Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 17 Oktober 2023 - 12:20 WIB

Pemkab Manokwari Kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Perangkat dan Aparatur Desa

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- Pemerintah kabupaten Manokwari melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi papua barat untuk mensosialisasikan hukum untuk penyelenggaraan pemerintahan deaa bagi perangkat desa dan aparatur desa do wilayah hukum Kejaksaan tinggi Papua Barat.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Republik Indonesia di Mansinam Beach Hotel Manokwari, selasa, (17/10/ 2023)

Bupati Manokwari, Hermus Indou melalui sambutannya berharap aktivitas penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan pemerintah bisa berjalan tanpa ada transaksi-transaksi atau kegiatan-kegiatan yang melawan hukum yang dilaksanakan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Melalui kegiatan ini bisa membuka Cakrawala dan pemahaman terhadap Apa yang perlu dikerjakan dan apa yang perlu dihindari dari penyelenggaraan pemerintahan pembangunan di Kabupaten.

Olehnya itu, kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk Bagaimana membangun pengetahuan dan memproteksi diri semuanya ke dalam aspek penyelenggaraan pemerintahan.

Dan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini sangat penting karena banyak hal yang belum dipahami sehingga Melihat kapasitas baik pengetahuan maupun kesadaran bahkan budaya hukum harus bisa ditingkatkan

” Hak dan kewajiban kita yang perlu kita laksanakan dan kita juga harus menunjukkan budaya hukum di mana kita harus hidup terbit tertib teratur tertib administrasi dan semuanya yang berkaitan dengan penyelenggaraan keuangan” Ujar Bupati.

“Kepada aparat pemerintah kampung, saya berharap uang kampung yang dikelolah dengan baik dan jangan dipergunakan untuk hal-hal yang melanggar aturan seperti yang sudah kita lakukan di dalam praktek adat istiadat. Dana kampung bukan dana pribadi tapi itu adalah uang negara yang jarus dikelolah dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat ” Terang bupati.

Baca Juga  Idul Adha, Keluarga Faisal - Rauf Kurban 4 Ekor Sapi

Kegiatan ini sangat penting bagi kita semua untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kita dan tertib dalam pemerintahan dan juga tata kelola keuangan kampung.

Bupati berharap kepada semua kepala kampung untuk mengikuti arahan dan juga petunjuk dari Kejaksaan tinggi dan yang lainnya serta narasumber yang ada.

“Diharapkan kegiatan sosialisasi ini bisa berdampak bagi kita semuanya sehingga kita dapat tertib hukum di wilayah kabupaten Manokwari baik dan bagi kita semuanya” harapnya.

Kepala kejaksaan Tinggi Papua Barat, Arli Siregar dalam arahannya menyampaikan bahwa Kampung menjadi pusat perhatian pemerintah karena membangun kampung berarti membangun negara.

“Kita harapkan di Papua Barat ini mungkin masih banyak desa-desa yang tradisional kita harapkan akan menjadi desa yang akan bergerak terus menjadi dasar Suara Karya” ujarnya.

Siregar berharap kedepannya kepala desa/ kepala kampung atau aparat kampung yang harus dijerat dalam persoalan hukum apalagi tindak pidana korupsi akibat dari penggunaan dana desa.

“Kami harus hadir memberikan sosialisasi dan program ini dipilih menjadi desa jasa Garda kampung dan biarlah kami menjadi pengawal bapak ibu semua para para kampung supaya nyaman bekerja dan dan Memastikan pembangunan di desa itu bisa betul-betul bergerak dan bagaimana kita mulai pembangunan yang baik dari kampung” Harapnya.

Baca Juga  Ormas, Aktivis dan Mahasiswa Deklarasi Pemilu Damai di Manokwari

Melalui momentum ini diharapkan perubahan-perubahan paradigma sebagai pimpinan-pimpinan di kampung baik sebagai kepala kampung, bendahara Kampung, Dalam konteks pengelolaan tata kelolah pemerintahan Kampung khususnya pengelolaan anggaran desa.

“Kalau Bapak Ibu tidak paham itu kami terbuka kalau ada 24 jam terbuka untuk bapak ibu semua, kami akan memberikan saran-saran terbaik dan jangan pernah takut pada para penegak hukum dan berikan yang terbaik” Terangnya.

Kepada kepala kampung, siregar berpesan agar dalam melaksanakan pemerintahan kampung dan tugas-tugas kampung bisa dilakukan dengan baik dan anggaran bisa dikelola dengan baik yang akan berdampak dalam membantu pemerintahan kabupaten dan membantu kabupaten dan jajarannya.

“Saya mengajak kita semuanya siapapun yang berada dari daerah baik di Kabupaten Manokwari Manokwari Selatan Bintuni wondamah Fak-fak ,Kaimana tolong sebagai aparat pemerintah Kampung memberikan komitmen yang terbaik bagi pembangunan masyarakat kampung itu sendiri” harapnya.

“Mari kita terus bergerak Mari kita mempunyai niat yang baik dengan tentu berdoa supaya kita dikuatkan sebagai aparat kampung dalam situasi dalam banyak tekanan dalam banyak persoalan-persoalan Kampung tetap kuat dalam mengemban dan memperoleh kejayaan sebab Papua Barat harus bisa Jaya dan sejahtera” Tandasnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Gelar Halal Bi-Halal, Kajati Papua Barat Harap Jadikan Momentum Mempersatukan Perbedaan

MANOKWARI

Mahkamah Agung RI Utus 3 Hakim Indonesia Hadiri Workshop Wildlife Crime di Malaysia

MANOKWARI

Febelina Indou Komitmen Tiga Bulan Stunting Bisa Teratasi

MANOKWARI

BPJS Kesehatan Permudah Sistem Pembayaran Autodebet Melalui Iuran JKN-KIS

MANOKWARI

Buka Muswil Ke IV LDII Papua Barat Akan Bahas Delapan Program Strategi

MANOKWARI

Progres Pembangunan Pasar Sentral Sanggeng Manokwari Mencapai 48 Persen

MANOKWARI

Bupati Manokwari Serahkan Piagam Penghargaan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 Kepada 7 OPD

MANOKWARI

Raih Peringkat Ke-39 Pelayanan Publik Terbaik Di Indonesia, Bupati Pesan Pertahankan Prestasi