Home / MANOKWARI / Papua Barat

Kamis, 25 Januari 2024 - 14:53 WIB

Lantik 2541 KPPS di Distrik Manokwari Barat dan Timur, Ketua KPU Manokwari Pesan Kerja Profesional

MANOKWARI,Kumparanpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Se- Kabupaten Manokwari, Kamis (25/01/2024).

Di Kabupaten Manokwari, Pelantikan dilaksanakan pada lima (5) titik yakni di GOR Sanggeng, Balai Diklat Anday, Distrik Tanah Rubuh, Distrik Manokwari Utara dan Lapangan Aimasi Prafi.

Untuk Wilayah Distrik Manokwari Barat dan Distrik Manokwari Timur, Pelantikan berlangsung di Gor Sanggeng Manokwari.

Adapun jumlah KPPS yang dilantik untuk Manokwari Barat sebanyak 2261 orang dan Manokwari Timur 280 orang. Sementara jumlah keseluruhan yakni sebanyak 4711 yang tersebar di 673 TPS di Kabupaten Manokwari.

Ketua KPU Manokwari, Christine Rumkabu
Ketua KPU Manokwari, Christine Rumkabu

Ketua KPU Kabupaten Manokwari, Christine Ruth Rumkabu menjelaskan bahwa Pelantikan KPPS merupakan tahapan penyelenggaraan pemilu untuk melancarkan pesta demokrasi demi kepentingan bangsa dan negara.

Baca Juga  Festival Teluk Doreh Akan Dimeriahkan dengan Ajang Lomba dan Pameran

“Untuk itu kita membutuhkan penyelenggara pemilu yang bekerja profesional, independen dan berintegritas, salah satunya yaitu Bapak Ibu sekalian anggota KPPS yang baru saja dilantik hari ini“, ungkapnya.

Menurutnya, KPPS merupakan ujung tombak yang berperan strategis maka dari itu pengambilan sumpah dan janji itu harus bertanggung jawab untuk mengawasi, tetapi juga untuk melaksanakan tahapan perhitungan suara dan perolehan hasil yang akan dilaksanakan di tingkat TPS.

“Pelaksanakan Pemilu 2024 di Kabupaten Manokwari di 673 TPS dengan 4.711 KPPS kita komitmen bersama-sama bahwa tidak ada pemungutan suara ulang, itu menjadi tekad kita bersama”, harapnya.

Bupati Manokwari,Hermus Indou
Bupati Manokwari,Hermus Indou

Sementara itu, Bupati Manokwari, Hermus Indou,mengapresiasi KPU Provinsi maupun Kabupaten Manokwari yang bekerja secara konsisten sesuai dengan tahapan penyelenggaraan pemilu untuk memastikan Kabupaten Manokwari tidak sedikitpun mengabaikan tugas konstitusinya dalam penyelenggaraan pemilihan umum 2024.

Baca Juga  8 Pelayan Jemaat Yerusalem GPI Jalan Suci Manokwari Dikukuhkan Tim Rasuli Tanah Papua

Lebih lanjut Hermus mengatakan, Pelantikan anggota KPPS hari ini berarti terjadi pendelegasian wewenang dari pemerintah daerah dan penyelenggara kepada anggota yang sudah dilantik untuk melaksanakan Pemilihan Umum tahun 2024.

“Artinya, suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2024 sangat ditentukan antara lain oleh peran aktif dan juga kerja profesional dan juga kerja baik dari anggota KPPS yang hari ini sudah dilantik”, katanya.

Dirinya berpesan kepada anggota KPPS bahwa sebagai anggota KPPS harus bekerja berdasarkan amanat konstitusi atau regulasi dan seluruh peraturan pelaksanaannya jangan sampai menyimpan ke kiri atau ke kanan dan juga Sebagai anggota KPPS wajib memberikan informasi yang baik kepada seluruh rakyat yang memiliki hak suara yang tercantum dalam DPT. (*/KP03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

DPMK Gelar Pelatihan Tata Cara Penetapan Batas Kampung dan Peta Kampung Induk dan Pemekaran di Manokwari

MANOKWARI

Musrenbang Otsus, Waterpauw Pesan Persoalan IPM, Kemiskinan Ekstrem dan Stunting

MANOKWARI

Jadi Tuan Rumah Pemilihan Putri Citra Indonesia Ke 37 Tahun 2023, Febelina Bangga Utusan Papua Barat Sabet Juara 1 

MANOKWARI

KPU Gelar Rapat Koordinasi Pemantapan Persiapan Menuju Pemilu di Kabupaten Manokwari

MANOKWARI

Pemungutan Suara Ulang di 7 TPS Distrik Manokwari Barat Dikawal ketat

MANOKWARI

Ketua PN Manokwari IB, Apresiasi Prestasi Luar Biasa yang Diraih Hakim PN Manokwari IB atas Gelar Doktor dengan Predikat CUMLAUDE dari UNHAS

MANOKWARI

KPU PAPUA BARAT MENERIMA PERBAIKAN DOKUMEN SYARAT CALON SELAMA 6 HARI

MANOKWARI

Buka Musrenbang Otsus, Waterpauw Tekankan Penggunaan Anggaran Tepat Sasaran