Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 25 September 2023 - 17:36 WIB

Papua Barat Jadi Tuan Rumah FORDASI, Pj Gubernur Ungkap Rakor Bahas Isu Strategis dan Solusi Daerah Desentralisasi

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Provinsi Papua Barat menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (FORDASI) Daerah Khusus dan Istimewa Tahun 2023.

Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw menyampaikan, Rakor Fordasi yang akan berlangsung tanggal 26 – 27 September 2023 membahas sejumlah kerjasama antar daerah.

Pertemuan 9 Gubernur tersebut untuk menkongkretkan isu strategis dan konsep dari masing-masing daerah yang akan dituangkan dalam pernyataan bersama/deklarasi atas kebijaksanaan negara pada daerah desentralisasi.

Berbagai isu strategis itu diantaranya; Upaya mengendalikan inflasi, Menangani stunting, Kemiskinan, Meningkatan daya saing di daerah, Peningkatan UMKM, dan Peningkatan Ketahanan Bahan Pangan.

Baca Juga  Kampung Soribo Manokwari, Akan Jadi Pilot Project Kampung Anti Korupsi

“Daerah yang maju kita sharing disini kita kerja sama untuk manfaatkan keistimewaan kita. Misalnya kita akan belajar banyak dari Yogyakarta bagaimana UMKM mereka sangat maju dan berkembang,” jelas Waterpauw sembari mengatakan diskusi itu akan dipandu para dirjen dari Kemendagri dan kementerian terkait.

Waterpauw mengharapkan dukungan dari seluruh pihak sehingga program nasional ini memberikan kemaslahatan.

“Apa yang kita lakukan mungkin belum berpengaruh besar, namun kami terus berupaya dalam berbagai aspek yang tujuannya tentu untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya kepada wartawan, Senin (25/9).

Rapat Koordinasi Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (FORDASI) Daerah Khusus dan Istimewa Tahun 2023 rencananya akan dibuka oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Wempi Wetipo dihadiri 9 Gubernur/perwakilan yakni Provinsi Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, D.I Jakarta, D.I Yogjakarta dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Baca Juga  Bupati Manokwari Melantik 141 Pejabat Eselon III dan IV Serta 7 Dokter Ahli Utama

Diketahui, sebanyak 132 peserta delegasi dipastikan menghadiri Rapat Koordinasi Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (Fordasi)dimana delegasi terbanyak dari DKI Jakarta dengan 26 delegasi.

Kegiatan ini dibuka lagsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, Wempi Wetipo , sementara seminar akan digelar Rabu, 27 September 2023 di Auditorium PKK.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

1 Jemaah Haji Papua Barat asal Manokwari meninggal Dunia di Arab Saudi

MANOKWARI

Pemilu 2024, KPU Papua Barat Tetapkan DPS
Ratusan warga hadiri Tasyakuran, Hari Ulang Tahun ke-II Paguyuban Keluarga Besar Grobogan, Kabupaten Manokwari (Foto : KP02/Kumparanpapua.com)

MANOKWARI

Gelar Tasyakuran, Hari Ulang Tahun ke-II Paguyuban Keluarga Besar Grobogan, Siswanto : Mohon Dukungan Warga 

MANOKWARI

Wonggor : DPRPB dan MRPB Segera Layangkan Surat Penolakan Pemberlakuan PMK 206

MANOKWARI

OMK se-TPW Manokwari Menanam Mangrove Dukung Program Manokwari “Kota Hijau”

MANOKWARI

Resmikan SPBU DODO, Bupati Harap Kebutuhan BBM Nelayan di Manokwari Terpenuhi

MANOKWARI

Luncurkan Pusat Informasi Pariwisata di Bandara Rendani, Bupati Hermus : Penghubung Wisatawan dan Pariwisata 

MANOKWARI

Bupati Hermus Indou Resmikan gedung GPI Jalan Suci Jemaat Rehobot Prafi Manokwari