Home / MANOKWARI / Papua Barat

Jumat, 10 Maret 2023 - 15:12 WIB

Hari Bhakti Perbendaharaan Ke -19 Tahun , Kantor Wilaya DJPb Gelar UMKM Day

MANOKWARI,Kumparanpapua.Com- Dalam rangka memperingati hari bhakti perbendaharaan ke-19 tahun, Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Kementrian Keuangan Papua Barat menggelar UMKM Day yang dipusatkan di halaman Gedung Keuangan Negara (GKN) Arfai Manokwari, Jumat (10/3/2023).

Acara ini langsung dibuka oleh Bupati Manokwari Hermus Indou yang ditandai dengan menekan tombol sirine dan peninjauan stand pameran.

Kepala Kantor Bea Cukai Manokwari Johan Pandores sebagai yang juga adalah Ketua Panitia pelaksana menyebut bahwa kegiatan UMKM Day ini berlangsung selama satu hari yang diikuti oleh 22 booth atau tenan UMKM.

Johan mengungkapkan bahwa UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi terbesar di Indonesia khususnya selama pandemi dan pasca pandemi ini dan sedang menjadi fokus pemerintah untuk memberikan dukungan penuh bagi para pelaku UMKM baik dari aspek pembiayaan maupun fasilitas lainnya.

Baca Juga  Festival Teluk Doreh Akan Dimeriahkan dengan Ajang Lomba dan Pameran

Lanjut Johan sampaikan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan dan mengenalkan produknya kepada konsumen selain itu juga menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi dan mengembangkan usahanya seperti jenis-jenis pembiayaan oleh pemerintah, cara memasarkan produk dengan tepat, baik di pasar lokal maupun internasional secara daring (digital marketing ) maupun luring dan cara pengemasannya.

Johan merincikan, selain boot untuk UMKM tersedia juga beberapa boot untuk instansi/lembaga seperti kementerian keuangan di Manokwari penyalur KUR ( himbara dan BPD), penyalur UMi ( PT.Pegadaian ), layanan pendaftaran perseroan perseorangan dan hak cipta UMKM oleh kanwil Kemenkumham penjualan sembako oleh perum Bulog dan PT pos Indonesia yang melayani terkait pengiriman barang.

Baca Juga  HUT PI Ke 168 Tahun, Pemkab Manokwari Imbau Masyarakat Jaga Kamtibnas

Booth tersebut digunakan sebagai pusat informasi bagi pelaku UMKM dan masyarakat yang ingin memperoleh penjelasan-penjelasan terkait perizinan prosedur, layanan dan lain-lain.

Selain informasi dari booth pelaku UMKM dan masyarakat juga dapat mendapatkan informasi melalui sosialisasi yang diberikan di atas panggung dengan materi KUR pembiayaan UMi , perpajakan UMKM klinik ekspor dan sebagainya.

UMKM Day mengusung tema “Kemenkeu Satu Mendukung UMKM Maju” dan melibatkan 22 pelaku UMKM dari berbagai jenis produk serta perbankan maupun instansi pemerintah dan BUMN di daerah ini. (KP-03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Perdana Rayakan Dirgahayu MA, Pengadilan Tinggi Pabar Komitmen Lebih Tingkatkan Pelayanan

MANOKWARI

Relawan JANGKAR Papua Barat Gelar Senam Gemoy dan Makan Gratis di Manokwari

MANOKWARI

Pengumuman pendaftaran Calon Anggota MRPB Periode 2023-2028 Unsur Adat dan Perempuan Perwakilan Kabupaten Manokwari Khusus Suku Arfak dan Suku Doreri

MANOKWARI

Bupati Manokwari Melantik Pengurus DPD IKM Manokwari Periode 2022-2027

MANOKWARI

Intervensi Penurunan Stunting, DP3AKB Gelar Sosialisasi Pokja TPPS dan TPK di Sidey
Suasana Mubes dan Pra Mubes III Suku Kuri Wamesa Kabupaten Teluk Bintuni dan Provinsi Papua Barat 2023 (Foto : Istimewa)

Papua Barat

Mubes III Suku Besar Kuri Wamesa, Ini Pesan Bupati Teluk Bintuni

MANOKWARI

Peringati Hari Lahir Pancasila Ke-78 Tahun 2023, DPD-PDIP Papua Barat Gelar Sejumlah Kegiatan

MANOKWARI

DPRD Manokwari Terima Ranperda APBDP Tahun 2023 Untuk Dibahas