Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 3 Juni 2024 - 16:06 WIB

Layanan Administrasi BPJS Kesehatan Kini dalam Genggaman dengan Mobile JKN

MANOKWARI, Kumparanpapua.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berinovasi untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pesertanya dalam mengakses layanan kesehatan.

Salah satu inovasi terkini adalah aplikasi Mobile JKN, yang memungkinkan peserta mengurus administrasi BPJS Kesehatan dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan administrasi peserta, mulai dari pendaftaran, perubahan data, penambahan anggota keluarga hingga pengecekan tagihan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari dr. Dwi Sulistyono Yudo menyatakan bahwa aplikasi Mobile JKN adalah langkah strategis dalam mendigitalisasi layanan BPJS Kesehatan.

“Kami memahami bahwa di era digital ini, kemudahan akses menjadi sangat penting. Oleh karena itu, kami menghadirkan Mobile JKN sebagai solusi untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan efisien kepada peserta. Aplikasi ini memungkinkan peserta mengurus berbagai keperluan administrasi tanpa harus datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan,” ujar Dwi

Dwi mengatakan aplikasi Mobile JKN menyediakan berbagai fitur-fitur yang sangat membantu peserta dalam mengurus administrasi BPJS Kesehatan, tanpa harus berkunjung ke kantor.

Baca Juga  Perindo Dukung Bupati Periode Kedua, Ini Jawaban Hermus Indou

“Melalui aplikasi Mobile JKN, Peserta dapat melakukan pendaftaran baru atau perubahan data kepesertaan dengan mudah, mengecek tagihan bulanan, informasi lengkap mengenai fasilitas kesehatan terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan juga peserta dapat melihat riwayat kunjungan ke fasilitas kesehatan” Ucap Dwi

Dwi juga mengatakan pada aplikasi Mobile JKN terdapat Kartu KIS Digital yang dapat digunakan peserta ketika berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ataupun Fasilitas Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)

“kartu KIS secara digital dapat diakses dengan mudah oleh peserta melalui aplikasi ini , sehingga tidak perlu khawatir ketika berobat tidak membawa kartu fisik, cukup tunjukan KIS digital atau bisa juga menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) sudah bisa mendaptkan pelayanan di fasilitas kesehatan” tutur Dwi

Selain itu, aplikasi Mobile JKN memberikan banyak manfaat bagi peserta, salah satunya Arifah Ariastuti merupakan warga asal manokwari yang sering memanfaatkan aplikasi Mobile JKN, Arifah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan sejak tahun 2018 dan terdaftar sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)

Baca Juga  Bupati Dorong PMI Gencar Sosialisasi

“Saya yang terdaftar pada segmen PBPU yang harus rutin setiap bulan melakukan pembayaran iuran, terkadang saya lupa kapan terakhir melakukan pembayaran dan berapa tagihan saya setiap bulannya, melalui aplikasi Mobile JKN saya bisa mengecek semua itu secara mandiri tanpa harus berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan, Prosesnya cepat dan sangat praktis.” Ucap Arifah

Arifah memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan atas inovasi aplikasi Mobile JKN yang memberikan kemudahan dalam mengakses layanan administrasi dari mana saja dan kapanpun.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas kemudahan-kemudahan layanan administrasi, sehingga saya dapat menghemat waktu dan tenaga dan mendapatkan layanan administrasi yang lebih efisien dan nyaman” ucap Arifah. (KP/Rls)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Aisyiyah PB Diharapkan Ikut Berperan Percepatan dalam Penurunan Stunting

MANOKWARI

HUT Ke- 3 Tahun KPK- M, Bupati Hermus Minta Legalitas Pedagang Didaftarkan

MANOKWARI

Pemkab Manokwari Berangkatkan 36 orang Rohani Menuju Israel

Papua Barat

Mubes IV Suku Arfak, Pj Gubernur Papua Barat Harap Dapat Menghasilkan Ide dan Gagasan Bangun Tanah Papua

MANOKWARI

Gandeng PWI Papua Barat, BI Gelar Lomba Jurnalistik untuk Umum dan Wartawan

MANOKWARI

Milad Ke-16 Tahun, Pemda Manokwari Mou Bersama STKIP Muhammadiyah Manokwari

MANOKWARI

Diduga Terjadi Penggelembungan Suara di Fak-fak, KPU Papua Barat Tunda Pleno Rekapitulasi 

MANOKWARI

Diduga Penculik Anak, Seorang Wanita Dibakar Warga