Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 19 Juni 2023 - 14:22 WIB

Internet Indonesia Semakin Cepat, SATRIA-1 Terbesar di Asia Sukses Diluncurkan

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Satelit Republik Indonesia atau Satria-1 berhasil diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat pada hari Minggu (18/6/2023) waktu setempat atau Senin (19/6/2023) WIB berhasil mencapai orbit dan Satria-1 menjadi satelit terbesar di Asia dan ke-5 di dunia.

Satelit Satria-1 meluncur ke slot orbit 146 derajat Bujur Timur pukul 18.04 pada 18 Juni 2023 waktu Florida, AS, menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Tahap pertama peluncuran Satria-1 berjalan lancar hingga pendorong pertama melepaskan diri lalu Falcon 9 mendarat sempurna di Bumi.

Pada tahap kedua Satria-1 melanjutkan perjalanan sambil dibawa pendorong kedua menuju target orbit. Satria-1 butuh waktu 37 menit hingga sampai di orbit yang sudah ditetapkan.

Baca Juga  Bupati Hermus Buka Raker Kerukunan TBS dan Pulau Banda di Manokwari¬†

Setelah roket mencapai tahap kedua, Satelit Satria-1 akan melakukan eletric orbit raising, yang membutuhkan waktu sekitar 145 hari.

Satelit Satria-1 memiliki bobot 4,6 ton dan dibawa oleh roket Falcon 9 setinggi 70 meter dengan berat 580 ton. Roket ini terdiri dari tiga komponen utama: step 1, step 2, dan fairing, yang semuanya diluncurkan bersama dengan satelit.

Kapasitas satelit yang jumbo ini akan dimanfaatkan Pemerintah Indonesia untuk menghadirkan akses layanan internet di wilayah pelosok, tepat di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Baca Juga  Sambangi Tim Futsal Bapomi Papua Barat, Eduard Dowansiba Berikan Bantuan Operasional

Sebagai informasi, SATRIA-1 telah disiapkan oleh Pemerintah sejak 2019 untuk menghadirkan kesetaraan akses internet di fasilitas publik khususnya di wilayah-wilayah tertinggal, terdepan, terluar (3T).

BAKTI Kemenkominfo pada 2023 menyatakan telah melakukan penyesuaian untuk titik internet yang akan dilayani SATRIA-1 menjadi 50.000 titik. Total titik yang dilayani berubah agar nantinya bantuan yang diberikan Pemerintah bisa optimal memberikan akses internet yang baik untuk masyarakat di wilayah 3T.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

KPU PAPUA BARAT MENERIMA PERBAIKAN DOKUMEN SYARAT CALON SELAMA 6 HARI

MANOKWARI

Ikut Southeast Asia Youth leadership Program di Amerika Serikat, Tiga Pelajar SMU Asal Manokwari Kembali Ke Tanah Air

MANOKWARI

Sebanyak 50 Peserta Ikut Lomba Binaraga dan Body Contes Contes, Kapolresta Cup I

MANOKWARI

11 Parpol Sepakat Usung HI di Pilkada Manokwari

MANOKWARI

Pemkab Manokwari Salurkan Beasiswa Rp4,5 miliar Bagi 494 Mahasiswa

MANOKWARI

Bupati Manokwari Melantik 141 Pejabat Eselon III dan IV Serta 7 Dokter Ahli Utama

MANOKWARI

Tingkatkan Pemahaman Untuk Meraih Kesuksesan, DPD PWKI Gelar Seminar Langkah Sejuta Suluh, Hadirkan Merry Riana

MANOKWARI

Tingkatkan Layanan Pendidikan di Papua Barat Infid Gelar Dialog Multipihak