Home / MANOKWARI / Papua Barat

Kamis, 18 April 2024 - 12:05 WIB

Meriahkan HUT Ke -44 Tahun 2024, Dekranasda Kabupaten Manokwari Menggelar Kegiatan Pameran dan Dance Temporer

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Dekeanasda yang ke 44 tahun 2024, Dekranasda Kabupaten Manokwari menggelar kegiatan Pameran UMKM pangan dan Non Pangan, lomba Yospan dan lomba Fashion Show.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Manokwari Hermus Indou  yang didampingi oleh Ketua Dekranasda Manokwari, Ny. Febelina Indou di tandai dengan Pemukulan tifa di Manokwari City Mall, kamis (18/4/2024).

Ketua Dekranasda Kabupaten Manokwari, Ny. Febelina Indou
Ketua Dekranasda Kabupaten Manokwari, Febelina Indou

Ketua Dekranasda, Febelina Indou dalam laporannya menjelaskan bahwa kemajuan suatu daerah ditentukan oleh kreativitas daerah itu dalam mengelolah potensi sumber dayayang dimilikinya dan memanfaatkan kesempatan yang tersedia .

Menurutnya, kreativitas yang dimaksud bersumber dari akar budaya daerah tersebut semakin besar keanekaragaman budaya suatu daerah akan semakin besar potensi kreativitas yang terdapat pada daerah itu dan semakin besar pula potensinya untuk maju berkembang dalam persaingan Global .

Sebagai Kabupaten yang majemuk yang masing-masing di dalamnya memiliki adat istiadat seni budaya dan bahasa yang khas yang merupakan sumber untuk tumbuh dan berkembangnya kreativitas.

Dan salah satu cabang seni budaya yang tumbuh dan berkembang secara gratis dan dinamis adalah seni karya atau seni kerajinan produk seni telah berperan secara nyata dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat secara luas mengingat perannya yang sangat penting dan strategis serta potensinya sangat besar untuk meningkatkan kreativitas secara dinamis sehingga perlu digali dilestarikan diminati dan didorong pertumbuhan serta perkembangannya.

Baca Juga  Ketua TP PKK Kabupaten Manokwari Tegaskan Kasus Stunting di Distrik Warmare Bisa Ditangani

Febelina menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan sarana pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan produk serta mempromosikannya, tidak hanya tentang produk saja profil usaha juga penting untuk diedukasikan kepada masyarakat Manokwari dalam hal ini pengunjung .

“Kegiatan ini adalah untuk menciptakan Citra pengusaha yang baik untuk menentukan ketertarikan dan juga loyalitas konsumen pada sebuah produk dan juga membuka peluang dan membangun kerjasama bisnis” Terangnya.

Adapun Peserta kegiatan pameran dan lomba peserta yang berpartisipasi pada kegiatan pameran merupakan pelaku UMKM pangan dan non pangan yang merupakan kelompok pembinaan deklarasi Kabupaten Manokwari yang akan mengisi 20 Both.

Bupati Manokwari,Hermus Indou
Bupati Manokwari,Hermus Indou

Sementara itu, Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya menyampaikan bahwa mengapresiasi kepada stakeholder umtuk mengabdikan diri untuk perkembangan pembangunan di Manokwari.

Secara khusus kepada mitra strategis Pemerintah Kabupaten Manokwari yang senantiasa berkomitmen dan secara berkelanjutan bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk membina seluruh generasi muda dalam seluruh potensi-potensi yang dimiliki oleh para generasi muda terutama dalam aspek pembinaan kebudayaan daerah di kabupaten Manokwari.

Menurutnya, partisipasi aktif dan seluruh pihak untuk pembangunan di Kabupaten Manokwari sangatlah kompleks dan luas karena itu tidak bisa pemerintah berjalan sendiri untuk menyelenggarakannya sendiri namun k butuh untuk berpartisipasi bersama-sama memajukan pembangunan di kabupaten ini.

Baca Juga  Stasi St. Antonius Jagiro Tahun 2025 Jadi Pusat Temu Orang Muda Katolik Paroki St. Yohanes Bintuni, 

“Kegiatan ini menjadi wadah yang sangat positif sebagai strategi pasar bagi para pelaku UMKM dan apresiasi bagi pelaku usaha yang telah berjuang untuk memproduksi hasil-hasil karyanya dan memasarkannya karena tempat ini dapat membantu untuk mempromosikan seluruh produk-produk yang akan berdampsk pada peningkatan ekonomi” Jelas Bupati.

Pihaknya berharap Kedepan tidak ada ketimpangan dalam kontribusi pertumbuhan ekonomi makro sehingga investasi dalam skala yang besar dan lain sebagainya akan merujuk kepada eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam.

“Kita pastikan bahwa pertumbuhan ekonomi bisa bertumbuh secara adil dan merata dan dikontribusikan juga oleh sektor UMKM dengan kualitas produksi juga aspek pemasarannya sehingga produk yang dihasilkan bisa bertumbuh secara positif dengan baik dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi” Harap bupati.

“Khusus untuk lomba yospan, kontemporer dan fashion show, inilah bagian dan upaya kita bersama-sama untuk memproteksi seluruh generasi muda yang memiliki potensi seni budaya tidak boleh dipendam namun harus dikembangkan sehingga bisa membanggakan daerah ini” Sambungnya.

Bupati mengajak semua pihak untuk menjadikan generasi muda sebagai tongkat estafet kepemimpinan tapi juga estafet pembangunan dan memastikan generasi muda akan menerima tongkat estafet dengan baik untuk melanjutkan Seluruh aktivitas pembangunan di Kabupaten Manokwari.(KP/03)

Share :

Baca Juga

Ratusan warga hadiri Tasyakuran, Hari Ulang Tahun ke-II Paguyuban Keluarga Besar Grobogan, Kabupaten Manokwari (Foto : KP02/Kumparanpapua.com)

MANOKWARI

Gelar Tasyakuran, Hari Ulang Tahun ke-II Paguyuban Keluarga Besar Grobogan, Siswanto : Mohon Dukungan Warga 

MANOKWARI

HUT Ke-52 Basarnas Tahun 2024, Kantor SAR Manokwari Gelar Upacara Bersama

MANOKWARI

Buka Pelatihan IT, Bupati Hermus Indou Mengapresiasi Peran Aktif Bunda PAUD di Sektor Pendidikan

KESEHATAN

PPKM Dicabut, Wabup Manokwari Imbau Warga Tetap Hati-Hati
Ketua DPR-PB, Orgenes Wonggor (Foto : KP04/Kumparanpapua.com)

MANOKWARI

DPR Papua Barat Bahas RAPBD-P 2023, Senin Pekan Depan 

MANOKWARI

Balon DPD RI Dapil PB, Lamek Dowansiba Daftar Ke KPU

MANOKWARI

Ini Sejumlah Rekomendasi Dewan Terhadap LKPJ Bupati 

MANOKWARI

Lima OPD dan Dua UPT di Kabupaten Manokwari Raih Penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat