

Lebih lanjut kata Pekey, untuk Idul Adha mendatang seperti biasa setiap tahun Pemerintah Kota akan membagikan hewan kurba pada sejumlah masjid dan mushola.

“Dan pada tahun ini kita pemerintah kota akan menyerahkan hewan kurban ke 8 masjid berupa hewan kurban sapi, ini disesuakan dengan kemampuan anggaran. Biasanya bisa lebih dari 8 tapi saat ini kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada,” jelasnya.

Dan jelang libur Idul Adha yang lumayan panjang, Penjabat Walikota Jayapura menghimbau kepada seluruh warga kota jayapura untuk tetap menjaga kamtibmas sebagai tanggungjawab semua komponen masyarakat.

“Itulah harapan kita semua karena rasa nyaman dan aman merupakan kebutuhan dasar masyarakat bukan hanya ekonomi saja, tapi rasa nyaman dan aman itu social need, yang dirindukan dan didambakan setiap individu,” pungkasnya.(KP/04)

Share :

Baca Juga

Papua

Tingkatkan Potensi Pariwisata, Dispar Kota Jayapura Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Papua

Layar Tancap Akar Rumput Siap Putar 8 Judul Film Karya Komunitas di Jayapura

Papua

Asosiasi Futsal Kota Jayapura Akan Gelar Liga Usia Pembinaan

Papua

Hari Gemapatas , 3000 Tanda Batas dipasang di Papua

Papua

Peringati HUT Emas 50 Tahun, Benyamin Gurik: KNPI Telah Banyak Melahirkan Tokoh Besar 

Papua

Frans Pekey : Pentingnya Komunikasi Antar Paguyuban dan Kepala Suku Penting Dilaksanakan

HUKUM DAN KRIMINAL

Gubernur Papua Ditangkap KPK
Tim Putra SMA Street Soccer Papua yang berhasil menorehkan prestasi gemilang di Festival Olahraga Nasional (FORNAS) VII di Bandung Jawa Barat beberapa waktu lalu, Jumat (21/7/2023).

Papua

Perssoci Papua Sukses Sumbang 2 Emas di FORNAS VII Jawa Barat