Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 16 Januari 2024 - 12:54 WIB

Ketua PKK Manokwari secara marathon lantik PKK distrik

MANOKWARI,Kumparanpapua.com-Ketua tim penggerak PKK Manokwari, Febelina Indou secara marathon melakukan pelantikan tim penggerak PKK di sejumlah distrik yang memiliki kepala distrik baru.

Hari ini, Selasa (16/1/2022) Ketua PKK Febelina Indou bersama Bupati Manokwari Hermus Indou melantik ketua tim penggerak PKK di Distrik Masni, Masni Utara dan Wasirawi. Setelah sebelumnya, Senin (15/1/2023) Febelina melantik tim penggerak PKK di Distrik Mokwam dan Distrik Aimasi.

“Sehingga dengan harapan kami dengan dilantiknya kepala distrik baru dan ibu ketua tim penggerak PKK ini menjadi satu komitmen bersama sehingga 10 program pokok PKK dapat berjalan baik,” katanya.

Menjadi 10 program pokok PKK adalah penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, perencanaan sehat.

Baca Juga  DPMK Gelar Pelatihan Tata Cara Penetapan Batas Kampung dan Peta Kampung Induk dan Pemekaran di Manokwari

Febelina mengatakan, dengan dilantiknya tim penggerak PKK tingkat distrik diharapkan dapat mendorong aktifnya PKK di tingkat kampung dan pembentukan dasawisma.

Dasawisma adalah suatu kelompok kader yang terdiri dari 11 sampai 20 rumah. Tugas para kader dasawisma adalah memantau sekaligus membantu mengantisipasi timbulnya penyakit yang membahayakan keluarga, terutama pada anak-anak.

“Karena dasawisma adalah ujung tombak dari pelaksanaan 10 program kerja PKK untuk pemberdayaan kesejahteraan kesehatan ibu dan anak,” katanya.

Ia berharap, program PKK tingkat distrik dapat ditindak lanjuti kepala distrik sebagai pembina PKK distrik. Sehingga semua program PKK dapat dilaksanakan dan dirasakan oleh keluarga-keluarga yang tentu masih jauh dari apa diharapkan.

Baca Juga  Milad Ke-16 Tahun, Pemda Manokwari Mou Bersama STKIP Muhammadiyah Manokwari

Ia juga berterima kasih pada kepala-kepala kampung yang sudah rutin mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 juta pada tim penggerak PKK tingkat kampung.

“Melalui Kepala Dinas DPMK kami harapkan dukungannya supaya kepala-kepala kampung bisa mendukung program PKK melalui dana kampung supaya PKK tingkat kampung bisa lebih maju lagi,” katanya.

Ia mengatakan, tanpa dukungan Bupati, kepala distrik, lurah dan kepala kampung maka otomatis ketua tim penggerak PKK tingkat kabupaten, distrik, kelurahan dan kampung tidak dapat melaksanakan 10 program PKK

“Oleh sebab itu kami adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan. Tim penggerak PKK kampung bisa eksis itu karena dukungan sepenuhnya dari bapak kepala kampung,” ujarnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Febelina Indou Komitmen Tiga Bulan Stunting Bisa Teratasi

MANOKWARI

Syukuran 72 Tahun SD YPPK Santa Sisilia, Bupati Hermus Jawab Permintaan Sekolah

MANOKWARI

Bupati Manokwari Pantau Arus Pergeseran Logistik Pemilu dari Tingkat TPS ke PPD

MANOKWARI

Bupati Manokwari Serahkan Insentif kepada 353 Ketua RT RW

MANOKWARI

KPU PAPUA BARAT MENERIMA PERBAIKAN DOKUMEN SYARAT CALON SELAMA 6 HARI

MANOKWARI

Ketua GMP Teluk Wondama Dukung Pemerintah dan Polri Jaga Kamtibmas

MANOKWARI

Naik Tipologi, Bupati Hermus Harap Polresta Manokwari tingkatkan Pelayanan Kamtibnas

MANOKWARI

Bondan Santoso : Peluncuran Satelit Satria-1 Akan Mempercepat dan Mempermudah Akses Internet