Home / MANOKWARI / Papua Barat

Rabu, 13 Desember 2023 - 13:47 WIB

Bahas Netralitas Jelang Pemilu, Kabinda Papua Barat Silahturahmi Bersama Bupati Manokwari

MANOKWARI,Kumparanpapua.com-Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Provinsi Papua Barat Mayjen TNI Daru Cahyono melakukan kunjungan ke kantor bupati Manokwari, dalam rangka silahturahmi bersama Bupati Manokwari Rabu, (13/12/2023).

Kabinda Papua Barat Mayjen TNI Daru Cahyono mengungkapkan bahwa pertemuan yang dilaksanakan bersama bupati Manokwari di ruang kerja sebagai ajang silahturahmi sekaligus melakukan diskusi terkait netralitas dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Melalui diskusi tersebut Kabinda menyampaikan bahwa dalam pemilu kabinda tetap netral sehingga pemerintah daerah tidak perlu ragu untuk berkomunikasi dan bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban terlebih khusus dapat memastikan tahapan pemilu dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Pihaknya juga meminta kepada semua elemen masyarakat untuk ikut menjaga keamanan, ketertiban di Manokwari karena Kondusifitas daerah tidak hanya diciptakan oleh aparat keamanan saja, tapi seluruh pemangku kepentingan harus bersinergi menjaganya.

Baca Juga  Pemda Manokwari Bersama Kementrian Perhubungan Komitmen Peningkatan Bandara Rendani

“Sudah menjadi tugas aparat intelijen untuk melaksanakan monitoring dan deteksi dini terhadap ancaman, hambatan, tantangan, gangguan yang bisa mengganggu ketentraman dan keamanan di wilayah Papua Barat” Jelasnya.

Senada disampaikan oleh bupati Manokwari, Hermus Indou bahwa pertemuan tersebut merupakan ajang silahturahmi dan mendiskusikan perkembangan daerah di Provinsi Papua Barat terlebih khusus di Kabupaten Manokwari.

Menurutnya, Kabinda Papua Barat sebagai penyelenggara negara di daerah mendapat kepercayaan dari negara untuk memastikan bahwa hubungan antar lembaga pemerintah provinsi maupun kabupaten bisa terbangun sinergisitas yang baik.

Baca Juga  Pemprov Papua Barat Kembali Raih Opini WTP yang Ke-9 Kalinya Ini Catatan BPK RI !

“Keberhasilan penyelenggaraan pemerintah agar pembangunan negara di daerah bukan kontribusi satu pihak, tapi kontribusi semua pihak termasuk penyelenggara negara di semua institusi pemerintah, baik pemerintah daerah, TNI Polri termasuk BIN,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berdiskusi terkait dengan peran masing-masing lembaga baik pemerintah daerah maupun BIN untuk memastikan Manokwari bisa kondusif menjelang penyelenggaraan pemilu 2024.

“Posisi BIN sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah memegang teguh prinsip netralitas penyelenggaraan pemilu 2024. Saya juga sampaikan hal yang sama, penyelenggara negara di Pemkab Manokwari juga harus netral,” tegasnya.(KP/03)

Share :

Baca Juga

MANOKWARI

Pemkab Manokwari Berangkatkan 36 orang Rohani Menuju Israel

MANOKWARI

LPPD Gelar Pra Technical Meeting Pesparawi XIV Se Tanah Papua Tingkat Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya

MANOKWARI

Bupati Manokwari Membuka Kegiatan Dies Natalis STT Erikson Tritt Manokwari Ke 65
Massa aksi melakukan deklarasi damai di Jalan Trikora Wosi Manokwari, Rabu (07/02/2024).

MANOKWARI

Ormas, Aktivis dan Mahasiswa Deklarasi Pemilu Damai di Manokwari

MANOKWARI

Peningkatan Kapasitas Media Lokal, Wujud Komitmen USAID Kolaborasi

MANOKWARI

Rakerkesda Tahun 2023, Enam Pilar Jadi Rekomendasi Percepatan Transformasi Kesehatan di Papua Barat

MANOKWARI

Resmi Dikukuhkan, Pengurus Paguyuban Demak Bintoro Manokwari Periode 2023-2028 Diketuai MUKRIANTO

MANOKWARI

KPU Manokwari Mulai Distribusi Logistik Pemilu 10 Februari