Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:24 WIB

Pekan Pembayaran PBB dan Launching Noken Payment Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak 

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Bupati Manokwari, membuka Pekan Pembayaran PBB dan Launching Noken Payment menjelang HUT Manokwari ke-125, yang dimulai 31 Oktober hingga 2 November, bertempat di ruang sasaran karya, Selasa (31/10/2023).

Kegiatan yang diinisiasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Manokwari dibuka oleh Bupati Manokwari, Hermus Indou bersama Kepala Bapenda Sius Yenu, Sekda Manokwari, Henri Sembiring dan Deputi Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, James Lumbantobing.

Bupati Manokwari, Hermus Indou mengatakan, retribusi daerah Kabupaten Manokwari menjadi satu fokus dari pemerintah Kabupaten Manokwari yang dilakukan secara berkelanjutan dan diwajibkan bagi setiap warga masyarakat.

“Kita mencoba untuk mengoptimalkan apa yang ada di Kabupaten ini dengan potensi pajak dan retribusi kita yang belum dioptimalkan”, tambahnya.

Baca Juga  FGD Kabupaten Manokwari, Sekda Harap Peran Aktif dalam Menghasilkan Kesepakatan Bersama

Pekan pembayaran PBB ini juga merupakan momen awal selaku aparatur sipil negara untuk memberikan contoh pada masyarakat dalam membayar.

“Saya mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dan segera melakukan pelunasan kewajiban, agar capaian realisasi penerima PAD dapat terealisasi dalam rangka peningkatan pelayanan pembayaran”, ajak Bupati.

Dirinya berharap, seluruh masyarakat Kabupaten Manokwari dapat mengakses layanan ini sehingga pembayaran pajak daerah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan metode QRIS dan virtual akun.

Kepala Bapenda Manokwari, Sius Yenu menyampaikan, dengan pendekatan layanan penerimaan dan pembayaran pajak ini memudahkan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban membayar pajak sehingga berpengaruh kepada tingkat kepatuhan wajib pajak.

“Manokwari terus berinovasi dengan digitalisasi penerimaan pembayaran, bekerjasama dengan mitra Bapenda”, ujarnya.

Baca Juga  Bupati Melepas 171 Calon Jamaah Haji Kabupaten Manokwari Tahun 14445 H/2024 M 

Noken payment ini adalah inovasi dari pemerintah daerah Kabupaten Manokwari terkait penggunaan platform pembayaran QRIS dan virtual account dilakukan baru pertama kali di Papua Barat yaitu Manokwari.

“Kami harapkan dapat meningkatkan tingkat kepatuhan dari wajib pajak untuk dapat membayar pajak untuk seluruh pajak jadi kapan saja dan di mana saja kita bisa membayar pajak”, jelas Yenu.

Aplikasi Noken Payment, bisa di download di play store, atau mencari pada website*Bapendamanokwakab.online*, untuk membayar PBB, pajak restoran dan pajak lainnya secara online dan mudah.

Aplikasi ini disiapkan untuk mendekatkan pembayaran pajak bumi dan bangunan agar dimana dan kapanpun masyarakat bisa membayar pajak juga meningkat pajak daerah. (KP-03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Bupati Hermus Buka Turnamen Warmare Cup II, 40 Tim Siap Berlaga

MANOKWARI

Pemda Manokwari Akan Terbitkan Perda Penggunaan Noken di Pusat Perbelanjaan Gantikan Kantong Plastik

MANOKWARI

Safari Ramadhan, Bupati Manokwari Mengajak Umat Muslim Menjalani Ibadah Puasa dengan Keikhlasan

MANOKWARI

Bupati Hermus Resmikan Kantor MD GPKI Griffiths Syoribo

MANOKWARI

DPD KNPI Papua Barat Dukung Waterpau Lanjutkan Pj Gubernur

MANOKWARI

Ekspos Potensi Sekolah, SMK Negeri 3 Manokwari Gelar Expo to Explore
Bupati Manokwari,Hermus Indou(Foto :Kp03/Kumparanpapua.com

MANOKWARI

Efisienkan Anggaran, ASN di Pemda Manokwari Akan Didata Kembali

MANOKWARI

Bupati Manokwari Membuka Kegiatan Dies Natalis STT Erikson Tritt Manokwari Ke 65