Home / MANOKWARI / Papua Barat

Selasa, 4 April 2023 - 14:26 WIB

Dorong Cinta Produk Lokal , BI Perwakilan Papua Barat Gelar Pelatihan dan Onboarding UMKM

MANOKWARI, Kumparanpapua.com-Dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Papua Barat, Bank Indonesia menggelar kegiatan pembukaan pelatihan dan Onboarding UMKM Papua Barat

Kegiatan ini di buka oleh Pj Gubernur Papua Barat yang dalam hal ini di wakili oleh Asisten III Setda Provinsi Papua Barat Drs. Abdul Latief Suaeri, M, Si, bersama dengan kepala perwakilan Bank Indonesia Papua Barat,Rimmy S. Tamawiwy ditandai dengan pemukulan tifa , di Hotel Swiss- Bell, Selasa (04/04/2023).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Rimmy S.Tamawiwy dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka mendorong peran serta seluruh pihak, baik pemerintah daerah, pelaku usaha, industri, perbankan dan stakeholder lainnya pemerintah telah menggagas gerakan nasional bangga buatan Indonesia(GBBI) yang bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, terutama produk UMKM lokal.

“Dalam rangka mendukung GBBI Papua Barat tersebut kami telah menyelenggarakan kurasi UMKM potensi Papua Barat 2023 dengan total pendaftar sebanyak 260 UMKM yang tersebar di seluruh kabupaten di Papua Barat, dari 260 UMKM terbaik di Papua Barat itulah terpilih 55 UMKM yang terpilih dan memenuhi syarat( lolos kurasi) dengan parameter penilaian antara lain kualitas, kuantitas/kapasitas kontinuitas keunikan/ciri kas inovasi produk dan preferensi pasar yang direkomendasikan oleh tim kurator yang terdiri dari dekranasda Provinsi Papua Barat” ,tutur Rimmy.

Baca Juga  Bulan Ramadhan, Kantor Perwakilan BI Papua Barat Gelar Kick Off SERAMBI 2024

Rimmy berharap,melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dapat terus beradaptasi dengan perubahan teknologi dan peran pasar, memperbarui strategi pemasaran digital dan mengoptimalkan penggunaan media sosial dan platform e-commerce untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi digital UMKM dapat memperluas pasar mereka dan meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan

” Dengan adanya pelatihan dan pendampingan UMKM ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan sektor UMKM di Papua Barat”, harap Rimmy.

Sementara itu Pj Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Provinsi Papua Barat Drs. Abdul Latief Suaeri, M, Si, menyampaikan sepenuhnya mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia (GBBI) yang digagas oleh pemerintah sebagai provinsi yang akan menjadi pelaksana harvesting GBBI pada tanggal 12 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga  Safari Ramadhan, Bupati Mengajak Semua Pihak untuk Terus Menjaga dan Melestarikan Kebhinekaan

Menurutnya, Papua Barat memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk-produk UMKM lokal.

Pihaknya juga merasa sangat bangga dengan kurasi UMKM 2023 yang telah diselenggarakan oleh Bank Indonesia yang memiliki 55 UMKM terbaik di Papua Barat untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan.

“saya meyakini bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi UMKM di Papua Barat dan akan memperkuat kontribusinya dalam perekonomian daerah” tuturnya.

Ia berharap peserta UMKM yang mengikuti pelatihan dan pendampingan ini untuk menyerap ilmu dan mengimplementasikannya dalam proses bisnis yang biasa dilakukan agar manfaat atas pelatihan dan pendampingan ini semakin terasa.(KP/03) 

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Antropologi UNIPA Gelar Diskusi Publik dan Launching Buku Budaya Pendidikan Berpola Asrama di Papua 

MANOKWARI

Bupati Dorong PMI Gencar Sosialisasi

MANOKWARI

KPU Manokwari Launching Tahapan Pilkada Serentak Kabupaten Manokwari Tahun 2024 

MANOKWARI

Airlangga Hartarto Lantik Paulus Waterpau Sebagai Ketua DPD Golkar Papua Barat Masa Bahkti 2020- 2025
Kapolresta Manokwari, Kombes Pol RB Simangunsong memberikan keterangan kepada wartawan di markas Polresta Manokwari, Senin (27/11/2023).

MANOKWARI

Polresta Manokwari Gelar Patroli Rutin Menjelang Kampanye Pemilu 2024

MANOKWARI

Kanwil Kemenag Papua Barat Gelar Pembinaan Korban Aliran Paham Keagamaan IsIam

MANOKWARI

Panen Raya Nenas di Kampung Duweibey, Bupati Harap Buah Merah Dapat Dikembangkan

MANOKWARI

Plafon Anggaran Pemkab Manokwari Tahun 2024 Mulai Dibahas