Home / MANOKWARI / Papua Barat

Sabtu, 27 Januari 2024 - 13:36 WIB

Galeri Dekranasda Manokwari Dilaunching Bupati Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Manokwari, resmi dilaunching oleh bupati Manokwari di jalan Drs. Esau sesa, Manokwari, Sabtu (27/1) .

Dalam sambutannya, Bupati Manokwari Hermus Indou menyampaikan bahwa Gedung dan Galeri ini merupakan salah satu kontribusi pemerintah daerah dalam memberikan ruang bagi masyarakat dan bagi para pengrajin agar semakin terpacu berkreatifitas dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif, menjadi elemen penggerak industri kerajinan serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam membina juga mengembangkan kerajinan lokal yang semakin berkualitas.

Selain itu, galery mengembangkan identitas budaya serta memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil, pengrajin dan seniman.

Pihak mengajak semua pihak turut berperan dalam mendorong dan memfasilitasi UMKM serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan meningkatkan kecintaan terhadap produk-produk UMKM Kabupaten Manokwari salah satunya dengan memberikan dukungan dan berbelanja di Galeri dekranasda sebagai investasi menyukseskan Manokwari untuk semua dan semua untuk Manokwari.

Baca Juga  Puluhan Pelaku Usaha di Distrik Prafi Melakukan Pengurusan Ijin Usaha

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Papua Barat, Ny. Siti Mardiana menyampaikan, dekranasda mencerminkan budaya Papua Barat dan mengusulkan agar dekranasda membuka Galeri di Bandara Rendani, mengingat para pengunjung biasanya berburu buah tangan.

“Saya lihat tadi galeri ini sangat luar biasa. Kalau bisa galeri ini ada juga di bandara. Karena tamu yang berkunjung ingin mencari cenderamata dari Papua Barat khususnya di Kabupaten Manokwari”, usulnya sembari menambahkan, dalam setiap iven henaknya wajib mengenakan ciri khas kerajinan Papua Barat baik Batik dan Noken.

Baca Juga  Musrenbang RPJPD, RKPD dan Musrenbang Otsus Papua Barat Diharapkan Hasilkan Usulan Prioritas 

“Kalau bisa saya juga usul kegiatan lomba ciri khas batik kita, karena saya lihat kita masih banyak menggunakan batuk dari daerah lain di Papua”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Manokwari, Yan Ayomi mengajak seluruh pihak untuk berkontribusi dengan berbelanja di Galeri sehingga memacu para pengrajin dan pelaku UMKM untuk produksi.

“Mari kita berkontribusi bagi kemajuan pembangunan di Manokwari. Semoga ini menjadi berkat dan mendatngkan kebaikan bagi kita semua”, harapnya.

Turut hadir, Sekda Manokwari Henri Sembiring, Ketua Dekranasda Kabupaten Manokwari, Ny. Febelina Indou, Forkopimda, Pimpinan OPD serta para pengrajin dan pelaku UMKM di Manokwari.

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Bupati Manokwari Beri Bonus 100 Juta Kepada Fajar Fathurahman Top Skor Sea Games 2023

MANOKWARI

Sambut Pangdam Kasuari, Bupati Hermus Harap Sinergitas Bersama Majukan Pembangunan di Tanah Papua

MANOKWARI

Pemprov Pabar Beri Penghargaan Bagi 3 Kabupaten, Manokwari Terbaik 1 Kategori Upaya Percepatan Penurunan Stunting

MANOKWARI

LPPD Gelar Pra Technical Meeting Pesparawi XIV Se Tanah Papua Tingkat Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya

MANOKWARI

Daftar Bacaleg, Partai Demokrat Papua Barat Optimis Rebut Kembali Palu Sidang di DPR 

MANOKWARI

Bupati Hermus Indou Resmikan gedung GPI Jalan Suci Jemaat Rehobot Prafi Manokwari

MANOKWARI

Tindaklanjuti Pertemuan dengan Presiden, Bupati Temui Dirjen Bina Marga Bahas Program Strategis Pembangunan di Manokwari

MANOKWARI

Bulan Ramadhan , Pemda Manokwari Keluarkan Surat Edaran Penutupan THM