Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 3 April 2023 - 18:11 WIB

DPD KNPI Papua Barat Dukung Waterpau Lanjutkan Pj Gubernur

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- DPD KNPI Papua Barat, Dr. Samy Djunire Saiba, M.S menanggapi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3/1774/SJ tanggal 27 Maret 2023 tentang usulan nama Calon Penjabat Gubernur secara khusus di Provinsi Papua Barat.

Samy menilai bahwa hal tersebut adalah aturan negara dimana Presiden melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengevaluasi kinerja penjabat (Pj.) Kepala Daerah se-Indonesia guna mengetahui sejauh mana kinerja para Pj. Kepala Daerah membangun daerah.

Sebagaimana masa jabatan penjabat kepala daerah paling lama setahun dan bisa diperpanjang ataupun tidak, tergantung pada evaluasi dari Kemendagri.

DPD KNPI Papua Barat menilai kinerja Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si saat ini sangat baik dan telah melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan menunjukkan loyalitas dan totalitas terhadap visi yang di berikan oleh Negara selama beliau memimpin Papua Barat.

“Yang kami ikuti, beliau juga selalu menanamkan nilai-nilai moral dan pengabdian kerja yang tulus dan menjadi abdi Negara yang bekerja taat azas dan loyal kepada pimpinan, siapapun dia yang memimpin. Kata-kata beliau yang menjadi trend di kalangan anak muda adalah, *“Stop Bikin Diri Inti”*. Artinya sebagai pelayan masyarakat kita harusnya melayani masyarakat dengan baik, karena kita hanyalah seorang pelayan bagi masyarakat” ujarnya melalui press release, senin (3/4/2023).

Menurutnya, statement Waterpauw teringat dalam Raker Bupati/ Walikota se-Provinsi Papua Barat tahun 2022 di Aimas, Sorong bahwa komunikasi harus kita buka, bicara tentang semua kebijakan antara semua pihak adalah komunikasi. Seperti duduk begini salurkan semua pikiran yang mewakili rakyat. Jadi Stop Bikin Diri Inti, kalau tidak bekerja untuk rakyat.

Baca Juga  Waterpau Harap Kolaborasi Semua Pihak Dukung Karya UMKM di Papua Barat

“Kami melihat kerja kerja nyata yang dilakukan oleh Pj Gubernur Waterpauw sudah sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Pemerintah Pusat” ujarnya.

KNPI Papua Barat menilai bahwa Pj Gubernur Waterpauw sudah berjalan sesuai dengan kriteria yang di berikan oleh Pemerintah Pusat.

“Salah satu ciri kepemimpinan beliau yang kami amati adalah *“Beliau Taat Asas, Loyal, Totalitas dan Patuh kepada Pimpinan serta Keputusan Negara.“*

Ciri kepemimpinan ini tentu menjadi modal dasar bagi setiap orang yang akan menjadi pemimpin di bumi Kasuari”.

Dalam pandangan DPD KNPI Papua Barat, obsesi yang Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si. ingin hadirkan di Bumi Kasuari adalah, “Menjadikan Provinsi Papua Barat Sebagai Rule Model Pemerintahan Otonomi Khusus di Tanah Papua.”

Artinya, Tanah Papua dapat mengalami loncatan percepatan pembangunan dan perubahan yang signifikan, selanjutnya rakyat boleh menikmati kesejahteraan secara adil dan merata, dan tidak ada lagi teriakan merdeka disana, semua itu bergantung pada siapa kepala daerahnya dan tentu penyelenggara negara yang dipimpinnya.

KNPI Papua Barat mengamati ada beberapa pokok-pokok penilaian, seperti kepemimpinan dalam pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah (utamanya aspek kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan pelaksanaan pelayanan publik), serta kewajiban dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat daerah, dilaksanakan dengan baik oleh Pj. Gubenrur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpau, M.Si.

Pj. Gubenrur Papua Barat ini sangat memegang teguh prinsip mengamalkan nilai-nilai Pancasila, melaksanakan UUD RI Tahun 1945 serta mempertahankan dan memelihara Keutuhan NKRI.

Baca Juga  Babinsa Koramil 06/Sidey Kodim 1801/Manokwari melaksanakan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni 

Hal ini tentunya menjadi amanah yang di berikan oleh Negara dan semuanya sudah beliau jaga dan jalankan dengan sangat baik. Dan bagi kami beliau pantas mendapat predikat “excellent” dan nilai tersebut harus kami genererasi muda pedomani dan jalankan.

DPD KNPI Papua Barat juga menilai Pj. Gubernur Waterpauw menunjukkan dedikasi yang baik dengan terus menjaga etika pribadi dan norma-norma dalam melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, serta beliau terus menjalin hubungan kerja bersama yang baik dengan Forkopimda dan seluruh instansi vertikal di daerah serta lembaga organisasi kemasyarakatan, baik lembaga keagamaan, organisasi politik, organisasi Masyarakat Adat, paguyuban-paguyuban, dan secara khusus menjadi Pembina bagi organisasi Kepemudaan di Papua Barat, terutama sangat bersinergi dengan DPD KNPI Papua Barat.

Karena itu DPD KNPI Papua Barat menilai bahwa Pemerintah Pusat/ Kementerian Dalam Negeri akan sangat bijaksana dalam melakukan penilaian dan evaluasi kinerja terhadap Penjabat Kepada Daerah di Indonesia secara khusus bagi Penjabat Gubernur Papua Barat.

DPD KNPI Papua Barat secara penuh memberikan dukungan kepada Pemerintah Pusat dalam melakukan evaluasi kinerja Penjabat Gubernur Waterpauw dan kami sangat yakin, Negara akan menempatkan Penjabat Gubernur Papua Barat yang bekerja tepat, bergerak cepat dan tentunya memberikan rasa aman bagi semua oarang Indonesia yang ada di bumi Kasuari, seperti yang telah ditunjukan oleh Pj. Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, selama beliau memimpin. terang“Samy.

Share :

Baca Juga

Clinton Tallo,Kandidat Kuat Ketua Pertina Provinsi Papua Barat (Foto : KP2/Kumparanpapua.com)

MANOKWARI

Clinton Tallo, Calon Kuat Pimpin Kembali Pertina Papua Barat 

MANOKWARI

HUT Flobamora Ke-8 Tahun Bupati Manokwari Apresiasi Keluarga Besar Kerukunan Flobamora 

MANOKWARI

Perebutkan 1.563 Formasi, Calon PPPK Kemenkumham Jalani Seleksi Kompetensi

Papua Barat

Mubes IV Suku Arfak, Pj Gubernur Papua Barat Harap Dapat Menghasilkan Ide dan Gagasan Bangun Tanah Papua

MANOKWARI

Raperda Perpustakaan Daerah, Satu-Satunya Raperda Inisiatif DPR Papua Barat dalam Perubahan APBD T.A 2023

MANOKWARI

Tersebar di 3 Parpol, 15 Bacalon Dinyatakan TMS Oleh KPU Papua Barat

Papua Barat

Timsel Calon Anggota KPU Kabupaten Se-Provinsi Papua Barat, Dinilai Tidak Transparan 

MANOKWARI

Resmikan SPBU DODO, Bupati Harap Kebutuhan BBM Nelayan di Manokwari Terpenuhi