Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 4 April 2023 - 14:26 WIB

Dorong Cinta Produk Lokal , BI Perwakilan Papua Barat Gelar Pelatihan dan Onboarding UMKM

MANOKWARI, Kumparanpapua.com-Dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Papua Barat, Bank Indonesia menggelar kegiatan pembukaan pelatihan dan Onboarding UMKM Papua Barat

Kegiatan ini di buka oleh Pj Gubernur Papua Barat yang dalam hal ini di wakili oleh Asisten III Setda Provinsi Papua Barat Drs. Abdul Latief Suaeri, M, Si, bersama dengan kepala perwakilan Bank Indonesia Papua Barat,Rimmy S. Tamawiwy ditandai dengan pemukulan tifa , di Hotel Swiss- Bell, Selasa (04/04/2023).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Rimmy S.Tamawiwy dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka mendorong peran serta seluruh pihak, baik pemerintah daerah, pelaku usaha, industri, perbankan dan stakeholder lainnya pemerintah telah menggagas gerakan nasional bangga buatan Indonesia(GBBI) yang bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, terutama produk UMKM lokal.

“Dalam rangka mendukung GBBI Papua Barat tersebut kami telah menyelenggarakan kurasi UMKM potensi Papua Barat 2023 dengan total pendaftar sebanyak 260 UMKM yang tersebar di seluruh kabupaten di Papua Barat, dari 260 UMKM terbaik di Papua Barat itulah terpilih 55 UMKM yang terpilih dan memenuhi syarat( lolos kurasi) dengan parameter penilaian antara lain kualitas, kuantitas/kapasitas kontinuitas keunikan/ciri kas inovasi produk dan preferensi pasar yang direkomendasikan oleh tim kurator yang terdiri dari dekranasda Provinsi Papua Barat” ,tutur Rimmy.

Baca Juga  Sekda Manokwari: LHKPN Segera Dilaporkan

Rimmy berharap,melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dapat terus beradaptasi dengan perubahan teknologi dan peran pasar, memperbarui strategi pemasaran digital dan mengoptimalkan penggunaan media sosial dan platform e-commerce untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi digital UMKM dapat memperluas pasar mereka dan meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan

” Dengan adanya pelatihan dan pendampingan UMKM ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan sektor UMKM di Papua Barat”, harap Rimmy.

Sementara itu Pj Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Provinsi Papua Barat Drs. Abdul Latief Suaeri, M, Si, menyampaikan sepenuhnya mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia (GBBI) yang digagas oleh pemerintah sebagai provinsi yang akan menjadi pelaksana harvesting GBBI pada tanggal 12 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga  Relawan JANGKAR Prabowo - Gibran Gandeng PMI Galang Donor Darah

Menurutnya, Papua Barat memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk-produk UMKM lokal.

Pihaknya juga merasa sangat bangga dengan kurasi UMKM 2023 yang telah diselenggarakan oleh Bank Indonesia yang memiliki 55 UMKM terbaik di Papua Barat untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan.

“saya meyakini bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi UMKM di Papua Barat dan akan memperkuat kontribusinya dalam perekonomian daerah” tuturnya.

Ia berharap peserta UMKM yang mengikuti pelatihan dan pendampingan ini untuk menyerap ilmu dan mengimplementasikannya dalam proses bisnis yang biasa dilakukan agar manfaat atas pelatihan dan pendampingan ini semakin terasa.(KP/03) 

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Jalin Kerjasama dengan Pemkab Manokwari dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan

MANOKWARI

Pemda Manokwari Akan Terbitkan Perda Penggunaan Noken di Pusat Perbelanjaan Gantikan Kantong Plastik

MANOKWARI

Rencanakan Penerapan Sekolah Berpola Asrama, Pemda Siapkan Kajian Akademik
Bupati Manokwari,Hermus Indou(Foto :Kp03/Kumparanpapua.com

MANOKWARI

Efisienkan Anggaran, ASN di Pemda Manokwari Akan Didata Kembali

MANOKWARI

Ketua PN Manokwari IB, Apresiasi Prestasi Luar Biasa yang Diraih Hakim PN Manokwari IB atas Gelar Doktor dengan Predikat CUMLAUDE dari UNHAS
Ketua KPU Kabupaten Manokwari, Christine Rumkabu (Foto : Istimewa)

MANOKWARI

Kampanye Dimulai, Parpol Diminta Patuhi Aturan Berkampanye

MANOKWARI

Buka Muswil Ke IV LDII Papua Barat Akan Bahas Delapan Program Strategi

MANOKWARI

Warga Terdampak Pembangunan Pasar Sanggeng dan Ruang Publik Borasi Mulai Dibayarkan