Home / MANOKWARI / Papua Barat

Sabtu, 27 Januari 2024 - 13:36 WIB

Galeri Dekranasda Manokwari Dilaunching Bupati Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Manokwari, resmi dilaunching oleh bupati Manokwari di jalan Drs. Esau sesa, Manokwari, Sabtu (27/1) .

Dalam sambutannya, Bupati Manokwari Hermus Indou menyampaikan bahwa Gedung dan Galeri ini merupakan salah satu kontribusi pemerintah daerah dalam memberikan ruang bagi masyarakat dan bagi para pengrajin agar semakin terpacu berkreatifitas dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif, menjadi elemen penggerak industri kerajinan serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam membina juga mengembangkan kerajinan lokal yang semakin berkualitas.

Selain itu, galery mengembangkan identitas budaya serta memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil, pengrajin dan seniman.

Pihak mengajak semua pihak turut berperan dalam mendorong dan memfasilitasi UMKM serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan meningkatkan kecintaan terhadap produk-produk UMKM Kabupaten Manokwari salah satunya dengan memberikan dukungan dan berbelanja di Galeri dekranasda sebagai investasi menyukseskan Manokwari untuk semua dan semua untuk Manokwari.

Baca Juga  Bupati Serahkan SK Kenaikan Pangkat Kepada 4 Dokter Spesialis dan 3 Dokter Umum

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Papua Barat, Ny. Siti Mardiana menyampaikan, dekranasda mencerminkan budaya Papua Barat dan mengusulkan agar dekranasda membuka Galeri di Bandara Rendani, mengingat para pengunjung biasanya berburu buah tangan.

“Saya lihat tadi galeri ini sangat luar biasa. Kalau bisa galeri ini ada juga di bandara. Karena tamu yang berkunjung ingin mencari cenderamata dari Papua Barat khususnya di Kabupaten Manokwari”, usulnya sembari menambahkan, dalam setiap iven henaknya wajib mengenakan ciri khas kerajinan Papua Barat baik Batik dan Noken.

Baca Juga  Personel OMB Polda Papua Barat Kawal Ketat Pembongkaran Logistik Pemilu 2024 di Pelabuhan Manokwari

“Kalau bisa saya juga usul kegiatan lomba ciri khas batik kita, karena saya lihat kita masih banyak menggunakan batuk dari daerah lain di Papua”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Manokwari, Yan Ayomi mengajak seluruh pihak untuk berkontribusi dengan berbelanja di Galeri sehingga memacu para pengrajin dan pelaku UMKM untuk produksi.

“Mari kita berkontribusi bagi kemajuan pembangunan di Manokwari. Semoga ini menjadi berkat dan mendatngkan kebaikan bagi kita semua”, harapnya.

Turut hadir, Sekda Manokwari Henri Sembiring, Ketua Dekranasda Kabupaten Manokwari, Ny. Febelina Indou, Forkopimda, Pimpinan OPD serta para pengrajin dan pelaku UMKM di Manokwari.

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Bupati Harap ASN Jauhi Minuman Alkohol

Papua Barat

Timsel Calon Anggota KPU Kabupaten Se-Provinsi Papua Barat, Dinilai Tidak Transparan 

MANOKWARI

Pekan Pembayaran PBB dan Launching Noken Payment Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak 

MANOKWARI

Festival Teluk Doreh Akan Dimeriahkan dengan Ajang Lomba dan Pameran

MANOKWARI

Pemda Manokwari Donasi Bagi Korban Kebakaran di Warmare

Papua Barat

Lantik Panitia Pemilihan Dan Panwas MRPB, Waterpauw Minta Bekerja Jujur

MANOKWARI

Lepas Pawai Beduk Takbir Keliling, Ini Pesan Bupati Manokwari 

MANOKWARI

Bupati Manokwari Beri Bonus 100 Juta Kepada Fajar Fathurahman Top Skor Sea Games 2023