Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 30 Oktober 2023 - 12:10 WIB

Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Manokwari Gelar Pengobatan Gratis di Kampung Muara Wariori

MANOKWARI,Kumparanpapua.com-Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Manokwari menggelar kegiatan Bakti Sosial Nusantara Pengobatan Gratis di Kampung Muara Wariori, Distrik Masni Manokwari, Sabtu (28/10).

Ketua Panitia, apt. Kristoni Monepa, S.Farm yang diwakili oleh apt. Rizaldi, S.Farm dalam sambutannya menjelaskan bahwa PC IAI Manokwari khususnya bidang Pengabdian Masyarakat dan Tanggap Bencana.

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2023 yang menjadi momentum untuk semakin meningkatkan semangat gotong royong dan patriotisme dalam melaksanakan program kerja pengabdian masyarakat dan tanggap bencana salah satunya yaitu diselenggarakannya kegiatan Bakti Sosial Nusantara.

“Dinamakan Bakti Sosial Nusantara karena sasaran bakti sosial ini adalah untuk menjangkau daerah terpencil sebagai bentuk kerinduan dan kepedulian kami untuk berbagi dengan masyarakat yang berada didaerah terpencil yang boleh dibilang masih jarang tersentuh oleh organisasi-organisasi ataupun komunitas tertentu selain praktisi kesehatan Puskesmas”, ujarnya.

Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WIT dihadiri langsung oleh Ketua PC IAI Manokwari apt. Ilham Mahmud, S.Si., Plt. Kepala Puskesmas Mowbja ibu Jelita R. Sinaga dan Kepala Kampung Muara Wariori Bapak Alfian Anari. Hadir pula Tenaga Kesehatan Puskesmas Mowbja dan Puskesmas Masni serta Apoteker Manokwari yang turut terlibat pada pengobatan gratis ini. Kepala Kampung Muara Wariori mengapresiasi Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Manokwari yang telah memberikan pengobatan gratis kepada warga masyarakat Kampung Wariori, Distrik Masni.

Baca Juga  Balai Kampung Persiapan di Ingkibou, Minsap, Nyeitrey dan Swainguw Mulai Dibangun

“Saya selaku Kepala Kampung banyak berterimakasih dan bersyukur karena dengan diadakan kegiatan pengobatan gratis ini sangat membantu warga masyarakat dikarenakan Kampung Wariori ini adalah kampung yang letaknya jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan”, katanya.

Pengobatan Gratis yang diberikan meliputi pengukuran tekanan darah, penimbangan badan, pengecekan gula darah, asam urat dan kolesterol. Warga yang telah melakukan registrasi kemudian diperiksa oleh dokter berdasarkan keluhan, selanjutnya akan diberikan obat oleh apoteker yang disertai konseling tentang obat yang akan dikonsumsi. Apoteker juga secara bergiliran memberikan edukasi DAGUSIBU (DApatkan, GUnakan, SImpan dan Buang obat dengan benar) dan penjelasan singkat tentang DAGUSIBU melalui media brosur kepada warga. Masalah Kesehatan yang mayoritas dialami oleh warga di Kampung Muara Wariori ini adalah Hipertensi dan Kolesterol, sehingga apoteker memberikan informasi tentang makanan yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi serta menjalankan pola hidup sehat dengan berolahraga.

Baca Juga  Ketua TP PKK kabupaten Manokwari Harap Penurunan Stunting Jadi Perhatian Bersama

Warga masyarakat Kampung Muara Wariori sangat antusias dalam kegiatan tersebut, hal ini terlihat dari banyaknya warga yang berkumpul sebelum dimulainya kegiatan.

Dikesempatan yang sama Ketua PC IAI Manokwari, apt. Ilham Mahmud, S.Si., merasa bersyukur kegiatan Bakti Sosial berupa Pengobatan Gratis dapat berjalan dengan lancar dan memberikan apresiasi kepada Bidang Pengabdian Masyarakat dan Tanggap Bencana atas inisiatif dan kerja kerasnya dalam melaksanakan program kerja PC IAI Manokwari. Lebih lanjut beliau berpesan agar kedepannya bisa membuat program serupa sehingga dapat memberikan manfaat kepada lebih banyak masyarakat.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Pemda Manokwari Akan Terbitkan Perda Penggunaan Noken di Pusat Perbelanjaan Gantikan Kantong Plastik

MANOKWARI

Personel OMB Polda Papua Barat Kawal Ketat Pembongkaran Logistik Pemilu 2024 di Pelabuhan Manokwari

MANOKWARI

DCS Bacaleg, KPU Manokwari Terima Satu Tanggapan Masyarakat

MANOKWARI

Buka Rakor SAR Daerah dan Pelatihan Teknis, Fonataba Harap Hasilkan SDM Berkualitas dan Handal

MANOKWARI

Seminar dan KKR Perkumpulan Perempuan Arfak Diharapkan Menjadi Nyonya di Negeri Sendiri

MANOKWARI

Tim Seleksi Mulai Buka Pendaftaran Bagi Bakal Calon Anggota KPUD Se Papua Barat

MANOKWARI

Wonggor : DPRPB dan MRPB Segera Layangkan Surat Penolakan Pemberlakuan PMK 206

MANOKWARI

Tatap Muka Bupati Hermus Bersama Warga Terdampak Perluasan Area Bandara Rendani Manokwari