Home / MANOKWARI / Papua Barat

Jumat, 13 Oktober 2023 - 17:11 WIB

Luncurkan Pusat Informasi Pariwisata di Bandara Rendani, Bupati Hermus : Penghubung Wisatawan dan Pariwisata 

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- Bupati Manokwari, Hermus Indou melaunching Pusat Informasi Pariwisata TIC (Tourism Information Center) dan Lounge JM Trasindo, di Bandar Udara Rendani Manokwari, Jumat (13/10/2023).

Bupati dalam sambutannya menyambut baik peresmian fasilitas Pusat Informasi Pariwisata TIC (Tourism Information Center) dan Lounge JM Trasindo agar dapat lebih memberikan banyak informasi kepada para wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara bahkan wisatawan lokal kita yaitu penduduk atau warga masyarakat kota Manokwari itu sendiri mereka dapat memperoleh informasi perihal segala potensi dan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Manokwari.

Pihaknya berharap bahwa kehadiran Pusat Informasi Pariwisata dan Biro Wisata akan berimplikasi kepada kerjasama yang baik antara pelaku usaha pariwisata Manokwari sehingga akan berdampak positif terhadap majunya sektor pariwisata dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya Bupati Manokwari juga menjelaskan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sektor berpotensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dengan banyaknya potensi pariwisata budaya dan ekonomi kreatif yang sangat layak untuk dikunjungi dan dinikmati oleh seluruh masyarakat.

“Hal ini didukung dengan adanya pelaku usaha wisata yang terus melakukan inovasi pariwisata sehingga terciptalah objek wisata yang menarik disamping wisata religius Pulau Mansinam yang merupakan daya tarik wisata sejarah yang dimiliki oleh Kabupaten Manokwari,” ujar Bupati Hermus.

Oleh karena itu promosi potensi pariwisata baik yang sudah dikembangkan maupun masih menjadi tahapan perencanaan pengembangan akan terus-menerus dipromosikan oleh pemerintah Kabupaten Manokwari dan berbagai stakeholder lainnya guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Manokwari.

Baca Juga  LMA Papua Barat Tolak Penunjukan karateker LMA PBD oleh Lenis Kogoya

Bupati Manokwari juga berharap dengan kehadiran JM Trasindo kiranya dapat mendongkrak sektor usaha wisata yang lain dan mendorong jasa-jasa wirausaha lainnya untuk menjalin kesepahaman dan wawasan yang dapat terkait objek wisata yang ada di Kabupaten Manokwari.

“Kehadiran Biro wisata pada kesempatan ini tentu saya berharap dapat mendongkrak kembali kunjungan wisatawan di Kabupaten Manokwari yang akan diikuti dampak pertumbuhan ekonomi daerah secara positif,” Harap Bupati.

Pada kesempatan itu juga Bupati Manokwari, Hermus Indou mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Badan Otoritas Bandar Udara Rendani dan Kepala BLU UPBU kelas 2 Rendani dan segenap stakeholder yang telah memberikan dukungan atas berjalannya kegiatan ini.

“Sinergitas yang sudah terjalin ini saya berharap kita bina seterusnya guna menunjukkan geliat pariwisata ekonomi, sebab bagaimanapun kita ketahui bersama-sama bahwa begitu banyak potensi pariwisata yang harus terus kita jalin sehingga bersama-sama mari kita bangun pariwisata di Kabupaten Manokwari,” harapnya.

Bupati juga berpesan kepada dinas Pariwisata ekonomi kreatif dan kebudayaan dan mitra kerjanya untuk selalu berupaya maksimal kolaborasi guna mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Manokwari jauh lebih baik lagi ke depan ke Kancah internasional.

Kepala BLU UPBU Kelas II Bandara Rencana Manokwari, Havandi Gusli menyampaikan bahwa dengan adanya TIC ini selayaknya menjadi suatu langkah yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak transportasi pariwisata dan segala hal yang sifatnya UMKM maupun kuliner untuk membangun kota Manokwari dan Papua Barat ini dari unsur bisnis dan pariwisatanya sehingga akan berdampak kepada jumlah penerbangan yang ada di bandara kita ini.

Baca Juga  Buka Muswil Ke IV LDII Papua Barat Akan Bahas Delapan Program Strategi

“Perkembangan bandara merupakan suatu gambaran cerminan suatu kota, kami pribadi menganggap seperti itu karena ini merupakan suatu langkah motivasi bagi kami untuk kiranya bandara bisa berkembang yang merupakan suatu cerminan bagi kita semua bagus tidaknya bandara merupakan suatu cerminan, bagus tidaknya suatu kota karena dia adalah suatu pintu yang harus kita kembangkan. Dimana bandara menjadi gula-gula bagi kita semua menjadi suatu penarik bagi semua pihak untuk melakukan persaingan secara sehat yang kiranya berdampak secara perekonomian secara baik kepada seluruh masyarakat Manokwari” jelas Havandi Gusli.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manokwari, Evalina Butar-butar dalam laporannya

Menyampaikan bahwa untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan hubungan kemitraan yang baik dengan masyarakat maupun dunia usaha di bidang pariwisata maka diperlukan pembentukan dan pengelolaan Tourism Information Center atau (TIC).

Menurutnya, adanya proses informasi yang dilakukan tidak terlepas dari fungsi manajemen yang dilaksanakan dalam mencapai tujuan yaitu suatu bentuk kerja yang melekat dalam proses manajemen yang akan menjadi acuan dalam mengupayakan kemajuan pariwisata maka diperlukan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Informasi dalam dunia pariwisata diartikan sebagai data atau informasi yang dikomunikasikan pada wisatawan dalam bentuk media informasi” Ungkap Evalina.

Diharapkan TIC dapat memberikan lebih banyak informasi perihal segala potensi dan destinasi wisata di Kabupaten Manokwari kepada wisatawan baik wisatawan nusantara, wisatawan mancanegara bahkan wisata lokal di kota Manokwari. (KP-03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Bupati : Pemda Manokwari Anggarkan Rp.60 Milyar Untuk Pemilu 2024

MANOKWARI

Hasilkan Data Akurat, Dinas Gelar Sinkronisasi Data Statistik Perkebunan ATAP 2022

MANOKWARI

Bupati Manokwari Lepas 175 Calon Jamaah Haji 

Papua Barat

Freeport Akan Bangun Smelter di Fak-Fak Provinsi Papua Barat

MANOKWARI

Antropologi UNIPA Gelar Diskusi Publik dan Launching Buku Budaya Pendidikan Berpola Asrama di Papua 

MANOKWARI

Bupati Hermus Buka Turnamen Warmare Cup II, 40 Tim Siap Berlaga

MANOKWARI

Kejurda Balap Motor Road Race Piala Gubernur Papua Barat Digelar

MANOKWARI

Bupati Manokwari Resmikan Gedung Rehabilitasi dan Renovasi Prasarana SMP Negeri 2