Home / HUKUM DAN KRIMINAL

Jumat, 23 Februari 2024 - 10:30 WIB

Dirugikan, Partai GOLKAR Minta Advokat YCW Klarifikasi Pernyataan Menyesatkan

(Gambar: Istimewa)

(Gambar: Istimewa)

 

MANOKWARI, Kumparanpaua.com- Akhir-akhir ini serangan politik kepada Partai GOLKAR, sebagai pemenang pemilu di Provinsi Papua Barat mengalami kenaikan intensitas, seperti yang dilakukan oleh pengacara atas nama Yan Christian Warinussy dari Lembaga Penelitian Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari.

Heriyanto, selalu Kuasa Hukum Ketua DPD Golkar Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw, meminta YCW untuk mengklarifikasi pernyataannya di media yang dinilai menyesatkan masyarakat, dan merugikan Partai GOLKAR.

“Hal ini perlu di klarifikasi mengingat citra Partai GOLKAR yang sedang harum di tengah masyarakat. Partai Golkar merupakan induk dari lahirnya partai lain, dan Partai GOLKAR sudah bekerja nyata di tengah masyarakat. Bahkan karya-karya Partai GOLKAR sudah bisa dirasakan oleh masyarakat Papua Barat,”ujar Heriyanto, dalam rilisnya yang diterima media ini, Kamis (21/2/2024).

Heriyanto menjelaskan, dugaan politik uang yang dihembuskan oleh Yan Christian Warinussy sudah ditangani oleh Sentra Gakkumdu. Sehingga tidak perlu menggiring opini dan menilai, bahwa peristiwa tersebut tidak benar yang tersebar di masyarakat hanya berupa foto seorang perempuan yang memegang uang dan kartu nama.

Baca Juga  Mendagri Tugaskan Sekda Papua Jadi Plh Gubernur

“Peristiwa tersebut belum bisa dikatakan sebagai perbuatan melawan hukum, yang mana sudah diklarifikasi oleh yang bersangkutan (Perempuan) di dalam Foto bahwa itu hanya keisengan semata dan uang yang dipegang adalah uang pribadi tidak menyangkut uang dari Partai GOLKAR”, ungkapnya.

Ia meminta Yan Christian Warinussy seharusnya membaca dengan benar unsur politik uang didalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 bahwa politik uang harus dibuktikan dengan keaktifan sedang memberikan uang, bukan foto orang pegang uang.

“Sebagai seorang pengacara yang memahami hukum harusnya membaca aturan dengan cermat sebelum berbicara ke publik karena apa yang dilakukan saudara Christian Yan Warinussy merupakan penyesatan masyarakat yang mayoritas masih awam hukum,”tukasnya.

Dikatakan, tuduhan lainnya terkait kemenangan calon anggotan DPRD Kabupaten atas nama Suriyati yang dituduh tidak pernah berbuat apa-apa bagi masyarakat merupakan fitnah yang keji mengingat terpilihan Suryati seorang DPRD Kabupaten merupakan upaya 5 tahun melayani masyarakat Papua Barat, khususnya di daerah pemilihan.

Baca Juga  Aparat Berhasil Amankan 168 Miras Ilegal di Daerah Entrop

“Partai GOLKAR melihat sejak awal Christian Yan Warinussy dan LP3BH mengeluarkan pernyataan-pernyataan menyesatkan masyarakat Papua Barat sehingga kepada yang bersangkutan harus mengklarifikasi dan meminta maaf. Atau kami dari partai GOLKAR akan melaporkan yang bersangkutan kepada aparat pihak berwajib. Sebab apa yang dinyatakan didalam media-media telah merugikan institusi Partai GOLKAR bukan hanya di Papua Barat tetapi juga Partai GOLKAR secara Nasional,”ujarnya.

Yan Christian Warinussy kata Heriyanto sebaiknya tidak perlu memperkeruh suasana di Provinsi Papua Barat yang sudah aman, damai dan tentram.

“Segala dugaan-dugaan pelanggaran dari partai politik manapun sudah ada Sentra Gakkumdu, Bawaslu dan Aparat Penegak Hukum yang memiliki integritas menindaklanjuti itu semua”, tandanya (*/rls)

Share :

Baca Juga

HUKUM DAN KRIMINAL

Aparat Berhasil Amankan 168 Miras Ilegal di Daerah Entrop

HUKUM DAN KRIMINAL

Partai GOLKAR Proses Hukum Pihak yang Cemarkan Nama Baik Partai

HUKUM DAN KRIMINAL

Gubernur Papua Ditangkap KPK

HUKUM DAN KRIMINAL

Mendagri Tugaskan Sekda Papua Jadi Plh Gubernur