Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 7 Maret 2023 - 19:45 WIB

Pembongkaran Pasar Sanggeng Akan Dilaunching

MANOKWARI,Kumparanpapua.Com-Rencana pembangunan Pasar berskala Modern di Sanggeng akan dibangun oleh Kementerian PUPR.Olehnya itu pasar yang ada saat ini terpaksa dibongkar dan rencananya Besok Rabu 8 Maret 2023 akan dilaksanakan dikaunching Pembongkaran Pasar Sanggeng.

Pembongkaran ini akan dilaunching pemda Manokwari bersama dengan pemerintah provinsi Papua Barat dan unsur Forkopimda.

Bupati Manokwari, Hermus Indou menyampaikan bahwa Pemprov Papua Barat dan Pemkab Manokwari bersama Forkopimda akan melakukan pembongkaran secara simbolis sebagai tanda dimulainya pembongkaran Pasar Sanggeng dan memastikan bahwa lahan pasar sanggeng siap untuk dibangun.

Selain itu juga akan dilakukan peresmian tempat Pemanfaatan pasar sementara yang dibangun sebagai tempat relokasi pedagang pasar Sanggeng Manokwari.

Bupati menyebut progres pembangunan pasar Sanggeng telah memasuki tahap lelang dari kementerian PUPR dan diharapkan bulan ini pengerjaan Pasar Modern Sanggeng mulai dikerjakan oleh kontraktor Pelaksana.

Baca Juga  Gandeng PWI Papua Barat, BI Gelar Lomba Jurnalistik untuk Umum dan Wartawan

“Secepatnya bisa berjalan dengan baik sehingga pasar Sanggeng ini bisa dikebut dan target untuk peresmian pasar Sanggeng yang baru pada semester pertama atau bulan Juni tahun depan itu bisa dilaksanakan oleh bapak presiden Joko Widodo dan Kementerian PUPR” harap Bupati.

Olehnya itu Bupati berharap dukungan dari masyarakat kabupaten Manokwari terlebih khusus dukungan dari masyarakat yang tinggal di wilayah Sanggeng dan juga para pedagang yang saat ini menempati pasar Sanggeng yang lama dan yang akan direlokasi untuk bisa rela meninggalkan tempat mereka dan mengosongkan tempat usahanya saat ini.

“Diharapkan untuk menempati pasar sementara yang sudah kita bangun yang secara bertahap nanti berelokasi di belakang kantor perbankan dan juga di jalan Percetakan Negara kabupaten Manokwari” kata bupati.

Baca Juga  Kadis Perindagkop Manokwari Tegaskan Los Penjualan Bukan Untuk Disewakan

Sedangkan Untuk proses pembangunan pasar Sanggeng akan dilaksanakan secara multiyear yakni di tahun 2023 dan tahun 2024.

Pada kesempatan yang sama kepala dinas Perindakop kabupaten Manokwari, Yan Ayomi Bitikaka menjelaskan bahwa launching pembongkaran Pasar Sanggeng dari pemilik aset yakni pemda Manokwari akan dilakukan besok dan semua bangunan akan diratakan.

Selain itu juga secara bersamaan akan dilaunching pemanfaatan pasar sementara dan pemda telah menyiapkan 700tenda darurat.

Untuk itu, pihaknya meminta agar pedagang yang akan menempati nantinya bisa kooperatif dalam mengalihfungsikan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah dan akan ditindak tegas jika dalam pemanfaatan disalagunakan yakni disewakan kembali ke orang lain.(KP-03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Seminar dan KKR Perkumpulan Perempuan Arfak Diharapkan Menjadi Nyonya di Negeri Sendiri

MANOKWARI

Bupati Hermus Lantik Pengurus Kerukunan Keluarga Buton Tengah (KKBT) Kabupaten Manokwari

MANOKWARI

Kemenkumham Sukses Pertahankan Predikat Badan Publik Informatif

MANOKWARI

Bupati Manokwari Melantik Pengurus DPD IKM Manokwari Periode 2022-2027

MANOKWARI

18 Parpol Ajukan Perubahan Rancangan DCT Ke KPU PB

MANOKWARI

Lantik Ketua dan Wakil Ketua STT Erikson Tritt Manokwari, Bupati Minta Daya Saing di Sektor Pendidikan Ditingkatkan

MANOKWARI

Setelah Mansinam, Prasabhara Polresta Manokwari Menanam Mangrove di Sowi Pantai

MANOKWARI

Dilantik Jadi Ketua Badan Pengurus STT Erikson- Tritt Manokwari, Hermus Indou Harap Kolaborasi Civitas Akademika Demi Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi