Home / MANOKWARI / Papua Barat

Sabtu, 11 Mei 2024 - 10:21 WIB

Fatayat NU Papua Barat Gelar Seminar Bagi Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas III Manokwari

MANOKWARI, Kumparanpapua.com – Fatayat Nahdatul Ulama (NU) Provinsi Papua Barat, mengadakan seminar kesehatan pencegahan dini penyakit kewanitaan seperti kanker payudara bagi warga binaan Lapas Perempuan Kelas III Manokwari, Jumat (10/5/2024).

Sosialisasi dibuka Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Provinsi Papua Barat, Lilim Halimah, melibatkan dr. Destria Kusumarati sebagai narasumber.

Lilim Halimah mengungkapkan, kehadiran Fatayat NU Provinsi Papua Barat di Lapas Perempuan Kelas III Manokwari, salah satunya sebagai bentuk tali silaturahim bagi sesama perempuan.

Menurutnya, tidak ada bedanya antara perempuan yang di luar dan yang sedang berada di dalam Lapas Perempuan Kelas III Manokwari ini.

Ia mengatakan, perempuan yang kebetulan berada di Lapas Perempuan Kelas III Manokwari, karena diberikan waktu oleh Tuhan untuk dibina agar lebih baik lagi kedepannya.

“Jarak antara kita hanyalah dinding, kita semua adalah sama. Sahabat-sahabat yang di sini, dibina oleh lembaga pemasyarakatan yang diwadahi oleh pemerintah,” tuturnya.

Baca Juga  Wamendagri Terima Usulan Tiga Nama Pj Gubernur dari DPR Papua Barat
Seminar kesehatan pencegahan dini kanker payudara bagi warga binaan Lapas Perempuan Kelas III Manokwari yang diselenggarakan Fatayat NU Provinsi Papua Barat, Jumat (10/5/2024).
Seminar kesehatan pencegahan dini kanker payudara bagi warga binaan Lapas Perempuan Kelas III Manokwari yang diselenggarakan Fatayat NU Provinsi Papua Barat, Jumat (10/5/2024).

Menurut Lilim, perempuan adalah makhluk yang paling istimewa, salah satunya karena memiliki rahim tempat mula perkembangan manusia, dan juga memiliki payudara.

Hanya saja, sambung Lilim, sebagai makhluk Tuhan yang paling istimewa kadang lalai dengan mensyukuri dan menjaga nikmat dan berkat tersebut, sehingga kadang terjadi penyakit perempuan, seperti kanker serviks, kanker payudara, dan lainnya yang muncul secara berjenjang.

“Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini saya mengajak untuk menjaga, mensyukuri nikmat Tuhan dengan mampu merawat, menjaga dan paling tidak sadar sejak dini terhadap kesehatan tubuh kita. Semoga seminar kesehatan ini bermanfaat bagi kita semua,” pungkasnya.

Kasubsi Keamanan dan Ketertiban Lapas Perempuan Kelas III Manokwari, Siti A. Arifudin mengutarakan, warga binaan di Lapas Perempuan Kelas III Manokwari sebanyak 53 orang mengikuti seminar tersebut.

Baca Juga  Naik Tipologi, Bupati Hermus Harap Polresta Manokwari tingkatkan Pelayanan Kamtibnas

“Seminar ini sangat bermanfaat bagi kita karena penghuni di lapas sini semuanya perempuan, sehingga bisa menjadi pelajaran bagi warga binaan dan setelah keluar dari sini bisa tahu tentang pentingnya menjaga kesehatan kewanitaan,” ungkapnya.

Ia berterima kasih karena warga binaan Lapas Perempuan Kelas III Manokwari sering mendapat dikunjungan berbagai organisasi untuk saling berbagi.

“Siapapun yang mau berkunjung untuk melakukan kegiatan sangat dibolehkan yang penting komunikasi. Karena, dengan adanya kunjungan warga binaan merasa bahagia merasa seperti dikunjungi keluarga sendiri,” jelasnya.

Ketua Panitia, Fatmawati Mustafa menambahkan, seminar kesehatan dilaksanakan dalam rangkaian peringatan hari lahir (Harlah) Fatayat NU Provinsi Papua Barat ke-74 tahun 2024.

“Kita di Lapas Perempuan karena kita memikirkan warga binaan juga membutuhkan pengetahuan tentang menjaga kesehatan kewanitaan seperti kanker payudara,” jelasnya.

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Happy Shopping, Warga Rebutan Belanja di Hadi Supermarket

MANOKWARI

Kawal Pemilu 2024, Bawaslu PB Gelar Rakor Proyeksi Tantangan Penyelenggaraan Pemilu
Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere dan Ketua Bawaslu Papua Barat, Elias Idie usai teken NPHD Dana Pengawasan Pilkada 2024 (Foto : Istimewa)

MANOKWARI

Teken NPHD, Pemprov PB Hibahkan Rp.55.044 Miliar Dana Pengawasan Pilkada 2024 Kepada Bawaslu 
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, miliki polling teratas dalam Musra XIV Projo Se-Tanah Papua

MANOKWARI

Hasil Musra XIV Se-Tanah Papua, Airlangga Hartarto Peringkat Teratas Capres Pemilu 2024

MANOKWARI

Buka Pelatihan IT, Bupati Hermus Indou Mengapresiasi Peran Aktif Bunda PAUD di Sektor Pendidikan

MANOKWARI

Perdana Rayakan Dirgahayu MA, Pengadilan Tinggi Pabar Komitmen Lebih Tingkatkan Pelayanan

MANOKWARI

Dorong Cinta Produk Lokal , BI Perwakilan Papua Barat Gelar Pelatihan dan Onboarding UMKM

MANOKWARI

KPU Gelar Rapat Koordinasi Pemantapan Persiapan Menuju Pemilu di Kabupaten Manokwari