Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 20 November 2023 - 14:50 WIB

Buka Rakor SAR Daerah dan Pelatihan Teknis, Fonataba Harap Hasilkan SDM Berkualitas dan Handal

MANOKWARI,Kumparanpapua.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPB) atau Basarnas Kabupaten Manokwari menggelar Rapat Koordinasi Sar daerah dan Pelatihan Teknis Pertolongan di permukaan air bagi potensi pencarian dan pertolongan, di Aula Ballroom Aston Manokwari, Senin (20/11/2023).

Kegiatan Rakor SAR tersebut berlangsung Selama 2 hari (20-21 November 2023).

Sementara pelaksanaan pelatihan berlangsung dari tanggal 20-25 November 2023.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Yacob Fonataba mengapresiasi Basarnas atas penyelenggaraan kegiatan ini. Ia berharap, Rakor ini dapat merumuskan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan manusia di wilayah Provinsi Papua Barat.

“Kemudian untuk pelatihan kami berharap dari pihak Basarnas akan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas memiliki karakter yang handal untuk mendukung pekerjaan pencarian dan pertolongan bagi keselamatan manusia di Provinsi Papua Barat”, ujarnya.

Pemerintah Provinsi Papua Barat lanjut Fonataba, juga berharap unit-unit daripada Basarnas ini akan terus dibangun dengan pemerintah daerah terutama kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Papua Barat, sehingga akan terkoordinasi baik, supaya dapat menanggulangi hal-hal yang terjadi diluar kemampuan kita yang berada di wilayah perairan di Provinsi Papua Barat.

Baca Juga  Tingkatkan Persahabatan dan Persaudaraan Kebangsaan DPD LDII Kabupaten Manokwari Gelar Silahturahim Syawal 1445 H Tahun 2024

Pada kesempatan yang sama juga I Wayan Suyatna selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Manokwari dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari penyelenggaraan rapat koordinasi ini adalah untuk mewujudkan penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan yang cepat, aman dan terkoordinasi.

Sementara itu tujuan dari pelatihan teknis potensi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang pencarian dan pertolongan kepada potensi pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan pertolongan dan penyelamatan korban di permukaan air dan meningkatkan kemampuan potensi pencarian dan pertolongan dalam melakukan evakuasi dan menjadi forum berbagi pengalaman sekaligus menjaga link sinergitas dan soliditas antar kantor pencarian dan pertolongan Manokwari.

Adapun peserta yang mengikuti rapat koordinasi dan penyusunan kontingensi SAR adalah 40 orang dan pelatihan potensi pencarian dan pertolongan berjumlah 50 orang yang berasal dari TNI/Polri, pemerintah daerah dan organisasi masyarakat potensi pencarian dan pertolongan yang berada di daerah Manokwari.

Baca Juga  Bupati Manokwari Harap Kosgoro 1957 Mampu Berikan Solusi Cerdas Terhadap Setiap Permasalahan Pembangunan

” 2 orang asistensi dari kantor pusat Basarnas, 1 orang observer dari pusat pelatihan SDM pencarian dan pertolongan Basarnas, 4 orang pengajar dari kantor pencarian dan pertolongan Manokwari,15 orang asisten pengajar dari kantor pencarian dan pertolongan Manokwari, 5 orang panitia pendukung dari kantor pencarian dan pertolongan Manokwari”, rincinya.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Kusworo yang diwakili PKPP Ahli Madya Direktorat Operasi Hari Adi Purnomo menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat memformulasikan materi yang diberikan dan selama mengikuti kegiatan peserta dapat bermanfaat sehingga potensi SAR dapat melakukan tugas di wilayah Papua Barat.

“Kegiatan ini juga dapat menjawab masalah yang ada melihat kondisi dilapangan SAR Manokwari sangat kompleks”, ujarnya.

Peran seluruh potensi SAR sangat penting dalam mendukung Basarnas dalam pertolongan yang akan dilakukan. Sehingga dikatakan potensi yang ada harus digunakan dengan maksimal.

“Pesan saya agar kemampuan SAR yang dimiliki khususnya peserta, sehingga pelatihan hendaknya harus diasah dan di dipelihara juga diteruskan kepada masyarakat luar”, pesannya. (KP-03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Buka Grand Prix Manokwari Choir Competition 2023, Bupati Manokwari Harap Menjadi Sarana Pembinaan Generasi Muda

MANOKWARI

Bupati Manokwari Ajak Masyarakat Serui Jaga Integritas Sosial

MANOKWARI

Bupati Manokwari Lantik 455 Bamuskam dari 91 Kampung

MANOKWARI

Waterpauw : OPD Papua Barat Bakal Jadi 34

MANOKWARI

Pemda Bersama Forkopimda Gelar Rapat Pengembangan Kawasan Bandar Udara Rendani Manokwari

MANOKWARI

Kedatangan Wapres Diharapkan Hadir Pada Puncak Perayaan HUT PI

MANOKWARI

Tingkatkan Persahabatan dan Persaudaraan Kebangsaan DPD LDII Kabupaten Manokwari Gelar Silahturahim Syawal 1445 H Tahun 2024

MANOKWARI

Rekapitulasi Suara Parpol dan Calon Anggota DPR Provinsi Dapil Papua Barat 1 di Distrik Manokwari Timur, Partai GOLKAR Unggul