Home / MANOKWARI / Papua Barat

Minggu, 15 Oktober 2023 - 17:50 WIB

Konferwil I PTI Papua Barat, Patrix Terpilih Secara Aklamasi

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- Patrix Barumbun Tandirerung terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pemuda Toraja Indonesia (PTI) Provinsi Papua Barat, melalui Konferensi Wilayah I yg digelar pada Sabtu (14/10) di Manokwari.

Dalam proses pencalonan, Patrix diusulkan sebagai satu-satunya bakal calon oleh seluruh utusan organisasi kepemudaan Toraja tingkat kabupaten (7 daerah) sehingga secara otomatis ditetapkan sebagai ketua sekaligus formatur terpilih.

Selain Patrix, juga terpilih 4 orang mide formatur yg akan membantu ketua terpilih menyusun personalia pengurus wilayah PTI Papua Barat periode 2023-2026. Empat orang itu diantaranya Erick Patandianan, Yosi Liling, Normiati Banno Pali dan Edriant Yobel Edong Rumissing,

Panitia Pengarah, Buce Teterissa menjelaskan, Konferwil PTI diikuti oleh utusan dari 6 organisasi kepemudaan tingkat kabupaten serta 1 bidang kepemudaan Ikatan Keluarga Toraja. 6 organisasi itu antara lain, Ikatan Pemuda Toraja Manokwari, Ikatan Pemuda Toraja Manokwari Selatan, Ikatan Pemuda Toraja Teluk Bintuni, Ikatan Pemuda Toraja Teluk Wondama, Ikatan Pemuda Toraja Kaimana dan Ikatan Pemuda Toraja Fakfak.

Baca Juga  Yayasan Aderi Perempuan Papua Gelar Pelatihan Managemen Usaha dan Keuangan UMKM Manokwari

“Pegunungan Arfak diwakili oleh utusan dari Bidang Kepemudaan Ikatan Keluarga Toraja (IKT) karena organisasi pemuda Toraja di daerah ini belum terbentuk dan fungsi pembinaan pemuda masih dikoordinasi oleh bidang kepemudaan IKT Pegaf,” jelasnya.

Patrix mengatakan, PTI merupakan organisasi kepemudaan dalam lingkup Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia. PTI dilembagakan dari tingkat pusat, wilayah hingga ke tingkat daerah. Namun jika di sebuah daerah/wilayah sudah ada organisasi kepemudaan Toraja yang eksis dan diakui dalam lingkup paguyuban masyarakat Toraja setingkat maka organisasi itulah yang akan menjadi konstituensi PTI.

“Seperti di Papua Barat, caretaker PTI hadir atas dukungan dan penugasan dari IKT Papua Barat serta Pengurus Pusat PTI sekaligus. Sementara Konferwil dilegitimasi dan dihadiri oleh seluruh organisasi kepemudaan Toraja tingkat provinsi yang mandat serta kehadirannya juga diketahui ketua IKT di daerah. Ini sangat penting untuk menegaskan bahwa secara kelembagaan, walaupun ada perbedaan nomenklatur atau nama organisasi tetapi kita tetap dalam satu tujuan, dan tubuh yang sama,” jelas Patrix yang juga adalah Wakil Ketua DPD KNPI Papua Barat, Bidang Hukum.

Baca Juga  Sosialisasi Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilu 2024, KPU Papua Gelar FGD 

PTI walaupun merupakan organisasi yang anggotanya disatukan karena kesamaan identitas kultur dan kedaerahan, akan tetap memosisikan diri sebagai organisasi yang inklusif dan siap bersinergi dengan organisasi kepemudaan maupun para pemangku kebijakan pembangunan pemuda di Papua Barat.

“Filosofi para leluhur yang kami hidupi di perantauan adalah padangna dinai mellese, langi’na ditingara tuka’, kurang lebih berarti di mana bumi kami pijak di situlah langit dijunjung sehingga program organisasi harus tetap kontekstual dan disemangati oleh dimana organisasi ini eksis, dalam hal ini Papua Barat dan dinamika masyarakatnya,” tuntas advokat muda ini.

Pasca Konferwil, tim formatur akan menyusun pengurus dan segera mengagendakan prosesi pelantikan yang dirangkai dengan rapat kerja PTI Papua Barat. (KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

HUT PGRI dan Hari Guru Nasional, Bupati Manokwari Harap PGRI Optimalisasi Layanan Pada Jenjang Kepengurusan

MANOKWARI

Tanggapi DPRD, Bupati Hermus Beberkan Urgensi Perda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

MANOKWARI

Waka BIN RI Kunjungi Papua Barat Cek Kesiapan Lokasi Pembangunan PYCH

MANOKWARI

Kabupaten Manokwari berhasil turunkan 50 persen kasus stunting

MANOKWARI

PPDB TA 2023/2024 di Manokwari, Dinas Pendidikan Gelar Sosialisasi

MANOKWARI

Ini Dua Agenda Kapolri dan Panglima Bertandang Ke Papua Barat

MANOKWARI

Sekda Manokwari: LHKPN Segera Dilaporkan
Clinton Tallo,Kandidat Kuat Ketua Pertina Provinsi Papua Barat (Foto : KP2/Kumparanpapua.com)

MANOKWARI

Clinton Tallo, Calon Kuat Pimpin Kembali Pertina Papua Barat