Home / Papua Barat / Uncategorized

Kamis, 2 Februari 2023 - 20:28 WIB

Sambut Suport Ketua Fraksi Otsus DPRPB, Elemen Pemuda: Sami Saiba Layak Pimpin Dispora Pabar


Manokwari, kumparanpapua.com– Pernyataan Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat George K. Dedaida,S.Hut.,M.Si terhadap Dr Sami D. Saiba,S.P.,M.Si yang menurutnya pantas menjadi pejabat definitif Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pemprov Papua Barat mendapat respon dari sejumlah tokoh pemuda di provinsi ini.

Mantan Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Manokwari, Clemens Mandacan, mengatakan, meski belum lama menjabat sebagai Ketua KNPI Papua Barat, Sami selama ini telah menunjukkan loyalitas dan perhatian yang sungguh pada bidang kepemudaan, terutama saat masih menjabat sebagai pengurus harian KNPI Papua Barat periode sebelumnya maupun pada organisasi kepemudaan yang ia pimpin.

Sami juga dianggap mengayomi seluruh potensi kepemudaan di Papua Barat, sehingga KNPI saat ini tetap solid. “Kemampuannya merangkul dan menyatukan seluruh elemen pemuda ini menjadi satu landasan dalam penilaian saya tehadap kapasitas dan kemampuan beliau, sangat layak!” tegasnya.

Di sisi lain, Clemens melihat kapasitas Sami juga sangat ditunjang oleh modal social, kualifikasi pendidikan dan keilmuan yang memadai. Demikian juga karir Sami dunia birokrasi yang pernah diberi amanah sebagai pelaksana tugas di salah satu OPD Pemprov.

“Ada harapan yang kami titipkan, bahwa jika dipimpin oleh sosok yang benar-benar mengerti, memahami dan memiliki visi yang jauh terhadap dunia kepemudaan, itu pasti berdampak pada peningkatan kualitas pembangunan Pemuda d Papua Barat,” kata Clemens yang memimpin GMKI Cabang Manokwari pada perio tahun 2020-2022.

Penilaian senada disampaikan, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari, Ridwan Kelkusa yang menilai kinerja dan terobosan KNPI Papua Barat sudah kembali terlihat karena program langsung menyentuh kepentingan pemuda.

“Lepas dari kelayakan bang Sami untuk memimpin Dispora Papua Barat dari segala aspek, dalam kapasitas beliau sebagai ketua KNPI kami tetap berharap agar KNPI simpul gerakan pemuda untuk mendorong Papua Barat terus berkerak maju,” katanya, Kamis (2/2/2024).

Sementara itu, Wakil Ketua MASIKA ICMI Papua Barat yang juga mantan Sekretaris Badko HMI Papua – Papua Barat, Patrix Barumbun Tandirerung mengatakan sangat penting untuk mendorong Papua Barat menjadi kota layak pemuda dengan 3 indikator. Pertama, adanya dukungan kebijakan misalnya Perdasi tentang Kepemudaan, kedua, dukungan saran dan prasarana kepemudaan dan ketiga hadirnya program pemberdayaan pemuda yang benar-benar melihat pemuda sebagai elan vital pembangunan.

“Secara personal saya menilai Bang Sami memiliki visi yang selaas dengan kepentingan itu. Tentu lebih baik jika diberi amanah yang strategis dalam lingkup pemerintahan provinsi untuk merealisasikannya,” kata Patrix. “Bang Sami juga seorang olahragawan serta Pembina olahraga silat yang tahu dengan persis bagaimana mengembangkan olahraga.”

Sebelumnya, Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat George K. Dedaida,S.Hut.,M.Si menilai bahwa semangat, dedikasi dan loyalitas mantan Plt Kadis PUPR Pemprov Papua Barat itu layak dipromosi jabat jabatan Eselon II di bidang kepemudaan dan olahraga.

Menurut George, bahwa Jabatan kepala dinas pemuda dan olahraga (Kadispora) Pemprov Papua Barat yang masih diisi pelaksana tugas (Plt) pantas dideviniftifkan kepada Dr Sami D. Saiba,S.P.,M.Si karena sejalan dengan semangat pemuda.

“Saya kira kinerja, dedikasi dan loyalitas dari Ketua KNPI Papua Barat Sami Saiba terbukti, menjalankan program pemerintah dan layak untuk dipromosi,” ujar George kepada awak media di Manokwari. (*)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Tiba di Manokwari, Top Skor Sea Games 2023 Diarak Dalam Kota

MANOKWARI

Pj Gubernur Mengukuhkan Lepot Setyanto Sebagai Kepala BPKP Provinsi Papua Barat

MANOKWARI

Rudolf Anthonius Tondok Calon DPD RI, Resmi Mendaftar Ke KPU

Uncategorized

Wahana Visi Indonesia : 36,1% Anak Kelas 3 SD di Papua Memiliki Keterampilan Literasi, WVI Kampanyekan Baca Tanpa Batas  

MANOKWARI

Pembangunan Ruang Terbuka Publik Borasi Capai 52 Persen

MANOKWARI

Bupati : Pemda Manokwari Anggarkan Rp.60 Milyar Untuk Pemilu 2024

MANOKWARI

Aisyiyah PB Diharapkan Ikut Berperan Percepatan dalam Penurunan Stunting

MANOKWARI

Peringati HUT RI Ke-78 Tahun 2023, Pemkab Manokwari Lakukan Aksi Bersih