Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 15 Januari 2024 - 22:27 WIB

Pengembangan Pariwisata di Distrik Mokwan Menjadi Perhatian Serius Pemda Manokwari Bersama Pemprov Papua Barat

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Pengembangan Pariwisata di distrik Mokwan akan menjadi perhatian serius oleh Pemda Manokwari bersama dengan pemerintah provinsi Papua Barat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Manokwari, Hermus Indou saat melakukan kunjungan kerja di distrik Mokwan, Senin (15/1/2024).

Bupati menjelaskan bahwa Pemkab Manokwari akan terus mendorong percepatan pembangunan di Distrik Mokwam karena daerah tersebut diproyeksikan sebagai destinasi andalan Manokwari.

“Pariwisata pegunungan di Distrik Mokwam jadi prioritas yang bahkan kita tuangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Manokwari,” ungkap Bupati.

Seperti diketahui, Kampung Kwau di Distrik Mokwam meraih dua penghargaan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yakni rekor MURI sebagai desa wisata pertama yang memiliki habitat Burung Penari dan juara III kategori Desa Wisata Berkembang.

Kampung Kwau terkenal wisata dengan pengamatan burung (birdwatching) Cendrawasih Penari atau Parotia sefilata. Burung yang mampu menari ala “tipy-toe” untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Jenis wisata pengamatan burung sangat diminati wisatawan luar negeri.

Baca Juga  Wakil Bupati Manokwari Imbau Warga Selalu Waspada dan Tidak Mudah Terprovokasi Hoax

Hermus mengatakan, untuk mendorong potensi pariwisata di Distrik Mokwam, Pemkab Manokwari memprioritaskan beberapa program terutama pembangunan infrastruktur jalan.

Menurutnya, sejak tahun lalu pemerintah terus genjot pembangunan jalan di Distrik Mokwam. Pembangunan jalan akan kembali jadi prioritas tahun ini.

“Tahun lalu, sudah mulai pengaspalan jalan dari Kampung Kwau sampai kali Prafi, tahun ini akan dilanjutkan lagi. Dinas PU programkan pengaspalan sampai kampung Kwau,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain infrastruktur jalan, pihaknya akan membuat gapura selamat datang untuk memperindah Distrik Mokwam. Pembangunan infrastuktur air bersih juga akan dilakukan tahun ini.

Baca Juga  Kampanye Dimulai, Parpol Diminta Patuhi Aturan Berkampanye

“Kita juga akan buat homestay atau tempat penginapan untuk wisatawan. Tahun ini Pemkab Manokwari bangun permanen SD YPPGI, karena sekolah ini berjasa untuk mendidik anak-anak Mokwam. SMP Mokwam juga akan dibangun tahun ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung pariwisata Mokwam, Pemkab Manokwari juga perlu menata kawasan lagi. Karena selain pariwisata, Distrik Mokwam juga memiliki potensi pertanian yang sangat baik yaitu kebun kopi.

Menurutnya, potensi pariwisata dan pertanian di Mokwam akan mendorong pembangunan ekonomi di Kabupaten Manokwari.

“Tahun ini kepala distrik dengan Dinas Pertanian pastikan program pengembangan kopi berjalan di Mokwam. Masyarakat persiapkan lahan untuk kebun kopinya. Jadi setelah orang melihat burung pintar, mereka bisa dapat oleh-oleh Kopi Mokwam,” tandasnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Pemda Manokwari Bentuk Satgas Inventaris Bangunan Liar

MANOKWARI

Gambaran Pemenuhan Hak Pendidikan OAP, INFID Gelar Dialog Multipihak Pendidikan

MANOKWARI

Ruri Catherine Dinobatkan Jadi Putri Citra Indonesia Ke-37 Tahun 2023

MANOKWARI

DPA Tahun 2024 Provinsi Papua Barat Diserahkan

MANOKWARI

20 Peserta POMNAS Papua Barat Siap Bertanding di POMNAS XVIII Banjarmasin

MANOKWARI

Pemkab Teluk Wodama Sediakan Lahan dan Bangunan Untuk SAR

MANOKWARI

HUT Flobamora Ke-8 Tahun Bupati Manokwari Apresiasi Keluarga Besar Kerukunan Flobamora 

MANOKWARI

Meriahkan HUT DPD PWKI Ke-78 Tahun 2024 PWKI Provinsi Papua Barat Gelar Senam Bersama dan Donor Darah