Home / Papua

Kamis, 10 Agustus 2023 - 20:58 WIB

Dinas Pendidikan Papua : Lirik Minat Dan Bakat Siswa Dengan Gelar berbagai Lomba

JAYAPURA,Kumparanpapua.com-Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menggelar Lomba Debat Bahasa asing , Karya Tulis Ilmiah dan Kewirausahaan tingkat SMA-SMK yang akan berlangsung selama 2 hari, 8 – 9 Agustus 2023 di salah satu hotel di kota Jayapura.

Kabid Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Provinsi Papua, Yulianus Kuayo mengatakan gelaran lomba yang dilaksanakan merupakan lomba minat bakat jenjang SMA-SMK tingkat provinsi Papua tahun 2023.

“Ada debat bahasa asing bagi siswa SMA/SMK, Lomba kewirausahaan tingkat SMK dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Pada debat bahasa Asing yakni bahasa Mandarin, Jepang, dan bahasa inggris,” ungkapnya.

Yulianus mengatakan bahwa lomba kewirausahaan merupakan program baru yang nantinya bakal dievaluasi kelulusannya yang telah terserap di dunia industri.

“Kewirausahaan merupakan program baru dimana kami ingin mengalevaluasi sejauh mana kurang lebih 4 tahun SMK di provinsi Papua, kelulusannya berapa yang telah terserap di dunia industri dan berapa yang bekerja di wirausaha

Baca Juga  PJ Bupati Jayapura Himbau Warga Pasang Penerangan dan Aktifkan Pengamanan Lingkungan

Evaluasi ini akan diberi nilai dan dianggap sekolah yang terbaik berhasil meluluskan siswa,” ungkapnya.

Menurutnya program tersebut sangat baik guna untuk memproteksi peran sekolah menyiapkan siswa untuk Kewirausahaan kedepannya.

“Ini program yang cukup baik untuk memproteksi peran sekolah menyiapkan kewirausahaan kedepa,” Imbuhnya.

Dia berharap program kewirausahaan dapat memicu semangat sekolah terutama menyiapkan kelulusannya.

“Harapannya nanti untuk kewirausahaan memicu semangat sekolah untuk mengevaluasi kembali apa yang telah dikerjakan selama ini. Terutama menyiapkan lulusan kewirausahaan dan itu menjadi acuan sekolah untuk memperbaiki kurikulumnya, kompetensi guru, atau memperbaiki industri titik victory di sekolahnya”, paparnya.

Sementara untuk Debat Bahasa asing diikuti lebih banyak peserta. Para peserta berasal dari SMA dan SMK di 3 kabupaten kota.

Baca Juga  Bima Arya : Menuju Indonesia emas di 2045 , kota se-Indonesia harus menjadi penggerak utama

Salah satu siswa SMK negeri 1 yang mengikuti debat bahasa Mandarin, Ahmad vije hasan mengatakan bahasa asing sangat asik untuk dipelajari .

“ hari ini saya ikut debat bahasa Jepang, saya pilih bahasa asing karena asik untuk dipelajari. Dan saya belajar sejak kelas X saat masuk SMK.

Menurut saya teman teman di SMK penting untuk belajar bahasa asing karena SMK adalah sekolah kejuruan, apalagi yang ambil jurusan perhotelan,” ujar peserta yang juga pemenang debat tingkat kota jayapura itu.

Diketahui, 12 peserta mengikuti lomba debat bahasa. 4 peserta mengikuti lomba kewirausahaan. 4 peserta mengikuti lomba karya tulis ilmiah yang masing-masing berasal dari SMA-SMK di Kota Jayapura, Keerom serta kabupaten Jayapura.(KP/04)

Share :

Baca Juga

Papua

Tingkatkan Potensi Pariwisata, Dispar Kota Jayapura Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Papua

Lagi, Kebakaran Kembali Terjadi di Jayapura

Papua

Iwan Niode : Saksi Jenny Usmany Simpan Banyak Kepentingan

Papua

Pekan Panutan Pajak Bagi ASN dan Warga Kota Jayapura Segera Dilaksanakan, Catat Waktunya!

Papua

Raih Tiga Penghargaan Dalam BKN Award Tahun 2023, Pemkot Jayapura Makin Termotivasi
Tim Putra SMA Street Soccer Papua yang berhasil menorehkan prestasi gemilang di Festival Olahraga Nasional (FORNAS) VII di Bandung Jawa Barat beberapa waktu lalu, Jumat (21/7/2023).

Papua

Perssoci Papua Sukses Sumbang 2 Emas di FORNAS VII Jawa Barat

Papua

Disnaker Kota Jayapura dan PT Soney Raya Kolaborasi Gelar Diksar Satpam Gada Pratama Angkatan III Tahun 2024

Papua

Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan dalam LKPJ Walikota Jayapura Tuai Sorotan dari Panja DPRD