Home / MANOKWARI / Papua Barat

Rabu, 10 Januari 2024 - 12:27 WIB

KPU Gelar Rapat Koordinasi Pemantapan Persiapan Menuju Pemilu di Kabupaten Manokwari

MANOKWARI, Kumparanpapua.com- Dalam rangka pemantapan Persiapan Menuju Pemilu 2024 di Kabupaten Manokwari KPU Kabupaten Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Mansinam Beach Hotel Manokwari, Rabu (10/01/2024).

Bupati Manokwari dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesbangpol, Drs Jaka Mulyanta menjelaskan bahwa Pemilu dan pemilihan kepala daerah tahun 2024 merupakan program strategi nasional Oleh karena itu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya .

” Pemilihan umum secara eksistensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa ” Ujarnya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Nilai-nilai demokrasi yang dimaksud adalah menyelesaikan pertikaian secara damai dan sukarela menjamin terjadinya perubahan secara damai, pergantian penguasa dengan teratur dalam pembuatan pelaksanaan dan penegakan keputusan politik ,adanya pengakuan terhadap nilai keanekaragaman .

Selain itu, adanya pengakuan dan jaminan atas tegaknya keadilan serta ilmu pengetahuan yang maju, untuk itu dibutuhkan dukungan dan peran serta dari semua pemangku kepentingan guna mensukseskan pesta demokrasi rakyat .

Baca Juga  Kemenkumham Terima Penganugerahan dari BPS

“Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk 5 tahun kedepan sehingga penyelenggaraannya harus berjalan lancar” Ungkap Jaka Mulyanta

Pemilu adalah wadah dari kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, DPD presiden dan wakil presiden serta memilih anggota DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten kota .

Karena itu, Pemilu damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa yang dimulai dari tataran individu , pemerintah sendiri telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pemilu .

“Menjaga perdamaian selama pemilu adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali ” Tuturnya.

“Kita Pastikan seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan kampanye politik dapat menjalankan perannya tanpa mencedrai harga diri dan martabat lawan politiknya. Sudah bukan saatnya kampanye diisi dengan kegiatan tidak produktif dan berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat” Sambungnya.

Baca Juga  Buka Kejurda Grasstrack Macuan Motor Racing Club CUP 2023 , Bupati Harap Generasi Uda Mampu Membangun Prestasi

Pihaknya berharap semua pihak saling bekerja sama sehingga Pemilu 2024 dapat menjadi bukti bahwa masyarakat di Kabupaten Manokwari yang cerdas dalam berpolitik sekaligus menjadi perayaan atas kedewasaan sebagai bangsa Indonesia.

Sementara itu, Ketua KPU Manokwari, Christin Rumkabu dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh tugas dan kerja sebagai penyelenggara pada pelaksanaan Pemilu 2024 menjadi tanggung jawab penyelenggara tetapi juga menjadi tanggung jawab Forkopimda dan semua pihak.

Ia mengajak anggota PPD untuk mengikuti paparan yang disampaikan oleh para narasumber untuk menjadi bekal dan menjadi inspirasi dan motivasi dalam melakukan kerja-kerja Sebagai penyelenggara di setiap tingkatan baik di tingkat PPD maupun di tingkat PPS.

Melalui rapat koordinasi ini pihaknya berharap bahwa ada satu kesamaan gerak dan kesamaan visi untuk mewujudkan pemilu di Kabupaten Manokwari yang aman berintegritas dan berkualitas.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

MUI Kabupaten Manokwari Gelar Khitanan Massal

MANOKWARI

Terkait Cicilan Pedagang Kepada Bank, Ini Jawaban Bupati Hermus

MANOKWARI

Bawaslu Manokwari Serahkan Rekomendasi Ke KPU Untuk Dilakukan PSU untuk 7 TPS di Manokwari Barat

Papua Barat

Dinilai Layak Pimpin Dispora PB, Samy Saiba: Serahkan pada Tuhan dan Bapak Gubernur

MANOKWARI

Ekspos Potensi Sekolah, SMK Negeri 3 Manokwari Gelar Expo to Explore

MANOKWARI

Kemenkumham Sukses Pertahankan Predikat Badan Publik Informatif

MANOKWARI

Gelar Halal Bi-Halal, Kajati Papua Barat Harap Jadikan Momentum Mempersatukan Perbedaan

MANOKWARI

Kabupaten Manokwari berhasil turunkan 50 persen kasus stunting