Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 14 Mei 2024 - 20:09 WIB

KPU Manokwari Launching Tahapan Pilkada Serentak Kabupaten Manokwari Tahun 2024 

MANOKWARI, Kumparanpapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari Secara resmi Meluncurkan Tahapan Pilkada Serentak Kabupaten Manokwari Tahun 2024 ,bertempat di Halaman Ex. Kantor Bupati Manokwari, Selasa (14/5/2024).

Ketua KPU Kabupaten Manokwari, Christine Ruth Rumkabu dalam laporannya menjelaskan bahwa Launching tahapan Pilkada tahun 2024 merupakan agenda penting, kemudian mengingat bersama bahwa Kabupaten Manokwari menjadi tolak ukur Papua Barat karena Manokwari menjadi Ibukota provinsi Papua Barat.

“Harapan dan tujuan kita bersama bahwa pelaksanaan pemilihan kepala daerah dapat berjalan tentunya dengan aman, lancar, tertib dan damai”, katanya.                                                                                                                    Christine menyampaikan bahwa pada pemilu kemarin pelaksanaan pemungutan suara ulang itu menjadi catatan penting bagi seluruh masyarakat Manokwari. Menurutnya, tantangan bukan hanya kepada KPU Sebagai penyelenggara dan Bawaslu dalam pengawasan tetapi ini menjadi tanggung jawab kita semua, baik pemerintah daerah, forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat dan juga semua masyarakat Manokwari.

“Kita akan bertanggung jawab bersama dalam mensukseskan pemilihan kepala daerah untuk Kabupaten Manokwari”, ujarnya.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan Pilkada ini yang menjadi catatan penting bagi semua adalah data pemilih. Merujuk pada pelaksanaan Pemilu kemarin akan ada pemutakhiran data yang akan dilaksanakan.

Baca Juga  HUT PI Ke-168 Tahun, Panitia Gelar Lomba Perahu Johnson

“KPU Kabupaten Manokwari akan bekerja sama dengan pemerintah daerah terkait dengan data pemilih dan kan bersama-sama melihat ini sebagai sebuah hal yang penting”, terangnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan tahapan ini ada tahapan kampanye yang nanti akan dilaksanakan dan tentu ini merupakan pendidikan politik bagi masyarakat Manokwari.

“Untuk itu dalam berkampanye juga mari kita menjaga sopan santun dan juga menjaga suasana Kabupaten Manokwari ini menjadi kondusif”, pesan Christine.

Pihaknya mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Manokwari untuk dapat menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara Indonesia yang baik.

“Karena pilihan anda menentukan pemimpin Manokwari 5 tahun ke depan”, tandasnya.

Senada, Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Paskalis Semunya dalam arahannya menyampaikan bahwa dirinya selaku Ketua KPU Provinsi Papua Barat bertanggung jawab bersama pimpinan provinsi atas keberlangsungan Pilkada di 7 Kabupaten di Provinsi Papua Barat termasuk di Kabupaten Manokwari.

“Tiga tugas yaitu melaksanakan undang-undang, melaksanakan peraturan KPU dan melaksanakan perintah yang diberikan oleh KPU RI”, kata Paskalis.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya mengapresiasi KPU Kabupaten Manokwari dan juga KPU Provinsi Papua Barat dan segenap jajaran yang berkomitmen untuk terus memastikan bahwa penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024 dapat terlaksana dengan baik di seluruh Provinsi Papua Barat dan terlebih khusus di Kabupaten Manokwari.

“Tentu launching yang dilaksanakan hari ini menandai bahwasanya KPU Kabupaten Manokwari bersama-sama dengan seluruh jajaran Forkopimda yang ada dalam satu barisan dan juga memiliki komitmen yang sama untuk menyukseskan penyelenggaraan agenda nasional yaitu Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Manokwari”, ujar Bupati Hermus.

Baca Juga  Sukseskan Pemilu 2024, Pemkab Manokwari Gelar Rapat Bersama Forkopimda

Hermus menyampaikan, Pilkada serentak tahun 2024 ini memiliki beberapa arti yang strategis yaitu pertama, peningkatan partisipasi politik Pilkada serentak mendorong partisipasi politik masyarakat dalam memilih pemimpin daerah yang akan mewakili dan mengelola kepentingan mereka di tingkat lokal.

Kedua adalah penguatan otonomi daerah Pilkada serentak yaitu memberikan kesempatan kepada daerah untuk memilih pemimpin yang memahami kebutuhan dan potensi lokal ini memperkuat otonomi daerah dan meningkatkan kebijakan yang lebih sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan spesifik daerah tertentu.

Ketiga, pembinaan kepemimpinan lokal Pilkada serta merupakan wadah untuk mencetak dan menyeleksi pemimpin lokal yang berkualitas dan berintegritas yang diharapkan dapat memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat tertentu

“Tentunya peluncuran tahapan Pilkada serentak ini juga menjadi wahana pendidikan politik bagi seluruh masyarakat Manokwari dimana proses ini akan menginformasikan secara luas Kepada seluruh masyarakat Manokwari untuk mengetahui Semua tahapan-tahapan yang akan dilalui dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Manokwari”, ujarnya.

Bupati berharap bahwa Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Manokwari akan berjalan sesuai dengan harapan dan juga komitmen demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mudah-mudahan dengan dukungan yang cukup dari pemerintah daerah bisa memastikan identitas kita untuk penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten akan berlangsung aman dan lancar serta menghasilkan kepemimpinan yang berkualitas untuk pembangunan di Kabupaten Manokwari”, tandasnya. (*/KP03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Pj Gubernur Resmikan Aula KPU Provinsi Papua Barat

MANOKWARI

Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari Tahun 2024 Resmi di Buka, Tampilkan 11 Tim

MANOKWARI

HUT Kota Manokwari KE 125 Tahun 2023, Pemkab Manokwari Ziarah Kubur

MANOKWARI

Tahun 2022, Pemda Manokwari Mendapatkan Nilai Terbaik dalam Pengelolahaan DAK

MANOKWARI

Safari Ramadhan di Masjid Al Munawaroh, Bupati Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Sekolah Madrasah

MANOKWARI

Hadiri Pembukaan Rapat Paripurna DPRD, Bupati Hermus Sampaikan Sejumlah Masalah 

MANOKWARI

Ketum MUI dan LDII Yakini Kebebasan Beragama adalah Identitas Bangsa

MANOKWARI

Pengembangan Pariwisata di Distrik Mokwan Menjadi Perhatian Serius Pemda Manokwari Bersama Pemprov Papua Barat