Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 6 November 2023 - 16:34 WIB

BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Jalin Kerjasama dengan Pemkab Manokwari dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Dalam rangka Universal Health Coverage Tahun 2024 BPJS Kesehatan Cabang Manokwari melakukan penandatanganan Kerjasama bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional Bagi penduduk di Kabupaten Manokwari di ruang rapat kantor Bupati Manokwari,Senin(06/11/2023).

Bupati Manokwari, Hermus Indou menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan senantiasa menyelenggarakan suatu program yang menyangkut sosial kesehatan Nasional,memproteksi masyarakat, penduduk di Kabupaten Manokwari untuk mendapat pelayanan kesehatan.

“Di tengah keterbatasan, Manokwari menjadi salah satu kabupaten yang aktif dalam menjalankan program JKN” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, pengelolaan APBD tahun 2024, penganggaran jaminan kesehatan dari Pemda Manokwari dapat dipastikan dengan baik dan diupayakan semua tercover agar pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Manokwari dapat dipastikan.

Baca Juga  17 Gugus Terima Bantuan Dana Kelompok Kerja Guru dari Pemda Manokwari

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Dwi Sulistyono Yudo menyampaikan bahwa Khusus segmen yang dibiayai oleh pemerintah daerah melalui APBD dan pemerintah pusat melalui APBN. Berdasarkan data terakhir per 1 November , yang dibiayai oleh pemerintah daerah sebanyak 18.744 warga kabupaten ber-ktp Manokwari.

“Yang membutuhkan pelayanan langsung di rumah sakit adalah bayi baru lahir yang ibunya sudah dijamin oleh Pemda maka bayinya juga akan dijamin dan ditanggung Pemda, tetapi kalau berbicara target khusus kita berbicara targetnya nasional yaitu capaian wajib secara nasional 98%” ungkapnya.

Baca Juga  Masyarakat Adat Ajukan Raperda PPMHA ke Bupati Teluk Wondama

Pihaknya membeberkan bahwa penandatanganan yang dilakukan saat ini adalah dua dokumen yang pertama Nota Kesepakatan yang berdurasi lebih dari 1 tahun , 3 tahun dan 5 tahun.

“Yang ditandatangani hari ini itu adalah rencana kerja dan rencana kerja itu sifatnya tahunan dan di situ disepakati secara teknis jumlah peserta jumlah biaya dan terkait jumlah dan biaya ditanggung Pemda dari target awal adalah sebanyak 18.444.000 jiwa” tandasnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Bupati Manokwari Harap PMI Manokwari Aktif Pada Misi-misi Kemanusiaan

MANOKWARI

Pengelolaan Dana SiLPA Kapitasi Tingkatkan Kualitas Layanan Program JKN

MANOKWARI

Bupati Manokwari Harap Ramadhan Tahun Ini Menjadi Ramdhan Terbaik dalam Meraih Keimanan  

MANOKWARI

Kemenkumham Terima Penganugerahan dari BPS

MANOKWARI

Bupati Manokwari Lantik Pengurus Dewan Hakim MTQ Ke-10 Tingkat Kabupaten Manokwari Tahun 2024

MANOKWARI

Dihantar Ratusan Relawan, BTM Kembalikan Formulir Pendaftaran ke PKB

MANOKWARI

Sejumlah Ormas dan Mahasiswa di Manokwari Tolak Keras Kehadiran Organsiasi Separatis

MANOKWARI

Masyarakat Diharapkan Semakin Memanfaatkan QRIS Permudah dalam Bertransaksi