Home / MANOKWARI / Papua Barat

Kamis, 6 Juli 2023 - 20:43 WIB

KPU Papua Barat : Dokumen 12 Balon DPD Lengkap, 18 Parpol Belum Memenuhi Syarat

MANOKWARI,Kumparanpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menyatakan, berkas dokumen perseorangan DPD RI Dapil Papua Barat 100 persen lengkap.

Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya mengatakan, 12 Bacaleg DPD RI dapil Papua Barat, sudah mengajukan perbaikan dokumen kepada KPU Papua Barat.

Menurutnya, pendaftaran Perbaikan dokumen 12 Bacaleg DPD RI telah diserahkan ke KPU sejak tanggal 3 hingga 6 Juli, sehingga total 12 Bacaleg DPD RI secara resmi telah diverifikasi dan semuanya dinyatakan diterima.

“Bacaleg DPD RI dapil Papua Barat sudah 100% memenuhi syarat dan tadi sudah diserahkan juga tanda terima kepada para bakal calon atau perwakilan,” katanya pada press release yang digelar melalui zoom meeting, Kamis (6/7) sore.

Sementara, Anggota KPU Papua Barat, Abdul Halim Shidiq mengatakan, pada penyerahan dokumen perbaikan hari ke-6, belum ada satupun parpol yang memenuhi syarat dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024.

Baca Juga  Pemkab Manokwari Hibahkan Dana Pilkada 19 Milyar kepada Bawaslu 

“Belum ada satupun partai politik yang memenuhi syarat. Dari 18 partai politik rata-rata ada bacaleg yang tidak memenuhi syarat jadi belum ada yang 100 persen parpol memenuhi syarat,” katanya.

Lebih lanjut ia merinci, dari 18 Parpol di 5 daerah pemilihan Papua Barat, tercatat total 584 Bacaleg. Namun hanya 7,7 Persen yang dokumennya dinyatakan telah memenuhi syarat.

“Total 584 Bacaleg di Papua Barat yang tersebar di 5 dapil. Namun yang statusnya sudah memenuhi persyaratan hanya 7,7 persen. Sedangkan 92,3 persen belum memenuhi syarat,” terangnya.

Ditanyakan soal ketersediaan Helpdesk, Abdul Shidiq menjelaskan, sejak pengajuan dokumen perbaikan pihaknya sepakat untuk membuka Helpdesk di KPU Provinsi Papua Barat.

“Jadi teman-teman baik Bacaleg DPD RI dapil Papua Barat maupun peserta pemilu dari Parpol silahkan untuk berkomunikasi, konsultasi, koordinasi kepada tim Helpdesk kami yg ditangani langsung Kabag/Kasubag Hukum Teknis dan SDM KPU Papua Barat dan juga Admin Silon DPD maupun Silon KPU,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkab Manokwari Siap Jalankan Kewenangan SMU/SMK

Sementara itu, mengingat waktu tahapan perbaikan dokumen bacaleg Pemilu 2024, tinggal menghitung hari, Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya mengingatkan partai politik untuk segera memperbaiki dokumen bacaleg yang mendapat koreksi saat verifikasi administrasi hari ini.

“Pada prinsipnya KPU Papua Barat sudah sampaikan sosialisasi dan surat edaran kepada parpol bahwa waktu perbaikan dokumen Bacaleg dari tanggal 26 Juni sampai dengan tanggal 9 Juli 2023. Jadi parpol harus perhatikan sampaikan perihal teknis dokumennya juga kriteria calon meninggal, mengundurkan diri atau pindah dapil,” tandasnya. (KP-02)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Bupati Manokwari Pesan Suku Arfak Untuk Mau Menerima Perubahan

MANOKWARI

Lantik 2541 KPPS di Distrik Manokwari Barat dan Timur, Ketua KPU Manokwari Pesan Kerja Profesional

MANOKWARI

Buka Kejurda Grasstrack Macuan Motor Racing Club CUP 2023 , Bupati Harap Generasi Uda Mampu Membangun Prestasi

MANOKWARI

Bupati Manokwari Harap Kosgoro 1957 Mampu Berikan Solusi Cerdas Terhadap Setiap Permasalahan Pembangunan

MANOKWARI

Musrenbang Otsus, Waterpauw Pesan Persoalan IPM, Kemiskinan Ekstrem dan Stunting

MANOKWARI

PSI Mantapkan Konsolidasi di Papua Barat Daya

MANOKWARI

20 Peserta POMNAS Papua Barat Siap Bertanding di POMNAS XVIII Banjarmasin

MANOKWARI

HUT Provinsi Papua Barat Ke-24 Tahun, Bupati Manokwari Harap Jadi Momentum Evauasi Diri