Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:24 WIB

Pekan Pembayaran PBB dan Launching Noken Payment Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak 

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Bupati Manokwari, membuka Pekan Pembayaran PBB dan Launching Noken Payment menjelang HUT Manokwari ke-125, yang dimulai 31 Oktober hingga 2 November, bertempat di ruang sasaran karya, Selasa (31/10/2023).

Kegiatan yang diinisiasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Manokwari dibuka oleh Bupati Manokwari, Hermus Indou bersama Kepala Bapenda Sius Yenu, Sekda Manokwari, Henri Sembiring dan Deputi Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, James Lumbantobing.

Bupati Manokwari, Hermus Indou mengatakan, retribusi daerah Kabupaten Manokwari menjadi satu fokus dari pemerintah Kabupaten Manokwari yang dilakukan secara berkelanjutan dan diwajibkan bagi setiap warga masyarakat.

“Kita mencoba untuk mengoptimalkan apa yang ada di Kabupaten ini dengan potensi pajak dan retribusi kita yang belum dioptimalkan”, tambahnya.

Baca Juga  OMK se-TPW Manokwari Menanam Mangrove Dukung Program Manokwari “Kota Hijau”

Pekan pembayaran PBB ini juga merupakan momen awal selaku aparatur sipil negara untuk memberikan contoh pada masyarakat dalam membayar.

“Saya mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dan segera melakukan pelunasan kewajiban, agar capaian realisasi penerima PAD dapat terealisasi dalam rangka peningkatan pelayanan pembayaran”, ajak Bupati.

Dirinya berharap, seluruh masyarakat Kabupaten Manokwari dapat mengakses layanan ini sehingga pembayaran pajak daerah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan metode QRIS dan virtual akun.

Kepala Bapenda Manokwari, Sius Yenu menyampaikan, dengan pendekatan layanan penerimaan dan pembayaran pajak ini memudahkan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban membayar pajak sehingga berpengaruh kepada tingkat kepatuhan wajib pajak.

“Manokwari terus berinovasi dengan digitalisasi penerimaan pembayaran, bekerjasama dengan mitra Bapenda”, ujarnya.

Baca Juga  Antropologi UNIPA Gelar Diskusi Publik dan Launching Buku Budaya Pendidikan Berpola Asrama di Papua 

Noken payment ini adalah inovasi dari pemerintah daerah Kabupaten Manokwari terkait penggunaan platform pembayaran QRIS dan virtual account dilakukan baru pertama kali di Papua Barat yaitu Manokwari.

“Kami harapkan dapat meningkatkan tingkat kepatuhan dari wajib pajak untuk dapat membayar pajak untuk seluruh pajak jadi kapan saja dan di mana saja kita bisa membayar pajak”, jelas Yenu.

Aplikasi Noken Payment, bisa di download di play store, atau mencari pada website*Bapendamanokwakab.online*, untuk membayar PBB, pajak restoran dan pajak lainnya secara online dan mudah.

Aplikasi ini disiapkan untuk mendekatkan pembayaran pajak bumi dan bangunan agar dimana dan kapanpun masyarakat bisa membayar pajak juga meningkat pajak daerah. (KP-03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

10 Bacalon DPD RI Dinyatakan Lolos Verifikasi Administrasi Kedua Oleh KPU Papua Barat

MANOKWARI

Kemenkumham Sukses Pertahankan Predikat Badan Publik Informatif

MANOKWARI

Pemprov Pabar Beri Penghargaan Bagi 3 Kabupaten, Manokwari Terbaik 1 Kategori Upaya Percepatan Penurunan Stunting

MANOKWARI

Bupati Hermus : Pilar Pemerintahan yang Kuat Hadirkan Keberagaman Suku di Manokwari
Clinton Tallo,Kandidat Kuat Ketua Pertina Provinsi Papua Barat (Foto : KP2/Kumparanpapua.com)

MANOKWARI

Clinton Tallo, Calon Kuat Pimpin Kembali Pertina Papua Barat 

MANOKWARI

Hadiri Temu Raya Majelis Jemaat GKI Se Klasis Manokwari, Bupati Harap Dapat Membangun Kapasitas

MANOKWARI

Bupati Manokwari Resmikan 5 Gazebo Baca 

MANOKWARI

Imigrasi Manokwari dan Imigrasi Sorong Layani 102 Pemohon Selama Membuka Program Layanan Paspor Simpatik