Home / Uncategorized

Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:17 WIB

Kunjungi Mahkamah Agung RI, Pj Gubernur Papua Barat Sampaikan Ini

JAKARTA,Kumparanpapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Komjen Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, melakukan kunjungan ke Mahkamah Agung RI dan di terima langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. jumat (6/10/2023).

Pada pertemuan tersebut juga hadir Hakim Agung Drs. MUHAMMAD YUNUS WAHAB, S.H., M.H.dan Ketua Pengadilan Negeri IB Manokwari, Berlinda Ursula Mayor, S.H., L.L.M., M.I.R.

Melalui pertemuan tersebut PJ Gubernur Papua Barat yang juga Ketua Asosiasi Gubernur se-tanah Papua menyampaikan beberapa hal yaitu sehubungan dengan adanya pemekaran di tanah Papua yang diharapkan adanya pembentukan Pengadilan-Pengadilan baru di Kabupaten-Kabupaten baru tersebut.

Selain itu PJ Gubernur juga memohon kepada Ketua Mahkamah Agung kiranya di dalam penerimaan CPNS maupun Calon Hakim di lingkungan Mahkamah Agung agar Mahkamah Agung juga dapat memprioritaskan Putera-puteri Papua dalam penerimaan sebagai CPNS maupun Calon Hakim tersebut.

PJ Gubernur juga menyampaikan Pemerintah Papua Barat maupun Pemerintah di tanah Papua juga sangat mendukung agar Putera-Puteri Papua juga bisa di rekrut sebagai Hakim melalui program Hakim Otsus yaitu Program bantuan dari dana Otsus yang mana sudah di lakukan di beberapa instansi lainnya seperti di TNI dan POLRI.

Baca Juga  Dinilai Layak Pimpin Dispora PB, Samy Saiba: Serahkan pada Tuhan dan Bapak Gubernur

Menanggapi itu, Ketua Mahkamah Agung sangat mengapresiasi kedatangan PJ Gubermur Papua Barat. Pertemuan tersebut di fasilitasi oleh Hakim Agung Dr. Drs.MUHAMMAD YUNUS WAHAB, S.H., M.H, sekaligus menjadi ajang reuni dengan PJ Gubernur Papua Barat yang mana saat Dr. Drs.MUHAMMAD YUNUS WAHAB, S.H., M.H menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Timika Papua di tahun 2003, PJ Gubernur Papua Barat adalah Kapolres Timika sedangkan Ketua Pengadilan Negeri Manokwari saat itu adalah Hakim yang baru di lantik oleh Drs.MUHAMMAD YUNUS WAHAB, S.H., M.H di Pengadilan Negeri Timika.

Sebelum menemui YM Ketua Mahkamah Agung RI, PJ Gubernur sempat bertemu dengan Hakim Agung, YM Dr. R. Susilo,S.H., M.H., yang adalah mantan Wakil Ketua Pengadilan Negeri IA Jayapura saat PJ Gubernur menjadi Kapolda Papua.

Baca Juga  Manokwari City Mall Hadirkan Pekan Pelayanan Publik

Ketua Pengadilan Negeri Manokwari, Berlinda Ursula Mayor menyampaikan bahwa pada waktu dekat ini ada penerimaan di lingkungan Mahkamah Agung RI, beliau mengharapkan agar putera-puteri Papua juga bisa mengambil bagian dalam penerimaan tersebut dengan cara mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Pihaknya berharap agar putera-puteri Papua juga menyiapkan diri masing-masing apabila ada penerimaan Calon Hakim di lingkungan Mahkamah Agung RI.

Linda Mayor yang kebetulan pernah menjadi team penguji materi hukum dalam berbahasa Inggris pada penerimaan Hakim yang lalu di lingkungan Mahkamah Agung RI juga menyampaikan tes Bahasa Inggris adalah hal penentu dalam kelulusan selain materi hukum dalam Bahasa Indonesia dan psyko-tes.

“Untuk itu kiranya anak-anak putera-puteri Papua pada saat ini bisa mempersiapkan diri untuk itu” tandasnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Bupati Manokwari Temui Dirjen Bina Pembangunan Daerah Bahas Sejumlah Program Berkelanjutan

Uncategorized

Bertemu Bupati Hermus, BPKP Papua Barat Siap Bantu Tata Kelola Keuangan

Uncategorized

Minimnya Anggaran Jelang Pra PON , IMI Papua swadaya mandiri

MANOKWARI

Pesta Rakyat Tutup Rangkaian Peringatan HUT Manokwari Ke-125, Bupati Hermus : Bersatu Jaga Keamanan 

Uncategorized

KBI Manokwari Papua Barat Gelar Magha Puja dan Moderasi Agama

Uncategorized

Ketua KPU RI Lantik 125 Anggota Dari 25 Kabupaten/Kota

MANOKWARI

Peringati HUT Basarnas Ke-52 Tahun 2024, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Manokwari Gelar Aksi Donor Darah

MANOKWARI

Buka Musrenbang, Wakil Bupati Harap Pengalokasian Anggaran Tertib