Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:06 WIB

HUT HKG-PKK Ke-52, TP-PKK Kabupaten Manokwari Gelar Kegiatan Gerakan Tanam Pohon Cabai

MANOKWARI, Kumparanpapua.com- Dalam rangka Peringatan HKG-PKK, Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari melaksanakan Kegiatan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) PKK Serentak,di Dasawisma Rukun Bersama Jalur 7 SP. IV Kampung Udapi Hilir Distrik Aimasi,Selasa (19/03/2024).

Kegiatan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) PKK Serentak tersebut turut dihadiri oleh Ketua TP-PKK Provinsi Papua Barat,TP-PKK Kabupaten Manokwari, Bupati Manokwari dan juga Pimpinan OPD Kabupaten Manokwari.

Ketua TP-PKK Provinsi Papua Barat, Ny.Siti Mardiana Temongmere
Ketua TP-PKK Provinsi Papua Barat, Ny.Siti Mardiana Temongmere

Ketua TP-PKK Provinsi Papua Barat, Ny.Siti Mardiana Temongmere menyampaikan bahwa Hari Kesatuan gerak PKK adalah perayaan tahunan yang diisi dan diwarnai dengan berbagai capaian dan implementasi program baik itu program unggulan dan prioritas .

” Hari ini kita bersama dalam gerakan tanam cabai dan gerakan ini dilakukan oleh tim penggerak PKK di semua jenjang di seluruh Indonesia pada tanggal 4 Maret yang telah dibuka langsung oleh ibu negara ibu Hajah Iriana Joko Widodo dan diikuti oleh seluruh tim penggerak PKK provinsi kabupaten se-indonesia “jelasnya

Pihaknya berharap melalui kegiatan gerakan tanam cabai ini tercipta kemandirian dan pemenuhan kebutuhan cabe di tingkat rumah tangga mengingat cabai merupakan tanaman holtikultura yang buahnya dimanfaatkan untuk kebutuhan makanan dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Baca Juga  Bupati Hermus Lantik Pengurus Kerukunan Keluarga Buton Tengah (KKBT) Kabupaten Manokwari

” Mari kita sukseskan arahan dan gerakan nasional untuk tanam cabe dari tempat ini selaku Provinsi Papua Barat mengajak pengurus di tingkat kabupaten distrik dan kampung untuk dapat menanam cabai minimal 5 pohon dan telah kami terapkan di pengurus PKK Provinsi Papua Barat ” harapnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Manokwari, Ny.Febelina Indou
Ketua TP-PKK Kabupaten Manokwari, Ny.Febelina Indou

Senada, Ketua TP-PKK Kabupaten Manokwari, Ny.Febelina Indou dalam laporannya menyampaikan bahwa program pelaksanaan kegiatan tanaman cabai merupakan salah satu komoditas penting dalam menyediakan kebutuhan pangan masyarakat .

Melalui program tanam cabe serentak diharapkan dapat meningkatkan produksi cabai secara keseluruhan untuk memenuhi permintaan pasar lokal maupun nasional .

Pihaknya menjelaskan, Program tanam cabe tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani skala produksi yang lebih besar dan akses yang lebih baik ke pasar.

Diharapkan petani akan mendapatkan hasil yang lebih baik produksi cabai dan konsisten dan stabil dapat membantu mengendalikan fluktuasi harga di pasar dengan adanya pasokan yang cukup harga cabai akan cenderung stabil sehingga konsumen dapat memperoleh cabai dengan harga terjangkau.

Baca Juga  Safari Ramadhan Ke Masjid At Taqwa Kampung Makassar, Bupati Berikan Santunan Kepada Anak Yatim 

” Pelaksanaan kegiatan saat ini adalah gerakan tanam cabai yang dilaksanakan pada hari ini Selasa 19 Maret 2024 didasari semua rukun bersama tim penggerak PKK distrik aimasi dengan jumlah 1000 bibit pohon cabai ”

Adapun sumber dana pelaksanaan kegiatan adalah bantuan Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui dana hibah tahun 2024 .

Bupati Manokwari,Hermus Indou
Bupati Manokwari,Hermus Indou

Pada kesempatan yang sama, Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam arahannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan berterima kasih kepada TP-PKK Provinsi Papua Barat dan juga TP-PK Kabupaten Manokwari dan segenap pengurus lainnya .

” Kegiatan kali ini Kita ingin membangun ketahanan daerah yang kita mulai dari ketahanan keluarga ” Ungkapnya

Pihaknya berharap semoga Apa yang dilakukan oleh TP- PKK Kabupaten Manokwari di tempat ini akan menginspirasi banyak orang Untuk memanfaatkan setiap lahan-lahan yang tidak produktif di Kabupaten Manokwari.

” Kita pastikan dari semua aspek lingkungan kita pastikan di lingkungan itu tidak ada lingkungan yang tidak produktif ” Tandasnya

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Interpensi 3 Bulan , Kasus Stunting di Distrik Warmare Menurun

MANOKWARI

Ketum MUI dan LDII Yakini Kebebasan Beragama adalah Identitas Bangsa

MANOKWARI

Bupati Serahkan Bantuan Hibah Barang Multimedia Kepada KPU Manokwari

MANOKWARI

MUI Kabupaten Manokwari Gelar Khitanan Massal

MANOKWARI

UMKM Day, Bupati Harap Mampu Bangkitkan Perekonomian di Manokwari

MANOKWARI

Ketua GMP Teluk Wondama Dukung Pemerintah dan Polri Jaga Kamtibmas

MANOKWARI

Bupati Manokwari Minta Tim Terpadu Segera Dibentuk

MANOKWARI

Bupati Bersama Pj. Gubernur Launching Pembongkaran Pasar Sanggeng