Home / MANOKWARI / Papua Barat

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 13:34 WIB

KPU Manokwari Serahkan Hasil Akhir Verifikasi Adminsitrasi Bacalon Anggota DPRD, 8 Parpol Masih TMS

MANOKWARI,Kumparanpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Manokwari menyerahkan hasil akhir verifikasi administrasi bakal calon anggota DPRD pada pemilu 2024.

Dokumen hasil verifikasi administrasi bakal calon anggota DPRD diserahkan langsung oleh ketua KPU Christin R. Rumkabu didampingi anggota Komisioner kepada masing-masing pengurus Partai di kantor KPU Manokwari, sabtu (5/8/2024) dan dilanjutkan dengan Sosialiasi perncermatan rancangan penyusunan dan Pengumuman daftar calon sementara anggota DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota pada pemilu 2024 yang dipandu langsung oleh komisioner kpu divisi teknis penyelenggara, Sidarman.

Usai sosialiasi kepada sejumlah wartawan, ketua KPU Manokwari, Christine R. Rumkabu mengungkapkan bahwa dari 18 partai politik , 10 Parpol dinyatakan memenuhi syarat dan masih ada 8 Parpol yang statusnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dalam verifikasi administrasi.

Baca Juga  Pemerintah Gelar FGD Evaluasi RAP 2023 Dana Otsus Spesifik Grand dan DTI

Sehubungan dengan itu pihaknya masih memberikan waktu 6 hari kedepan sampai dengan tanggal 11 agustus bagi Parpol untuk melakukan perbaikan.

Adapun 8 partai tersebut adalah Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Golongan Karya, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, Partai Kebangkitan Nusantara, Parta Amanat Nasional dan Partai Bulan Bintang.

Christin menjelaskan 8 Parpol yang masih dinyatakan Tms memiliki persoalan di bagian adminsitrasi bakal calon terkait dengan legalisir ijazah, dan surat yang dikeluarkan oleh BNN.

Baca Juga  Aplikasi e-BMD akan segera digunakan bagi pengurus barang di lingkup Pemerintah Kota Jayapura

Pihaknya menegaskan bahwa jika sampai dengan waktu 6 hari yang diberikan pihak Parpol tidak melakukan perbaikan maka kpu secara aturan menyatakan tidak memenuhi syarat sebagai bacaleg 2024.

Olehnya itu pihaknya berharap kepada semua Parpol untuk lebih proaktif dan kerjasama dalam melengkapi administrasi yang masih kurang dan bisa memastikan semua bakal calon dinyatakan memenuhi syarat.

Sebagai informasi bahwa hasil verifikasi administrasi telah di upload ke masing-masing silon Parpol. Setelah tahapan ini akan lanjut dengan penyusunan daftar calon sementara.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Sebanyak 172 Calon Jamaah Haji di Manokwari Ikut Bimbingan Manasik Haji
Ketua DPR-PB, Orgenes Wonggor (Foto : KP04/Kumparanpapua.com)

MANOKWARI

DPR Papua Barat Bahas RAPBD-P 2023, Senin Pekan Depan 

MANOKWARI

HUT ke-III PPKM, Ini Harapan Bupati Manokwari dan Kemaskei Papua Barat

Papua Barat

Kolaborasi Partisipatif: MOU antara Bawaslu Manokwari Selatan dan STKIP Muhammadiyah Manokwari

MANOKWARI

Kunker ke Distrik Pemekaran Moruj Mega, Bupati Hermus : Tinggalkan Adat Istiadat yang Menghambat Pembangunan

MANOKWARI

Bupati Manokwari Janji Pekan Depan DPA Akan Diserahkan 

MANOKWARI

Balai Kampung Persiapan di Ingkibou, Minsap, Nyeitrey dan Swainguw Mulai Dibangun

MANOKWARI

Wamendagri Terima Usulan Tiga Nama Pj Gubernur dari DPR Papua Barat