Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 21 Maret 2023 - 18:27 WIB

Sebanyak 172 Calon Jamaah Haji di Manokwari Ikut Bimbingan Manasik Haji

MANOKWARI,Kumparanpapua.com-Sebanyak 172 calon jamaah Haji tahun 1444H/2023 M di Manokwari mengikuti bimbingan Manasik Haji yang dilaksanakan oleh kementerian agama kabupaten.

Kegiatan ini dibuka oleh wakil bupati Manokwari, Drs Edi Budoyo di Aula Gedung kantor kementerian Agama kabupaten Manokwari, jl percetakan Negara selasa (21/3/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari Sau Nauw dalam sambutannya menjelaskan bahwa manasik Haji bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan, pemahaman kepada jamaah calon haji serta kebijakan pemerintah mengenai penyelenggaraan ibadah haji serta memberikan bimbingan teknis tentang kesehatan jamaah haji dan pemahaman tentang manasik haji sesuai dengan prinsip juga bimbingan dan praktek manasik haji.

Wakil Bupati ,Edi Budoyo menyampaikan bahwa, ibadah haji merupakan sebuah ibadah yang dijadikan sebagai salah satu dari lima pondasi (rukun) disamping itu pula merupakan kewajiban juga sekaligus kehormatan bagi yang telah mendapatkan panggilan dari Allah SWT.

“Momentum ini hendaknya mampu menambah rasa syukur kita, sebab tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama meskipun sangat menginginkannya”, harapnya

Oleh karena itu, Edi Budoyo berharap calon jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan tenang dan khusyuk, sehingga doa-doa yang dipanjatkan dapat dijabah oleh Allah SWT dan memanfaatkan kesempatan ke tanah suci untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan tentang keislaman, sehingga mampu menguatkan iman dan taqwa.

Baca Juga  Bupati Hermus Indou Resmikan gedung GPI Jalan Suci Jemaat Rehobot Prafi Manokwari

Menurutnya, Kegiatan pembekalan bagi jama’ah calon haji ini sangat penting, untuk mempersiapkan jamaah calon haji, agar benar-benar dapat memahami dan mengetahui pelaksanaan ritual ibadah haji secara baik dan benar sesuai dengan tuntutan syari’at.

Budoyo berpesan kepada para jama’ah calon haji , untuk dapat mengikuti kegiatan pembekalan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga dapat memahami secara detail, tentang rukun, syarat maupun tatacara pelaksanaan ibadah haji, sehingga kelak dapat mengerjakannya dengan sempurna dan bisa kembali ke tanah air nantinya menjadi haji yang Mabrur.

“Tetap jaga kekompakan, saling tolong menolong, karena kondisi dan suasana yang akan dihadapi nanti pasti akan berubah dengan kondisi di tanah air, hilangkan sikap, mau menang sendiri dan merasa benar sendirii, buang jauh-jauh sikap arogan dan meremehkan orang lain serta Bangun rasa kasih sayang dan semangat kebersamaan, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, kembangkan jiwa solidaritas, pupuk sikap toleransi dan saling menghormati serta berakhlakul karimah”,tandasnya

Baca Juga  Pj Gubernur Ali Baham Disambut Kepala Suku Besar Arfak dan Tarian Adat Mbaham Matta

Senada Kepala kementerian Agama kabupaten Manokwari, Saul Nauw menyampaikan agar para jamaah calon dapat menjalankan ibadah haji dengan tenang dan khusyuk sehingga doa-doa yang dipanjatkan dapat dijabah oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

” Manfaatkan pula kesempatan ke tanah suci untuk impor dalam memperluas pengetahuan tentang keislaman sehingga mampu menguatkan iman dan taqwa karena hal ini sangat penting untuk mempersiapkan jamaah ajaran haji agar benar-benar dapat memahami dan mengetahui pelaksanaan ritual ibadah haji secara baik dan benar sesuai dengan tuntutan syariat” harapnya.

Oleh karena itu pihaknya berharap kepada jamaah calon haji untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga para jamaah dapat memahami secara detail tentang rukun syariat maupun tata cara pelaksanaan ibadah haji sehingga kelak dapat mengerjakannya dengan sempurna dan bisa kembali ke tanah air nantinya menjadi haji yang mabrur.(KP-03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Jalin Kerjasama dengan Pemkab Manokwari dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan
Clinton Tallo,Kandidat Kuat Ketua Pertina Provinsi Papua Barat (Foto : KP2/Kumparanpapua.com)

MANOKWARI

Clinton Tallo, Calon Kuat Pimpin Kembali Pertina Papua BaratĀ 
Ketua KPU Kabupaten Manokwari, Christine Rumkabu (Foto : Istimewa)

MANOKWARI

Kampanye Dimulai, Parpol Diminta Patuhi Aturan Berkampanye

MANOKWARI

Ketua GMP Teluk Wondama Dukung Pemerintah dan Polri Jaga Kamtibmas

MANOKWARI

Hari Pelaut Sedunia, Kodim 1801 Manokwari Bersama Pemerintah dan Masyarakat Aksi Bersih Pesisir Laut

MANOKWARI

Ekspos Potensi Sekolah, SMK Negeri 3 Manokwari Gelar Expo to Explore

MANOKWARI

Stunting, Wabup Manokwari Himbau Pendataan Bayi dan Balita

MANOKWARI

Pesta Rakyat Tutup Rangkaian Peringatan HUT Manokwari Ke-125, Bupati Hermus : Bersatu Jaga KeamananĀ