Home / MANOKWARI / Papua Barat

Minggu, 5 Maret 2023 - 20:44 WIB

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua Barat Mengajak Umat Buddha meneladani Y.M Maha Bhiksu Ashin Jinarakkhita

MANOKWARI, Kumparanpapua.Com- Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Luksen Jems Mayor mengajak para anggota Sangha Majelis organisasi keagamaan Buddha dan seluruh umat Budha untuk bersama-sama bersemangat, bersatu padu untuk mensukseskan program Papua Penuh Damai (PAPEDA) dengan menjaga kerukunan intern umat beragama maupun antar umat beragama di provinsi Papua barat.

Hal tersebut disampaikan Luksen dalam sambutannya dalam acara Magha Puja dan Moderisasi Agama Buddha yang digelar di Vihara Buddha Prabha Manokwari, Minggu, (5/3/2023).

Magha Puja adalah salah satu hari raya dalam agama Buddha, hari raya ini dirayakan dalam bentuk upacara keagamaan. Upacara Magha Puja dilaksanakan untuk memperingati peristiwa penting dibulan Magha, yakni berkumpulnya 1250 Arahat di Hutan Bambu Veluvana Arama, mereka datang tanpa diuridang dan tanpa perjanjian sebelumnya ditempat yang sama dengan tujuan yang sama.

Selain itu , sang Buddha membabarkan Ovada Patimokha yang isinya etika (vinaya) bagi para bhikkhu dan Sang Buddha berpamitan, tiga bulan yang akan datang meninggal dunia dan mencapai Parinibbana.

Luksen juga mengajak kepada seluruh umat Buddha di Papua barat khususnya kabupaten Manokwari untuk meneladani Y.M Maha Bhiksu Ashin Jinarakkhita dalam pengabdian dan pelayanan kepada umat.

Baca Juga  Hari Ke-19, Tim Safari Ramadhan Kunjungi Masjid Al Madinah Kampung Bugis

Atas buah jasa Maha Bhiksu Ashin Jinarakkhita, agama Buddha masih tetap ada dan berkembang di bumi Nusantara.Maha Bhiksu Ashin Jinarakkhita juga merupakan pendiri majelis buddhayana Indonesia yang mempersatukan semua mazhab agama Buddha yang ada dengan semangat kebersamaan dan hal ini sejalan dengan program kementerian agama yaitu moderasi beragama.

“Selamat mengenang 100 tahun Maha Bhiksu Ashin Jinarakkhita sang pelopor agama Buddha Nusantara semoga kita semua selalu semangat menjaga toleransi dan melayani umat” ujar Luksen.

Menurutnya, moderasi beragama perlu dipahami sebagai cara pandang dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem dalam agama Buddha lebih dikenal Madyamika atau jalan tengah yang sering disebut sebagai delapan jalan utama.

“Moderasi beragama ini harus dimaknai sebagai upaya kita bersama untuk memiliki sikap keberagaman yang memiliki sikap hormat terhadap paham yang tidak sama menyebarkan kedamaian dan kasih sayang. Menjauhkan sikap keberagaman dari paham anarkis, ekstrimisme, radikalisme, ujaran kebencian ( hate speech) hingga retaknya hubungan antar umat beragama yang memang sejatinya tidak berhubungan dengan agama, yang menjadi problem yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini” harap Luksen.

Baca Juga  Sambangi Manajemen MCM, Bupati Bahas sejumlah agenda Bersama

Luksen menjelaskan bahwa di tahun 2023 kementerian agama telah mencanangkan tagline kerukunan umat untuk Indonesia hebat dan kantor wilayah kementerian agama memiliki program PAPEDA ( Papua penuh damai) yang perlu diwujudkan bersama, bukan hanya oleh seluruh jajaran kementerian agama tetapi kerjasama dari seluruh elemen umat beragama.

“Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang pemilu 2024 sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai dan potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda dan tetap saja ada politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektron dan Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye sudah mulai terjadi” Terang Luksen.( KP/03)

Share :

Baca Juga

Massa aksi melakukan deklarasi damai di Jalan Trikora Wosi Manokwari, Rabu (07/02/2024).

MANOKWARI

Ormas, Aktivis dan Mahasiswa Deklarasi Pemilu Damai di Manokwari

MANOKWARI

Peringatan Isra Mi’raj di Kampung Igor, Bupati Manokwari Ajak Umat Tingkatkan Peribadatan

MANOKWARI

HUT BKMT Ke-24 , Bupati Ajak Tingkatkan Iman dan Taqwa

MANOKWARI

Yosi liling Nahkodai Ketua IPTM Periode 2022-2025

MANOKWARI

HUT Ke-67 Legiun Veteran RI Kabupaten Manokwari, Bupati: Sejarah Adalah Akar

MANOKWARI

Seminar dan KKR Perkumpulan Perempuan Arfak Diharapkan Menjadi Nyonya di Negeri Sendiri

MANOKWARI

Turnamem Futsal Bupati Cup Manokwari 2023, Resmi Bergulir

MANOKWARI

Finalisasi Pengisian dan Verifikasi Data Peserta Pemilu 2024, KPU PB Gelar Rakor Bersama Calon Anggota DPD RI dan DPR Papua Barat