Home / MANOKWARI / Papua Barat

Senin, 6 November 2023 - 16:34 WIB

BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Jalin Kerjasama dengan Pemkab Manokwari dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan

MANOKWARI,Kumparanpapua.com– Dalam rangka Universal Health Coverage Tahun 2024 BPJS Kesehatan Cabang Manokwari melakukan penandatanganan Kerjasama bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional Bagi penduduk di Kabupaten Manokwari di ruang rapat kantor Bupati Manokwari,Senin(06/11/2023).

Bupati Manokwari, Hermus Indou menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan senantiasa menyelenggarakan suatu program yang menyangkut sosial kesehatan Nasional,memproteksi masyarakat, penduduk di Kabupaten Manokwari untuk mendapat pelayanan kesehatan.

“Di tengah keterbatasan, Manokwari menjadi salah satu kabupaten yang aktif dalam menjalankan program JKN” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, pengelolaan APBD tahun 2024, penganggaran jaminan kesehatan dari Pemda Manokwari dapat dipastikan dengan baik dan diupayakan semua tercover agar pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Manokwari dapat dipastikan.

Baca Juga  Hadiri Pembukaan Rapat Paripurna DPRD, Bupati Hermus Sampaikan Sejumlah Masalah¬†

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Dwi Sulistyono Yudo menyampaikan bahwa Khusus segmen yang dibiayai oleh pemerintah daerah melalui APBD dan pemerintah pusat melalui APBN. Berdasarkan data terakhir per 1 November , yang dibiayai oleh pemerintah daerah sebanyak 18.744 warga kabupaten ber-ktp Manokwari.

“Yang membutuhkan pelayanan langsung di rumah sakit adalah bayi baru lahir yang ibunya sudah dijamin oleh Pemda maka bayinya juga akan dijamin dan ditanggung Pemda, tetapi kalau berbicara target khusus kita berbicara targetnya nasional yaitu capaian wajib secara nasional 98%” ungkapnya.

Baca Juga  Bupati Melantik Pengurus IKKB NTB Manokwari Periode 2023-2028

Pihaknya membeberkan bahwa penandatanganan yang dilakukan saat ini adalah dua dokumen yang pertama Nota Kesepakatan yang berdurasi lebih dari 1 tahun , 3 tahun dan 5 tahun.

“Yang ditandatangani hari ini itu adalah rencana kerja dan rencana kerja itu sifatnya tahunan dan di situ disepakati secara teknis jumlah peserta jumlah biaya dan terkait jumlah dan biaya ditanggung Pemda dari target awal adalah sebanyak 18.444.000 jiwa” tandasnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Safari Ramadhan, Bupati Mengajak Semua Pihak untuk Terus Menjaga dan Melestarikan Kebhinekaan

MANOKWARI

Bupati Hermus Launching Baksos Operasi Katarak, Panitia Target 150 Orang 

MANOKWARI

Safari Ramadhan, Bupati Manokwari Mengajak Umat Muslim Menjalani Ibadah Puasa dengan Keikhlasan

MANOKWARI

Bupati Manokwari Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Kepada 21.358 Pekerja Rentan

MANOKWARI

Bupati Dorong PMI Gencar Sosialisasi

MANOKWARI

Naik Tipologi, Bupati Hermus Harap Polresta Manokwari tingkatkan Pelayanan Kamtibnas
Tampak sejumlah pelaku usaha tengah antri melakukan pengurusan ijin usaha di Kantor Distrik Prafi Manokwari, Rabu (27/09).

MANOKWARI

Puluhan Pelaku Usaha di Distrik Prafi Melakukan Pengurusan Ijin Usaha

MANOKWARI

Tingkatkan Pelayanan, Bupati Serahkan 4 Unit Motor Untuk Puskemas