Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 16 Mei 2023 - 15:16 WIB

Ekspos Potensi Sekolah, SMK Negeri 3 Manokwari Gelar Expo to Explore

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Dalam rangka memperkenalkan potensi sekolah dan peserta didik ,SMK Negeri 3 Manokwari menggelar acara kegiatan “EXPO to EXPLORE SMK 3 Manokwari di halaman SMK Negeri 3 Manokwari Jl.Ekonomi Reremi selasa,(16/05/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Manokwari didampingi kepala sekolah SMK 3 Manokwari ditandai dengan pemukulan tifa.

Ketua Panita, Drs.Raymond L.Pattikawa yang juga adalah kepala sekolah SMK 3 Manokwari dalam sambutannya mengungkapkan bahwa SMK Negeri 3 Manokwari memiliki 3 program keahlian dan 5 kompetensi keahlian

Pertama program keahlian pariwisata dan perhotelan dengan tiga kompetensi yaitu kuliner,perhotelan dan usaha layanan wisata.

Kedua program keahlian kewirausahaan dan ekonomi kreatif dengan satu kompetensi keahlian yaitu tata busana.

Ketiga adalah program keahlian kehutanan dengan satu kompetensi keahlian yaitu kompetensi keahlian kehutanan.

Raymond menyebut, SMK Negeri 3 Manokwari telah berdiri sejak tahun 2007 dan tanggal 28 Mei mendatang genap berusia 16 tahun, namun selama ini yang masuk di sekolah ini masih bisa dihitung dengan jari padahal dari pusat sudah banyak memberikan kemudahan.

Pihaknya berharap melalui program penyelenggaraan kegiatan”Expo To Explore SMK 3 Manokwari ini bisa banyak siswa yang bisa masuk ke sekolah ini setelah melihat dari dekat keadaan di sekolah ini.

Baca Juga  Dekranasda Manokwari Kolaborasi PYCH Gelar Pasar Ramadhan¬†

Pada kesempatan yang sama bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya menjelaskan bahwa SMK Negeri 3 Manokwari adalah kekayaan daerah dan harus menjadi perhatian oleh pemerintah untuk dikembangkan sedemikian rupa.

“SMK 3 ini menjadi institusi pendidikan yang memadai bahkan menempatkan diri menjadi industri pendidikan yang bisa memproduksi anak-anak yang memiliki kompetensi yang luar biasa untuk masuk menjadi Pekerja-pekerja yang handal pada semua sektor baik di sektor industri maupun juga sektor-sektor lainnya” kata bupati.

Menurutnya, saat ini kita ada pada dunia yang terbuka dan era globalisasi dan digitalisasi yang penuh dengan tantangan dan juga kompetisi global karena itu dipastikan bahwa setiap daerah di Indonesia harus bisa berkompetisi secara baik dan bisa menjadi yang terbaik dari kompetisi itu, termasuk di dalamnya adalah seluruh sumber daya manusia kita dan diharapkan bisa mampu untuk bersaing dan berkompetisi dengan sumber daya manusia dari daerah-daerah lainnya.

“Kata kuncinya adalah institusi pendidikan Harus bisa kita perhatikan kalau tidak kita perhatikan Maka jangan pernah kita bermimpi tentang SDM yang baik dan juga SDM yang unggul karena tentu SDM yang baik yang memiliki kompetensi yang tinggi tidak terlepas dari penyelenggaraan pendidikan yang baik dan berkualitas”terangnya.

Baca Juga  Ratusan Pengajar dan Pegawai Perbankan Mengikuti TOT Cinta Bangga Paham Rupiah¬†

Bupati menambahkan, dalam aspek penyelenggaraan pendidikan ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama yakni adalah pendidikan bagi seluruh anak-anak, baik di tingkat dasar sampai ke perguruan tinggi.

Selain itu, kualitas setiap anak-anak juga semua institusi pendidikan dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi harus menjadi institusi pendidikan yang berkualitas.

” Tanpa kualitas pendidikan yang baik maka tentu anak-anak kita yang kita persiapkan di sebuah institusi pendidikan juga pasti tidak akan berkualitas” Ujar bupati.

Bupati berharap melalui kegiatan ini akan memperkenalkan sekolah ini secara luas pada seluruh kalangan di Manokwari terutama anak-anak yang saat ini masih mengikuti pendidikan di SMP untuk mereka bisa mengenal lebih dalam SMK Negeri 3 Manokwari .

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan berjalan dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi seluruh sinergitas akademika terutama anak-anak kita semua dan seluruh masyarakat di Kabupaten Manokwari tercinta”harap bupati.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Bupati Manokwari Minta Tim Terpadu Segera Dibentuk

MANOKWARI

Pemilu 2024, Pemkab Manokwari Bersama Kontestan Pemilu Deklarasi Pemilu Damai

MANOKWARI

Plafon Anggaran Pemkab Manokwari Tahun 2024 Mulai Dibahas

MANOKWARI

LDII Papua Barat Salurkan Ribuan Kilo Daging Kurban Kepada Masyarakat 

MANOKWARI

LPPD Gelar Pra Technical Meeting Pesparawi XIV Se Tanah Papua Tingkat Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya
Suasana Mubes dan Pra Mubes III Suku Kuri Wamesa Kabupaten Teluk Bintuni dan Provinsi Papua Barat 2023 (Foto : Istimewa)

Papua Barat

Mubes III Suku Besar Kuri Wamesa, Ini Pesan Bupati Teluk Bintuni

MANOKWARI

Kejati Papua Barat Gelar Temu Akrab Bersama Insan Pers

MANOKWARI

Bupati Manokwari Lantik 13 Kepala Kampung dan Pelantikan 365 Bamuskam pada 73 Kampung