Home / MANOKWARI / Papua Barat

Kamis, 9 Februari 2023 - 21:50 WIB

Pemkab Manokwari Siap Jalankan Kewenangan SMU/SMK

MANOKWARI,Kumparanpapua.com – Pemerintah Kabupaten Manokwari sebagai sub kordinasi dari pemerintah nasional tegak lurus didalam melaksanakan amanat UU yang berlaku di NKRI termasuk amanat undang-undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang perubahan kedua atas undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus di Papua, termasuk didalamnya mengamanatkan untuk pengalihan kewenangan penyelenggaraan urusan pendidikan SMA dan SMK dari Pemerintah Provinsi menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten.

Bupati Manokwari, Hermus Indou menyampaikan bahwa Pemkab Manokwari dalam keterbatasan yang dimiliki terkait kapasitas daerah yang terbatas tetap melakukan penyesuaian dan juga review terhadap APBD manokwari untuk mengakomodir kebutuhan pembiayaan urusan pendidikan SMU dan SMK di Kabupaten Manokwari.

Baca Juga  Lantik IKM Manokwari, Bupati Hermus Pesan Jadikan IKM Wadah Partisipasi

“Kita juga telah memerintahkan OPD terkait yaitu bidang hukum dan Dinas Pendidikan dan Inspektorat daerah badan kepegawaian daerah untuk segera melakukan review terhadap perangkat kelembagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari,” kata Bupati Hermus.

Dijelaskan Hemus, Jangka pendek akan dilakukan review dengan peraturan Bupati Manokwari untuk memasukan bidang SMU dan SMK pada Dinas Pendidikan Manokwari. Dan secara definitif akan direview dan Perda-kan kembali pada sidang APBD Perubahan.

Baca Juga  Perdana Rayakan Dirgahayu MA, Pengadilan Tinggi Pabar Komitmen Lebih Tingkatkan Pelayanan

Menurutnya, agenda penting yang harus mendapat perhatian khusus adalah kebutuhan siswa dan guru menghadapi ujian nasional.

“Saya telah perintahkan OPD terkait untuk susun rencana kerja yang baik dan akan laporkan untuk kita segera amankan terkait penyelenggaran UAN SMU dan SMK di Manokwari. Semoga dalam minggu ini selesai,” ucapnya sembari mengatakan semua dilakukan sambil menunggu kebijkan Pemprov Papua Barat untuk penyerahan Personil Pembiayaan Perlengkapan dan Dokumen (P3D) secara resmi.(KP-02)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Rakerwil GBI Diharapkan Menjadi Momentum dalam Mengembangkan Pelayanan yang Kreatif dan Inovatif

MANOKWARI

Menkumham RI Sampaikan Pernyataan Pada Sidang Majelis Umum WIPO 

MANOKWARI

Festival Teluk Dore Akan Warnai HUT Kota Manokwari Ke-125 Tahun

MANOKWARI

Apel Perdana 2024, Bupati Manokwari Tegaskan ini Kepada Pimpinan OPD

MANOKWARI

Wakil Bupati Manokwari Imbau Warga Selalu Waspada dan Tidak Mudah Terprovokasi Hoax

MANOKWARI

Bupati Tinjau Banjir di Kali Mansaburi dan Kali Wariori

MANOKWARI

Perayaan Idul Fitri , Wakil Bupati Manokwari Mengajak Warga Untuk Saling Menghormati

MANOKWARI

Peningkatan Kapasitas Media Lokal, Wujud Komitmen USAID Kolaborasi