Home / Papua

Jumat, 6 Januari 2023 - 23:03 WIB

Gubernur Papua Resmikan Sembilan Gedung Pemerintahan yang Spektakuker

Sumber: istimewa

Sumber: istimewa

JAYAPURA, Kumparanpapua.com- Pemerintahan Gubernur Papua Lukas Enembe, kembali mengukir “sejarah” setelah meresmikan secara simbolis sembilan kantor pemerintahan Spektakuler di Bumi Cenderawasih, Papua.

Sembilan gedung yang diresmikan itu, yakni, kantor Gubernur Provinsi Papua dan menjadi gedung kantor Gubernur termegah, Gedung Majelis Rakyat Papua (MRP) 16 lantai, Gedung KPU Papua, Gedung kantor Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ). Kemudian Kantor Samsat Kabupaten Paniai, Samsat Kepulauan Yapen, Samsat Kabupaten Keerom, serta 5 ruang pelayanan di RSUD Kabupaten Mappi dan RSUD Jayapura.

Peresmian secara simbolis dengan penekanan tombol sirene oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe yang didampingi oleh para Tokoh Otonomi Khusus Papua seperti File Karma, Michael Manufundu, SP Morin, Edward Fonataba dan Muhammad Musaad. Serta pengguntingan pita oleh Ibu Yulce Enembe.

Baca Juga  BEM Uncen Siap Kawal Pemilu 2024 Tanpa Anarkis

Gubernur Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Provinsi Papua, Derek Hegemur mengatakan, 2023 merupakan tahun terakhir masa kepemimpinannya, sehingga diharapkan semua jajaran pemerintahan dapat bersemangat dalam menyelesaikan sisa kegiatan yang direncanakan di tahun 2023.

“Sampai kita meninggalkan hasil karya yang terbaik untuk dikenang dan dinikmati oleh generasi muda atau anak cucu kita di masa yang akan datang,” ucap Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua, Girius One Yoman dalam laporannya mengatakan, pembangunan empat gedung pemerintahan yang baru berada di daerah strategis. Oleh karena itu, dengan menyediakan sarana dan prasarana kantor yang aman dan nyaman, diharapkan mampu meningkatkan kinerja ASN Pemerintah Provinsi Papua guna meraih hasil pelayanan dan pembangunan secara optimal.

Baca Juga  Kota Se-Indonesia Harus Menjadi Penggerak Utama Menuju Indonesia Emas 2045

Diketahui, khusus untuk pembangunan Kantor Gubernur Papua dilakukan melalui metode rancang bangun dengan konsep minimal modern. Pada bagian depan gedung terdapat 5 buah Pilar besar yang menandakan lima sila dari pancasila serta mewakili 5 wilayah adat di Provinsi Papua, yaitu Mamta, Saereri, Anim Ha, La Pago dan Mee Pago.

Bangunan juga mempunyai dua akses jalan dimana pada Lantai 1 menuju Jalan Soa Siu dan Lantai 3 menuju Jalan Sam Ratulangi. Pembangunan gedung baru Kantor Gubernur Papua menelan anggaran sebesar Rp.393 miliar sementara gedung MRP Rp. 291 miliar.

Acara peresmian yang dirangkaikan dengan natal bersama ini dipusatkan di kantor Gubernur Provinsi Papua dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda, para Bupati/Walikota, Pimpinan OPD, pimpinan perbankan dan instansi swasta serta seribuan masyarakat. (KP-02)

Share :

Baca Juga

Ketua Barisan Merah Putih Republik Indonesia, Max Ohee (Foto : Istimewa)

Papua

Max Ohee : Rumah Kebangsaan Indonesia, Wadah Pemersatu Seluruh Pemuda Untuk Membangun Papua 
Caption Foto ; Johannes Rettob dan Silvi Herawaty Saat Meninggalkan Ruang Sidang, Usai Mendengan Pembacaan Putusan Sela, di PN Jayapura, Selasa (27/6). (KP_04)

Papua

Majelis Hakim PN Jayapura Tolak Eksepsi Rettob 

Papua

BEM Uncen Siap Kawal Pemilu 2024 Tanpa Anarkis

Papua

Pekan Panutan Pajak Bagi ASN dan Warga Kota Jayapura Segera Dilaksanakan, Catat Waktunya!

Papua

Sebelas Bulan Jalankan Roda Pemerintahan, Pj Walikota Jayapura Capai Kinerja Baik
Tim Resmob Numbay Sat Reskrim Polresta Jayapura Kota berhasil ringkus pelaku Rudapaksa (Foto : Istimewa)

Papua

Tim Resmob Numbay Sat Reskrim Polresta Jayapura Kota Berhasil Amankan Pelaku Rudupaksa 
Jhom Y. Betaubun, Wakil Ketu 1 DPRD Kota Jayapura.

Papua

Jhon Betaubun : Masyarakat Harus Sadar Akan Pentingnya Kebersihan Lingkungan.   

Papua

Lagi, Kebakaran Kembali Terjadi di Jayapura