Home / MANOKWARI / Papua Barat

Sabtu, 29 Juni 2024 - 22:12 WIB

Perdana, IKKB Kabupaten Manokwari Rayakan HUT Ke-61 Tahun dan Peletakan Batu Pembangunan Gedung Sopo Godang

MANOKWARI, Kumparanpapua.com- Warga Ikatan Kerukunan Keluarga Batak (IKKB) Kabupaten Manokwari untuk pertama kalinya merayakan HUT Ke-61 tahun di Manokwari sekaligus dirangkaikan dengan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sopo Godang yang akan menampung kapasitas 1500 jiwa diatas lahan 4000 M2.

Gedung Sopo Godang Ikatan Kerukunan Keluarga Batak (IKKB) Kabupaten Manokwari mulai dibangun ditandai dengan peletakan batu pertama di Kampung Soribo Distrik Manokwari Barat (Kompleks Perumahan PJU Polda Papua Barat), sabtu (29/6/2024) .

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Pj Gubernur Papua Barat, Bupati Manokwari Hermus Indou, Kepala Suku Besar Arfak, para tokoh IKKB di Manokwari dan kepala-kepala suku Nusantara di Manokwari.

Sesepuh IKKB, Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas sebagai sesepuh IKKB telah diemban sejak tahun 2001 (23) berpesan agar tetap tinggal bersama dengan hidup saling rukun dan bersama-sama bertanggungjawab untuk menjamin keamanan, ketertiban untuk membangun Papua Barat tercinta.

“Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung, KKB ada di mana-mana tapi tidak kemana-mana jadi tinggal disini kita bangun Papua Barat dengan hidup rukun damai sehingga pembangunan pemerintah akan berjalan dengan baik” Harap Dominggus.

Baca Juga  HPN 2023, Bupati Manokwari Harap Pers Profesional Dalam Menjalankan Tupoksinya

Pada kesempatan yang sama, Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan dibangunnya rumah besar IKKB untuk Menjaga eksistensi dan warga IKKB datang ke Manokwari dan harus tinggal di Manokwari dan menjadi warga Manokwari dalam menyukseskan pembangunan kearah yang lebih baik.

Bupati menilai, kehadiran pembangunan Sopo Godang akan berdampak positif dalam semua aspek pembangunan dan menambah penduduk di Manokwari, selain itu pula berkontribusi disektor lainnya di Manokwari.

Bupati mengapresiasi dan memberikan dukungan yang sepenuhnya dalam memulai pembangunan Sopo Godang yang memiliki arti penting untuk membuktikan bahwa kehadiran IKKB di tanah Papua adalah panggilan dan utusan TYME.

Selain itu menjaga eksistensi IKKB di Manokwari, juga membangun, melestarikan dalam memperkaya identitas budaya bangsa di Tanah Papua dan menjadi tempat anak-anak bangsa dan Papua harus menjadi berkat dan menjadi harus juga menjadi berkat bagi tanah Papua.

Baca Juga  Balon DPD RI Dapil PB, Lamek Dowansiba Daftar Ke KPU

“Pembangunan Sopo Godang sebagai Wujud partisipasi IKKB dan kehadiran pembangunan ini dapat memperkuat kelembagaan IKKB dan pelayanan bagi semua warga IKKB di Manokwari dan sebagai rumah bersama harus dijaga dari segala kerusakan dan ancaman” Harapnya.

Sementara untuk pembangunan Sopo Godang kata bupati, pemerintah kabupaten Manokwari komitmen bertanggung jawab untuk proses pembangunan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua IKKB Kabupaten Manokwari dalam arahannya menyampaikan bahwa kehadiran pembangunan sangat dirindukan sebagai tempat untuk duduk bersama dalam bermusyawarah maupun melangsungkan acar-acara syukuran.

Sementara itu, ketua Panitia HUT, J Silalahi dalam laporannya mengungkapkan bahwa Sopo Godang adalah Rumah besar bagi masyarakat Batak di Manokwari yang difungsikan untuk kegiatan yang berhubungan dengan adat istiadat, bermusyawarah dan kegiatan keagamaan.

Pihaknya berharap dengan dibangunnya Sopo Godang IKKB telah memiliki wadah untuk bersekutu dan efektif daam melaksanakan kegiatan-kegiatan. (KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Tingkatkan Pemahaman Terkait Proses Bisnis Kelembagaan dan Reformasi Birokrasi, Bagian Organisasi Gelar FGD

MANOKWARI

Menatap Level Profesional, RBBC 223 Tuntaskan Agenda Legalisasi Klub

MANOKWARI

Hari Bhakti Perbendaharaan Ke -19 Tahun , Kantor Wilaya DJPb Gelar UMKM Day

MANOKWARI

Kanwil Kemenkumham Pabar – 5 OBH Teken Perjanjian Bantuan Hukum Tahun 2024

MANOKWARI

20 Peserta POMNAS Papua Barat Siap Bertanding di POMNAS XVIII Banjarmasin

MANOKWARI

Pj Gubernur Mengukuhkan Lepot Setyanto Sebagai Kepala BPKP Provinsi Papua Barat

MANOKWARI

Dies Natalis Ke-21 STIH Caritas Papua dan STIE Mah-Eisa Manokwari Ini Pesan Buat Mahasiswa

MANOKWARI

Kajati Papua Barat Lantik Wakajati , 3 Kajari dan 3 Koordinator