Home / MANOKWARI / Papua Barat

Sabtu, 27 Mei 2023 - 16:45 WIB

Balai Kampung Persiapan di Ingkibou, Minsap, Nyeitrey dan Swainguw Mulai Dibangun

MANOKWARI,Kumparanpapua.com- Balai Kampung Persiapan di Ingkibou, Minsap, Nyeitrey dan Swainguw distrio Warmare mulai dibangun tahun ini oleh pemerintah kabupaten Manokwari.

Hal tersebut ditandai dengan adanya peletakan batu pertama pembangunan Balai Kampung oleh bupati Manokwari, yang kemudian dikemas dalam acara syukuran yang dipusatkan di kampung Minsap, sabtu (27/5/2023)

Kampung Persiapan ,Ingkibou, Minsap dan Nyeitrey merupakan hasil pemekaran dari Kampung Gueintuy sementara Swainguw merupakan pemekaran dari kampung Uncen.

Peletakan batu pertama dikemas dalam agenda acara Syukuran pembangunan balai kampung persiapan kampung Minsap, Ingkibou, Nyeitrey dan Swainguw distrik Warmare yang dipusatkan di kampung Minsap.

Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada ketua panitia, Nixon Saiba dan juga kepada karateker kepala kampung bersama seluruh warga masyarakat yang bisa menterjemahkan program pemerintah dan telah mewujudnyatakan kampung persiapan

Bupati menjelaskan, kampung yang dimekarkan dari kampung induk ini tidak abstrak dan nyata dan sementara dalam proses tahapan pembangunan.

“Jika mekar kampung , itu harus berjauhan sehingga jika ada tim penilai mereka bisa melihat dan pemekaran kampung harus berbasis wilayah didukung dengan jumlah penduduk yang terdaftar” ujar bupati.

Disamping itu untuk masing- masing batas wilayah kampung pemekaran, harus segera ditentukan dan tetap berkoordinasi dengan dinas DPMK.

Baca Juga  Bupati Manokwari Melantik 141 Pejabat Eselon III dan IV Serta 7 Dokter Ahli Utama

“Kampung ini harus kita perjuangkan bersama-sama hingga Kampung ini nanti menjadi definitif harap Hermus.

Bupati mengungkapkan bahwa pemerintah kab Manokwari akan membangun sejumlah Infrastruktur, baik jaringan jalan disejumlah distrik dan setiap distrik direncanakan dibangun dengan ruas jalan nasional, provinsi dan ruas jalan yang menjadi kewennagan pemerintah kabupaten.

Khusus untuk kampung yang baru saja dilakukan peletakan Batu pertama bupati menyampaikan bahwa akses penghubung sejalan dengan ruas jalan yang akan dibangun pemerintah dan berharap perjuangan jadi jalan utama dan setiap kampung tidak terisolasi.

Bupati menegaskan bahwa didistrik Warmare, kampung ini merupakan kampung tertua dan akan menjadi perhatian pemerintah kedepannya.

Bupati Berpesan agar dalam setiap memulai rencana dan pekerjaan harus mengutamakan Tuhan dan pentingnya menjaga kebersamaan sehingga pembangunan kampung akan terus berjalan.

Sementara mengenai material dan BBR untuk pembangunan rumah warga dan fasilitas lainnya, pemda akan berupaya agar akses jalan segera di tingkatkan dan bangunan perumahan akan dikerjakan, minimal 10 rumah pada setiap kampung.

Kepada karteker kepala kampung, bupati berpesan agar segera berkoordinasi dengan kampung induk dan semua pihak yang bisa mendukung pembangunan kampung ini

Senada Ketua Panitia kampung persiapan Nixon Saiba dalam penyampaiannya mengaku bahwa kampung yang ada saat ini merupakan kampung tertua yang ada di distrik Warmare dan untuk mewujudkan pemekaran kampung tersebut pemerintah akan membangun akses penghubung jalan dan bangunan balai kampung serta fasilitas pendukung lainnya.

Baca Juga  Tahun 2023! Bupati Manokwari Tekankan Evaluasi Kinerja

Dengan adanya pengusulan pemekaran kampung Nixon berharap agar tidak disia-siakan dan mendukung Pemerintah daerah sehingga ketika kampung didefenitifkan bisa melayani masyarakat dengan baik.

Sementara, Plt Kepala kampung Ingkibou, Benzelina Ullo berharap pembangunan di kampung persiapan bisa segera terlaksana dan dukungan dari pemerintah daerah sangat diharapkan.

Benzelina berharap akses jalan bisa ditingkatkan untuk mempermudah mobilisasi ke kampung persiapan terutama untuk mobilisasi material bangunan.

Selain itu, kata Benzelina dukungan dari pemerintah daerah sangat dibutuhkan karena kondisi kampung persiapan saat ini juga belum ada listrik maupun instalasi air bersih.

Sebagai informasi Kampung persiapan Nyeitrey memiliki jumlah Kepala Keluarga (KK) terdaftar sebanyak 30 KK dengan luasan kampung 20 ha, dan Plt. dijabat oleh Feryanus Ullo,

Kampung persiapan Ingkibou, jumlah KK yang terdaftar sebanyak 40, dengan luasan kampung 30 ha dan Plt. dijabat oleh Benzelina Ullo

Kampung persipaan Minsap, jumlah terdaftar 40 KK dengan luasan kampung 40 ha, dan Plt. Kepala Kampung dijabat oleh Efraim Menaser Dowansiba.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Kedatangan Wapres Diharapkan Hadir Pada Puncak Perayaan HUT PI

MANOKWARI

Dukung Arah Implementasi Otsus Papua, Pemprov Papua Barat Gelar Sosialisasi Kepada Pemda Manokwari

MANOKWARI

KPU PAPUA BARAT MENERIMA PERBAIKAN DOKUMEN SYARAT CALON SELAMA 6 HARI

Papua Barat

Timsel Calon Anggota KPU Kabupaten Se-Provinsi Papua Barat, Dinilai Tidak Transparan 

MANOKWARI

Bupati: Safari Ramadhan Berakhir, Mari Menyambut Hari Idul Fitri

MANOKWARI

Aktualisasi Kurikulum Merdeka, Pelajar SMA Santo Paulus Datangi KPU Manokwari

MANOKWARI

Pertama di Papua Barat, KPU Manokwari Teken NPHD dengan Pemkab Manokwari Senilai Rp.50 Miliar

MANOKWARI

HUT PI Ke-168 Tahun, Ribuan Warga Kunjungi Pulau Mansinam