Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 9 Mei 2023 - 22:47 WIB

Pemda Manokwari Mekarkan Dua OPD Berdasarkan Perbup

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Di tahun 2023, Pemerintah kabupaten Manokwari menambah Dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berdasarkan peraturan Bupati.

Dua OPD yang dimekarkan yakni, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Dinas Pemuda dan Olahraga merupakan dinas yang dimekarkan dari dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga sedangkan Dinas Koperasi dan UMKM merupakan dinas yang dimekarkan dari dinas Perindustrian Perdagangan , Koperasi (Perindakop) dan UMKM.

Sedangkan untuk Dinas Pariwisata berubah nomenklatur yakni Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan sedangkan untuk Pendidikan berdiri sendiri.

Selain itu juga, Badan Pelatihan dan Kepegawaian berubah nomenklatur menjadi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Kepada awak media bupati Manokwari, Hermus Indou menjelaskan bahwa perubahan opd yang ada dilakukan berdasarkan peraturan Bupati sambil menunggu diterbitkannya Peraturan Daerah.

Bupati menyebut bahwa perubahan pada OPD, ada yang bertambah tetapi juga ada OPD yang nomenklatur fungsinya disesuaikan.

Baca Juga  High Level Meeting, Bupati Apresiasi Kinerja TP2DD Manokwari¬†

Misalnya dinas Kebudayaan Pariwisata dan ekonomi kreatif, dimana sebelumnya Kebudayaan melekat dengan dinas pendidikan dan saat ini telah dipisahkan dan Dinas Pendidikan berdiri sendiri.

Bupati menjelaskan,bahwa Selain tugas opd yang sangat kompleks, kesulitan opd dalam memaksimalkan fungsi pelayanan kepada masyarakat sangat terbatas jika hanya ditangani oleh satu dinas sehingga OPD tersebut harus mekar untuk memaksimalkan fungsi itu.

“Disamping itu juga, kita juga memberikan kesempatan kepada Aparatur Sipil Negara yang telah memenuhi persyaratan untuk bisa dikembangkan karyanya di tempat itu, sehingga tidak ada aparatur sipil negara kita yang tidak mendapatkan posisi atau jabatan di kabupaten Manokwari” terangnya.

Bupati juga membeberkan dinas yang kelembagaannya sudah disetujui dan rencananya pada bulan oktober mendatang akan dilakukan pengisian SDM yakni dinas perikanan.

Baca Juga  Sebanyak 63 Pasutri Ikut Sidang Isbath dan Nikah Massal Terpadu Angkatan 1 Tahun 2023

“Nanti di bulan Oktober fungsi Perhubungan kita akan gabung dengan PU jadi satu. Sedangkan untuk dinas perikanan akan berdiri sendiri karena potensi kelautan kita juga sangat besar sementara tahun ini kita juga sudah mendirikan BUMD, dan kita berharap BUMD tersebut akan berkolaborasi dengan dinas perikanan dan kelautan untuk bisa memaksimalkan pengelolaan potensi perikanan kita di kabupaten Manokwari untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tetapi juga meningkatkan kapasitas fiskal daerah kita” Harapnya.

“Sementara kita jalan dengan peraturan bupati untuk mengatur kelembagaan daerah terlebih khusus di dinas pendidikan,karena kalau tidak begitu bagaimana mengurusi SMU SMK? Jadi kita jalan dulu dengan peraturan bupati, Lalu nanti Oktober atau September secara resmi kita akan perbaharui dengan peraturan daerah” tandasnya.¬†(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Tingkatkan Pemahaman, Perwakilan BP3OKP Papua Barat Gelar Sosialisasi UU Otsus Nomor 2 Tahun 2021 Bersama Pemda Manokwari

MANOKWARI

Sebanyak 330 Pengusaha Dapat Kucuran Dana dari Pemda Manokwari

MANOKWARI

Bulan Ramadhan, Kantor Perwakilan BI Papua Barat Gelar Kick Off SERAMBI 2024

MANOKWARI

Gelar Rakerda I, Kerukunan Keluarga Buton Diharapkan Mampu Bersinergi dengan Pemda Sukseskan Program Pembangunan

MANOKWARI

Tersebar di 3 Parpol, 15 Bacalon Dinyatakan TMS Oleh KPU Papua Barat

MANOKWARI

Bupati Manokwari Harap Dataran Wapramasi Jadi Lumbung Pangan

MANOKWARI

Hadiri Temu Raya Majelis Jemaat GKI Se Klasis Manokwari, Bupati Harap Dapat Membangun Kapasitas

MANOKWARI

Waterpauw : OPD Papua Barat Bakal Jadi 34