Home / MANOKWARI / Papua Barat

Jumat, 10 Maret 2023 - 15:12 WIB

Hari Bhakti Perbendaharaan Ke -19 Tahun , Kantor Wilaya DJPb Gelar UMKM Day

MANOKWARI,Kumparanpapua.Com- Dalam rangka memperingati hari bhakti perbendaharaan ke-19 tahun, Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Kementrian Keuangan Papua Barat menggelar UMKM Day yang dipusatkan di halaman Gedung Keuangan Negara (GKN) Arfai Manokwari, Jumat (10/3/2023).

Acara ini langsung dibuka oleh Bupati Manokwari Hermus Indou yang ditandai dengan menekan tombol sirine dan peninjauan stand pameran.

Kepala Kantor Bea Cukai Manokwari Johan Pandores sebagai yang juga adalah Ketua Panitia pelaksana menyebut bahwa kegiatan UMKM Day ini berlangsung selama satu hari yang diikuti oleh 22 booth atau tenan UMKM.

Johan mengungkapkan bahwa UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi terbesar di Indonesia khususnya selama pandemi dan pasca pandemi ini dan sedang menjadi fokus pemerintah untuk memberikan dukungan penuh bagi para pelaku UMKM baik dari aspek pembiayaan maupun fasilitas lainnya.

Baca Juga  Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari Tahun 2024 Resmi di Buka, Tampilkan 11 Tim

Lanjut Johan sampaikan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan dan mengenalkan produknya kepada konsumen selain itu juga menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi dan mengembangkan usahanya seperti jenis-jenis pembiayaan oleh pemerintah, cara memasarkan produk dengan tepat, baik di pasar lokal maupun internasional secara daring (digital marketing ) maupun luring dan cara pengemasannya.

Johan merincikan, selain boot untuk UMKM tersedia juga beberapa boot untuk instansi/lembaga seperti kementerian keuangan di Manokwari penyalur KUR ( himbara dan BPD), penyalur UMi ( PT.Pegadaian ), layanan pendaftaran perseroan perseorangan dan hak cipta UMKM oleh kanwil Kemenkumham penjualan sembako oleh perum Bulog dan PT pos Indonesia yang melayani terkait pengiriman barang.

Baca Juga  Perdana, Manokwari City Mall Hadirkan Wahana Rumah Hantu dan Wisata Adrenalin Uji Nyali

Booth tersebut digunakan sebagai pusat informasi bagi pelaku UMKM dan masyarakat yang ingin memperoleh penjelasan-penjelasan terkait perizinan prosedur, layanan dan lain-lain.

Selain informasi dari booth pelaku UMKM dan masyarakat juga dapat mendapatkan informasi melalui sosialisasi yang diberikan di atas panggung dengan materi KUR pembiayaan UMi , perpajakan UMKM klinik ekspor dan sebagainya.

UMKM Day mengusung tema “Kemenkeu Satu Mendukung UMKM Maju” dan melibatkan 22 pelaku UMKM dari berbagai jenis produk serta perbankan maupun instansi pemerintah dan BUMN di daerah ini. (KP-03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

SMA Negeri 02 Kabupaten Manokwari Gelar Perpisahan Angkatan Ke- 34 Tahun 2024

MANOKWARI

Alat Peraga Kampanye di Manokwari Mulai Ditertibkan

MANOKWARI

Waterpau Harap Kolaborasi Semua Pihak Dukung Karya UMKM di Papua Barat

MANOKWARI

Jabatan Kepala Basarnas Manokwari Diserahterimakan

MANOKWARI

HUT Ke-52 Tahun 2024, SAR Manokwari Harap Sinergitas Semua Pihak Dukung Tugas-tugas Kemanusiaan 

Papua Barat

Kunjungi Mansel, Pj Gubernur Waterpauw Beserta Jajaran Bahas Percepatan Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem   

MANOKWARI

Sebanyak 1.313 Tokoh Agama Kristen Protestan dan Khatolik Se- Kabupaten Manokwari Terima Bansos dari Pemda Manokwari

MANOKWARI

Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Manokwari Gelar Pengobatan Gratis di Kampung Muara Wariori