Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 15 Januari 2024 - 19:15 WIB

Peletakan Batu Pertama Kantor Distrik dan Peresmian Puskesmas Mokwan, Bupati Hermus : Ini Komitmen Kami

MANOKWARI,Kumparanpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou secara resmi meletakan batu pertama untuk Kantor Distrik Mokwam dan peresmian Puskesmas Mokwam, Senin (15/1/2024).

Pada peletakan batu pertama tersebut dihadiri Sekda Manokwari, Henri Sembiring, beberapa pejabat OPD Pemkab Manokwari dan jajaran forkompinda Manokwari.

“Distrik Mokwam adalah salah satu dari lima distrik pemekaran baru di Kabupaten Manokwari yang telah kita mekarkan akhir tahun 2023. Distrik Mokwam adalah pemekaran dari Distrik Warmare,” kata Hermus.

Hermus mengatakan, masyarakat telah menantikan kehadiran Distrik Mokwam selama 13 tahun yang menjadi perjuangan dari dua Bupati Manokwari sebelumnya yaitu Bastian Salabai dan Almarhum Demas Paulus Mandacan.

“Sudah lama kerinduan masyarakat Mokwam untuk memiliki pemerintahan distrik sendiri. Perjuangan dua bupati saya teruskan dan dengan berkat Tuhan, akhirnya distrik Mokwam bisa ada kali ini,” katanya.

Baca Juga  Bupati Manokwari Beri Bonus 100 Juta Kepada Fajar Fathurahman Top Skor Sea Games 2023

Ia mengatakan, pemekaran distrik implementasi dari program penataan daerah bawahan di Kabupaten Manokwari. Selain berhasil melakukan pemekaran lima distrik, Kabupaten Manokwari juga sedang memperjuangkan pemekaran 270 kampung.

“Dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia hanya Kabupaten Manokwari yang mendapatkan pemekaran distrik,” katanya.

Ia menjelaskan, tujuan utama pemekaran distrik adalah memperpendek rentang kendali pemerintahan. Pasalnya, Pemerintahan Distrik adalah garda terdepan untuk melayani masyarakat sehingga terjadi akselerasi pembangunan.

Pemkab Manokwari kata Hermus akan mendorong percepatan pembangunan distrik Mokwam karena daerah tersebut punya potensi sumber daya yang luar biasa. Menurutnya, potensi pariwisata dan pertanian di Mokwam akan mendorong pembangunan ekonomi di Kabupaten Manokwari.

Baca Juga  Survei Integritas Pejabat di Lingkup Pemda Manokwari Dinilai Rendah

“Pemekaran Distrik Mokwam adalah janji politik dari pemerintahan saya dan wakil bupati sehingga harus direalisasi sehingga pemerintah bisa dipercaya oleh masyarakat. Karena masyarakat hanya lihat bukti. Saat ini pemerintah sudah berikan bukti dan kita tidak butuh narasi panjang lebar agar masyarakat percaya,” katanya.

Sementara saat meresmikan Puskesmas Mokwam, Bupati Hermus mengatakan, Puskesmas Mokwam harus diperbaiki kualitas pelayanan. Pemkab Manokwari segera mengangkat kepala puskesmas dan perbaiki infrastruktur puskesmas seperti pembuatan pagar, rumah dokter dan rumah petugas kesehatan.

“Sehingga jika ada masyarakat yang sakit, bisa ditangani di Mokwam, masyarakat tidak perlu ke kota lagi,” pungkasnya (KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Tahun Ini Perpanjangan Runway Bandara Rendani Menjadi 2300 Meter

MANOKWARI

Pisah Sambut Kapolres Manokwari, Bupati Apresiasi Kinerja AKBP Parasian Gultom

MANOKWARI

Dies Natalis Ke-21 STIH Caritas Papua dan STIE Mah-Eisa Manokwari Ini Pesan Buat Mahasiswa

MANOKWARI

Yayasan Indah Pelangi Papua Gelar Kegiatan Seminar dan Sosialisasi Bahaya Narkoba, Miras dan Pergaulan Bebas

MANOKWARI

Wakil Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat Turun Reses Serap Aspirasi Rakyat

MANOKWARI

Bunda PAUD Manokwari Gelar Sejumlah Lomba Peringati HAN, Bupati : Pendidikan Anak Tanggungjawab Bersama 

MANOKWARI

Kadis Perindagkop Manokwari Tegaskan Los Penjualan Bukan Untuk Disewakan

MANOKWARI

Buka Rakor SAR Daerah dan Pelatihan Teknis, Fonataba Harap Hasilkan SDM Berkualitas dan Handal