Home / MANOKWARI / Papua Barat

Sabtu, 11 Maret 2023 - 15:58 WIB

Bupati Manokwari Harap Dataran Wapramasi Jadi Lumbung Pangan

MANOKWARI,Kumparanpapua.Com- Bupati Manokwari Berharap dataran Warmare, Prafi, Masni, dan Sidey (Wapramasi) bisa diwujudkan sebagai lahan yang potensi sebagai lumbung pangan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati dalam Acara Panen Padi Nusantara Dalam Rangka Pelaksanaan Panen Padi Nusantara yang dilakukan secara offline oleh Bapak Presiden RI didampingi Menteri Pertanian di Kabupaten Ngawi Jawa Timur di Sidey Baru Distrik Sidey, Sabtu (11/3/2023).

Bupati menyampaikan bahwa lahan yang ada saat ini dikelolah dan dikembangkan sehingga potensi sumber daya alam di provinsi tapi juga di Kabupaten Manokwari pada khususnya ini bisa berdaya guna dan juga berhasil guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita di Kabupaten Manokwari.

Olehnya itu kolaborasi dan bekerja sama menjadi kunci kekuatan dan kesuksesan dari semua program pembangunan di Kabupaten Manokwari.

Bupati berharap masyarakat dapat memastikan daerah ini harus bisa hidup mandiri dan menjadi daerah penghasil yang menghasilkan segala sesuatu untuk memenuhi kebutuhan dalam daerah maupun mampu menyediakan produksi lebih untuk bisa memenuhi kebutuhan di daerah lain khusus di bidang pertanian

Baca Juga  10 Bacalon DPD RI Dinyatakan Lolos Verifikasi Administrasi Kedua Oleh KPU Papua Barat

Olehnya itu, untuk meningkatkan produktivitas banyak faktor yang harus diperhatikan secara bersamaan terutama lahan produksi.

Saat ini target lahan yang dibutuhkan sekitar 6000 ha namun belum produktif dan yang efektif produktif hari ini hanya sekitar 1000 ha, sehingga target produktivitas harus ditingkatkan menjadi 2000 ha.

Akan tetapi hal ini tidaklah mudah jika tidak ditunjang oleh faktor lain seperti pupuk dan sarana infrastruktur yang memadai

Bupati menekankan bahwa kesejahteraan petani di dataran luas Wapramasi harus menjadi perhatian dan juga produksi petani harus bisa terserap di pasar.

“Kami sudah berkomitmen untuk setiap tahun menganggarkan bahkan juga menaikkan harga untuk produksi beras dari para petani di Wapramasi dengan bekerjasama dengan bumdes yang ada” ujar Bupati.

Pihaknya juga telah menyampaikan kepada pemerintah provinsi Papua barat dalam hal ini gubernur untuk ke depannya bisa kerjasama dengan produksi hasil panen beras dari kabupaten Manokwari juga

Baca Juga  Perindo Dukung Bupati Periode Kedua, Ini Jawaban Hermus Indou

untuk Bulog bupati berharap kedepannya jika petani bisa memproduksi dalam jumlah yang besar, Bulog juga bisa mengambilnya sebagai stok pangan daerah yang bisa dipakai juga untuk melayani kebutuhan masyarakat secara luas.

Bupati mengajak semua pihak agar produksi pertanian harus dijaga dan pendampingan kepada seluruh petani harus dioptimalkan agar para petani bisa bekerja dengan baik di lapangan dan produktivitas pertanian kita bisa meningkat.

Tak lupa dukungan dari masyarakat lokal sangat penting dalam penyelamatan pertanian terutama bagi yang melakukan aktivitas pengelolaan sumber daya alam yang berimplikasi negatif terhadap kerusakan lingkungan dan juga kualitas air.

” Dataran Wapramasi menjadi pintu masuk untuk kita membangun transformasi pertanian yang jauh lebih baik lagi di Kabupaten Manokwari yang diharapkan bisa masuk daftar nasional sebagai kabupaten yang bisa memproduksi beras di Kabupaten Manokwari untuk memenuhi kebutuhan minimal di Kabupaten Manokwari dan juga Provinsi Papua Barat” tandas Bupati ( KP-03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Bupati Manokwari Serahkan SK Plt. Kepala Dinas

MANOKWARI

Hasilkan Data Akurat, Dinas Gelar Sinkronisasi Data Statistik Perkebunan ATAP 2022

MANOKWARI

Bupati Serahkan Bantuan Hibah Barang Multimedia Kepada KPU Manokwari

MANOKWARI

Bawaslu Manokwari Serahkan Rekomendasi Ke KPU Untuk Dilakukan PSU untuk 7 TPS di Manokwari Barat

MANOKWARI

Hadiri Temu Raya Majelis Jemaat GKI Se Klasis Manokwari, Bupati Harap Dapat Membangun Kapasitas

Papua Barat

Ratusan Warga dan Simpatisan Hadiri Pertemuan Terbatas Caleg DPR RI Dapil Papua Barat Roma Megawanty di Bintuni

MANOKWARI

Jaquilina Claudia Nyatakan Diri Siap Maju Rebut Kursi DPR Papua Barat

MANOKWARI

Safari Ramadhan, Bupati Manokwari Mengajak Umat Muslim Menjalani Ibadah Puasa dengan Keikhlasan